Review Angry Birds iOS: Burung Pemarah yang Menggemaskan!

Reading time:
November 20, 2011

IMG 01101

Sebagian besar dari gamer mungkin akan menganggukkan kepala jika saya mengatakan bahwa menghancurkan sesuatu di dalam game memang selalu menjadi kegiatan yang paling menyenangkan. Ditambah dengan sedikit elemen pengaturan strategi yang sederhana, siapa yang akan dapat menolak game seperti ini? Bagaimana jika game seperti ini juga hadir dalam plot yang lucu, karakter-karakter yang menggemaskan, sound effect yang mendukung, dan animasi yang halus. Maka kita akan menemukan Angry Birds, game yang akan membuat Anda melupakan hampir semua hal, kecuali pikiran untuk ingin dan ingin lagi bermain Angry Birds. Saya terlalu melebih-lebihkan? Tunggu hingga Anda mencoba game yang satu ini, dan kita lihat siapa yang berlebih-lebihan.

Angry Birds sendiri merupakan game puzzle untuk smartphone yang dikembangkan oleh Rovio. Karena game ini mengandalkan layar sentuh sebagai navigasi kontrol yang utama, hanya handset dengan kemampuan tersebut yang dapat memainkannya, dan sementara ini hanya tersedia untuk sistem operasi iOS, Android, dan handset Nokia tipe tertentu. Angry Birds juga telah berhasil mencatat kesuksesan yang cukup luar biasa dengan tampil sebagai game yang di-download dalam jumlah yang cukup besar dan dalam waktu yang singkat mencapai tingkat popularitas yang tinggi di setiap application store dari masing-masing sistem operasi.

Jadi, apa yang membuat game ini tampil begitu menarik dan adiktif? Saya akan memberikan kepada Anda sedikit gambaran.

Plot

IMG 0111IMG 0112

Tentu saja kita tidak akan menemukan dialog panjang dan cerita yang berat untuk game handset mobile yang sebagian besar memang lebih menonjolkan sisi fun dalam bermain, tidak terkecuali Angry Birds. Angry Birds tampil dengan plot yang sangat sederhana. Dikisahkan pada sebuah pagi yang cerah, sekelompok burung terkejut karena telur mereka hilang dari sarang. Ketika ditelusuri jejaknya, diketahuilah bahwa sang pencuri ternyata adalah sekelompok babi hijau yang bermaksud memakan telur-telur tersebut. Jadi apa yang dilakukan oleh para burung? Dengan penuh kemarahan, mereka mengobarkan perang melawan para babi, bersiap mati, untuk mendapatkan telur mereka kembali. This is the angry birds! Grrrrrr..!!

Kesan Pertama

IMG 0101

Ketika pertama kali menjalankan aplikasi game Angry Birds ini, Anda mungkin akan terkesima dengan kualitas gambar yang mampu dihadirkan. Garis-garis karakter tampak sangat halus, pewarnaan juga tampil bervariasi dan cerah, animasi berjalan dengan cukup baik, dan yang pastinya soundtrack yang unik dan mudah diingat. Bahkan dalam posisi belum bermain pun, Anda sudah mendapatkan kesan yang cukup baik dari game ini. Dan yang pasti akan membuat Anda semakin bersemangat untuk mulai memainkannya.

Mulai Bermain

IMG 00751IMG 0106

Permainan yang ditampilkan sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengendalikan pelontar di sebelah kiri untuk melontarkan burung yang akan berfungsi sebagai amunisi Anda. Tujuannya? Menghancurkan sekelompok babi yang berada di sebelah kanan layar. Babi-babi hijau ini sendiri biasanya akan berlindung di dalam struktur bangunan tertentu. Sang babi akan musnah jika burung yang Anda tembakkan berhasil mengenainya secara langsung atau jika Anda menghancurkan struktur bangunan yang melindunginya dan pecahan material tersebut mengenai sang babi.

IMG 0077

Navigasi kontrolnya juga sederhana. Anda hanya perlu menyentuh pelontar pada layar dan menggesernya untuk menghadirkan efek tarikan. Anda juga bisa melakukan tarikan ke bawah atau ke atas untuk membentuk sudut tembakan. Semakin jauh Anda menarik, maka semakin kuat pula kekuatan lontar si burung dan tentu saja akan menghasilkan kekuatan daya rusak yang lebih. Anda juga bisa melakukan zoom-out dengan sentuhan untuk melihat secara keseluruhan medan perperangan ini.

Apa yang Membuatnya Begitu Adiktif?

Walaupun sistem permainan yang ditampilkan nampak sederhana, namun Angry Birds mampu membungkusnya dengan elemen-elemen permainan lain yang membuat game ini benar-benar tampil adiktif. Elemen permainan yang akan membuat Anda tidak akan melepaskan perangkat iOS untuk waktu yang cukup lama.

IMG 01031

Dengan pilihan stage yang luar biasa jumlahnya, Angry Birds mampu menghadirkan tantangan permainan yang seolah tak pernah habis. Setiap stage didesain berbeda satu dengan yang lainnya, mulai dari struktur bangunan yang melindungi si babi hingga lingkungan yang didesain sedemikian rupa. Ini berarti setiap stage menghadirkan sebuah tantangan yang unik dan menuntut strategi penyelesaian yang berbeda-beda. Walaupun permainan tampak sederhana, namun Anda tidak akan merasakan permainan yang repetitif dan membosankan. Setiap stage mewakili sebuah pengalaman baru.

IMG 0089IMG 0095IMG 00881

Semakin jauh Anda memainkan game ini, Anda juga akan menemukan berbagai “amunisi” baru, yakni berbagai jenis burung dalam beraneka warna yang memiliki ciri khas dan kekuatannya masing-masing. Anda akan menemukan burung kecil biru yang dapat memecah diri menjadi tiga bagian, burung hitam yang dapat meledak, dan berbagai jenis burung yang lain . Total ada tujuh jenis burung berbeda yang dapat Anda dapatkan untuk menyelesaikan setiap stage yang diberikan. Seiring berjalannya permainan, Anda akan mempelajari ciri khas setiap burung dan bagaimana cara memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki.

IMG 0085

Salah satu elemen yang membuat game ini cukup adiktif adalah tingkat kesulitan tantangan yang diberikan, tidak terlalu mudah namun tetap tampak masuk akal untuk diselesaikan. Jumlah burung yang dapat Anda gunakan dalam setiap stage dibatasi dalam jumlah tertentu. Jika sampai pada limit, Anda belum mampu membunuh semua babi yang ada, Anda hanya tinggal mereset permainan. Jenis burung untuk menyelesaikan misi juga sudah ditentukan secara default pada awal permainan, sehingga Anda tidak dapat memilih burung mana saja yang ingin Anda gunakan untuk menyelesaikan misi. Hal seperti ini justru membuat game tampak lebih menarik karena semuanya kini tergantung pada strategi Anda untuk menyelesaikan setiap misi yang diberikan. Jadi tidak mengherankan jika Anda akan melakukan reset hingga beberapa kali untuk menyelesaikan sebuah misi. Tanpa perasaan bosan dan frustrasi.

Bagi Anda yang menyukai tantangan lebih, Angry Birds juga menghadirkan sistem bintang untuk menentukan seberapa efektif Anda menyelesaikan sebuah stage. Semakin banyak bintang yang Anda dapatkan untuk sebuah stage berarti semakin efektif Anda menyelesaikannya. Efektif atau tidaknya ditentukan dari jumlah burung yang tersisa pada akhir stage. Jika Anda adalah seorang hardcore gamer, mengumpulkan bintang penuh untuk setiap stage Angry Birds akan cukup membuat Anda tidak melakukan apapun selama seminggu ke depan. Dan yang pasti semakin menguatkan tingkat adiksi Anda terhadap game ini.

IMG 0098

Sound Effect mungkin bukan hal yang besar ketika Anda memainkan game-game konsol yang berat, namun dalam Angry Birds, suara-suara itu membuat semaunya semakin menarik. Suara efek yang dihasilkan setiap burung ketika dilontarkan, suara babi yang ketakutan, atau sekadar suara material yang hancur berkeping-keping membuat kualitas game ini sendiri tidak perlu dipertanyakan lagi. Anda akan menemukan suara-suara ini terdengar begitu khas dan menggemaskan.

Kesimpulan

Walapun mengusung gaya permainan yang sederhana, Angry Birds mampu menampilkan sistem permainan yang secara keseluruhan tampil menawan dan adiktif. Dengan jumlah stage yang luar biasa jumlahnya, game ini mampu menghilangkan kesan repetitif dan membosankan yang sering kita temukan dalam game-game dengan tipikal yang sama.

Desain karakter yang lucu, animasi gerakan yang halus, kontrol gerakan yang cukup mudah, dan soundtrack yang terasa pas, membuat kualitas permainan Angry Birds tidak perlu diragukan lagi. Kesemua elemen itu mendukung sistem permainan yang sangat adiktif.

Tetapi terkadang Anda akan menemukan kontrol yang kurang responsif. Contohnya ketika Anda berusaha melontarkan burung dalam sudut yang lancip menuju ke atas, Anda akan sering menemukan tarikan lontaran Anda justru menyentuh batas layar perangkat dan tiba-tiba lontaran kembali pada posisi tarikan lemah. Hal ini cukup sering terjadi. Jumlah jenis burung yang terbatas sementara jumlah stage yang ditawarkan sangat banyak menjadi sebuah nilai minus. Jika jenis burung yang mampu dihadirkan sebanding dengan jumlah stage yang ditawarkan, tentu permainan akan tampil lebih seru dan menyenangkan.

Kelebihan

  • Gameplay yang sangat adiktif
  • Tidak terasa repetitif
  • Animasi gambar dan sound effect yang mendukung

Kelemahan

  • Kontrol yang kadang kurang responsif
  • Jumlah jenis burung yang terlihat sedikit berbanding dengan jumlah stage yang ditawarkan

Game yang Mirip : Crush the Castle II

Angry Birds sudah tersedia di Application Store iOS dalam dua versi : Lite sebagai versi Free, dan Full Version yang merupakan aplikasi berbayar. Tentu saja versi Full Version tampil lebih baik karena menawarkan fitur dan stage yang jauh lebih banyak dibandingkan versi Litenya. Tetapi percayalah, it’s worth every cents to purchase the full version one! Dan untuk menutup review ini, saya mengucapkan sedikit permintaan maaf jika review ini tampil tidak maksimal, saya hanya mengetik dengan satu tangan dengan pikiran yang sedikit terbagi. Tangan saya yang satunya lagi belum dapat melepas perangkat iOS dengan game Angry Birds di dalamnya. Yeah, i’m addicted to it..insanely!

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…