Menjajal Star Legends: MMORPG Android yang Mengagumkan!

Reading time:
November 21, 2011

Star Legends 2

Evolusi mobile phone memang kian memesona dari masa ke masa. Jika pada awalnya, perangkat elektronik ini didesain hanya untuk berkomunikasi dua arah dan memperpendek jarak, kini ia juga berperan sebagai perangkat multimedia bergerak terbaik. Semakin pintar, semakin canggih, dan semakin kompleks, ponsel di masa kini dapat mengerjakan hampir semua tugas yang di masa lampau hanya bisa dilakukan oleh komputer. Tidak heran jika ponsel, smartphones khususnya, mulai bertransformasi menjadi intisari gaya hidup dan “jantung” manusia modern saat ini.

Dari antara semua fungsi multimedia yang bisa dilakukan smartphone saat ini, maka fungsi gaming harus diakui menjadi salah satu daya tarik yang paling unik. Gaming dalam konsep portable sudah pasti akan menjadi sarana yang tepat bagi user untuk menemukan sedikit kesenangan dan mengusir kebosanan. Tak ayal lagi, fitur ini menjadi salah satu pertimbangan utama mengapa seseorang memilih smartphones tertentu. Maka atas dasar itulah, para penyedia perangkat keras dan lunak berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel yang memiliki kemampuan cukup untuk mengakomodir kebutuhan itu. Lomba pun dimulai!

Blackberry menjadi yang terbelakang. Ponsel pintar buatan RIM ini memang difokuskan pada fungsi kerja, sehingga tidak dibangun untuk kemampuan gaming yang mumpuni. Namun tren sudah bergeser, kebutuhan konsumen dan kompetisi yang memanas memaksa RIM untuk mulai memikirkan konsep gaming yang lebih baik. RIM datang dengan solusi yang brilian. Dengan konsep BBM Connected, RIM menggabungkan fitur utamanya, Blackberry Messenger ke dalam aplikasi gaming untuk menghasilkan sebuah pengalaman gaming mobile yang baru. Chat dan gaming online secara bersamaan. Apa yang dipikirkan oleh pengguna Android soal “terobosan” yang satu ini? Mereka pasti tertawa terbahak-bahak. Why? Here is the reason..

Langkah Blackberry memang harus diacungi jempol. Konsep BBM Connected yang mereka usung punya potensi yang besar di masa depan. Masa depan dimana MMORPG dapat dijalankan di sebuah smartphone. Namun, malang bagi mereka, masa depan ini ternyata datang jauh lebih cepat untuk para pengguna smartphone berbasis Android. Pada akhir kuartal kedua 2011 ini, mereka sudah mendapatkan sebuah game MMORPG mumpuni yang memukau. Ketika yang lain masih berencana dan membangun, Android sudah memiliki Star Legends: The Blackstar Chronicles yang dikembangkan oleh Spacetime Studios. Sebuah game yang akan membuat kompetitor lain tak mampu berkata apa-apa.

Sebuah Game Online dalam Genggaman

Star Legends 10
Sebuah game MMORPG mobile? Percayakah Anda?

Menyebut Star Legends: The Blackstar Chronicles sebagai sebuah game MMORPG yang mengagumkan bukanlah sebuah gaya bahasa hiperbola tanpa dasar. Pertama kali mencoba game ini, ada sedikit keraguan bahwa konsep MMORPG yang diusung akan sama dengan konsep yang sering kita lihat lewat perangkat yang lebih kuat, seperti konsol maupun PC. Namun siapa yang menyangka jika masa depan memang datang lebih cepat untuk para pengguna Android. Star Legends hadir dengan kemampuan dan konsep yang selama ini masih berusaha diwujudkan oleh kompetitor yang lain. Sebuah kemenangan telak untuk Android.

Karakter dan Gameplay

Star Legends 4
Buat karakter yang Anda inginkan.

Layaknya sebuah game MMORPG, gamer punya kebebasan untuk mendesain sendiri karakter yang mereka inginkan. Opsi untuk menghadirkan diferensiasi pada setiap bagian tubuh memang sangat terbatas, namun cukup untuk membuat karakter Anda tampil berbeda dibandingkan yang lainnnya. Bentuk, raut wajah, jenis kelamin, warna kulit, hingga bentuk rambut dapat Anda pilih. Langkah terakhir tentu saja memberi nama karakter Anda.

Star Legends 6
Klik daerah yang Anda inginkan untuk bergerak.
Star Legends 17
Klik musuh untuk menyerang dan icon untuk mengaktifkan skill / item tertentu.

Genre utama yang diusung oleh Star Legends lebih mengarah pada Action RPG. Berperan sebagai salah satu pasukan khusus yang ditugaskan untuk menyelediki keberadaan sebuah koloni alien, Anda akan bertemu dengan beragam ancaman sepanjang permainan. Tak pelak lagi, senjata di tangan menjadi teman yang terbaik. Kontrol gerak yang dihadirkan juga sederhana. Anda tinggal mengklik daerah untuk membuat hero bergerak, mengklik musuh untuk membuatnya menyerang, dan mengklik senjata atau icon skill untuk mengaktifkannya. UI yang dihadirkan juga cukup padat, ringkas dan mudah untuk dipahami.

Star Legends 14
Sistem skill dan equipment.
Star Legends 29
Quest untuk membuat Anda sibuk.

Sebagai sebuah game MMORPG, Star Legends tentu saja hadir dengan berbagai elemen dasar sebuah game RPG. Selain sistem experience points dan leveling up, Anda juga akan menemukan hal standar lain seperti item, equipment, dan skill yang dapat digunakan untuk memperkuat karakter Anda. Proses mengubah dan memilih elemen ini dapat dilakukan hanya dengan melakukan klik. Tidak sulit untuk dikuasai. Sistem quest dihadirkan untuk membuat karakter Anda tetap sibuk. Quest tertentu dapat diaktifkan dengan berbicara pada NPC yang tepat. Elemen-elemen inilah yang kemudian bertindak sebagai pondasi, menghadirkan kesan MMORPG yang sangat kuat pada Star Legends.

Berinteraksi Dengan User Lain

Star Legends 25
Anda bisa bertemu dengan user lain.
Star Legends 22
Hunting bersama.

Apalah arti sebuah game MMORPG jika Anda tidak dapat bertemu dan berinteraksi dengan user lain di dalamnya? Anda mungkin berpikir konsep ini masih mustahil untuk direalisasikan di perangkat mobile saat ini, namun Spacetime Studios berhasil membuktikan sebaliknya. Sebagai sebuah game online, Star Legends juga mampu menawarkan pengalaman yang serupa dengan MMORPG konsol dan PC. Anda akan bertemu dengan user lain yang datang dari seluruh belahan dunia, bergabung di dalam Star Legends dan melakukan aktivitasnya masing-masing. Anda tentu saja dapat berinteraksi dengan mereka secara bebas.

Star Legends 15
Pre-set ucapan yang bisa Anda lontarkan. Tenang saja, Anda juga bisa mengeditnya.
Star Legends 31
Anda bisa private chat dengan orang lain, sembari melihat status karakternya.
Star Legends 28
Berbicara secara publik.

Star Legends menghadirkan berbagai kemudahan untuk melakukan interaksi dengan user lain. Anda dapat bertukar pesan melalui kolom chat untuk sekedar mengenal atau bertukar informasi dengan user lain. Anda juga dapat memilih opsi “Add Friend” untuk menjadikan mereka bagian pertemanan yang akan menguntungkan di masa depan, seperti membentuk party untuk hunting misalnya. Star Legends juga memungkinkan Anda untuk melihat profile karakter lain.

Sebagian besar opsi untuk membeli item dan equipment memang dapat dilakukan dengan mengakses NPC di sekitar kota, namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya dengan user lain. Walaupun saya pribadi belum mencobanya secara langsung, namun opsi untuk memberikan item sebagai sebuah gift juga tersedia di sini. Epic!

Kesimpulan

Star Legends 18
Awesome!!

Pengalaman yang dihadirkan oleh Star Legends harus diakui benar-benar membuka mata. Ini seperti memandang dan memainkan sebuah awal masa depan yang dinanti oleh sebagian besar gamer di seluruh dunia. Memainkan game MMORPG dimana saja dan kapan saja? Bukan lagi sebuah impian yang hanya ada dalam batas angan. Star Legends menjadi bukti yang paling nyata bahwa teknologi tersebut sudah tiba.

Secara keseluruhan, Star Legends adalah sebuah game yang solid. Spacetime Studios berhasil membuktikan bahwa mereka tidak main-main menyematkan kata “MMORPG” ke dalam game yang satu ini. Selain berbagai elemen action RPG berkualitas di dalamnya, Star Legends juga menghadirkan sensasi bermain online yang maksimal. Kemudahan untuk berinteraksi dengan user lain menjadi catatan paling menarik untuk game yang satu ini. Definitely, a must play for Android user!

Star Legends: The Blackstar Chronicles dapat didownload secara GRATIS di Android Market. Pastikan Android Anda cukup kuat untuk menjalankannya secara maksimal. Saya memainkannya menggunakan Samsung Galaxy Tab, berjalan dengan sempurna dan mulus. Tersedia juga untuk iOS.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…