Review Need for Speed The Run: Seakan Berlari Tanpa Henti!

Author
David Novan
Reading time:
November 28, 2011
review need for speed the run jagatplay 001

Apakah Anda ingat apa yang membuat seri game balapan Need for Speed menjadi begitu tersohor? Ya, Need for Speed merupakan game dengan tema balapan liar yang sangat seru untuk dimainkan. Bukan hanya balapan yang memacu deras adrenalin, tetapi koleksi mobil yang digunakannya juga sangat menawan hati! Biasanya, game ini selalu menggunakan mobil super keren yang dapat melesat bagaikan angin! Walaupun seri ini beberapa kali diwarnai dengan tema balapan simulasi, keliaran Need for Speed tetap dirindukan kehadirannya. Nah, Need for Speed The Run kembali menggali sisi binal seri game ini dengan menghadirkan balapan liar yang seakan tanpa henti!

Bagaikan Terus Berlari!

Tema utama dari Need for Speed The Run adalah balapan liar yang diikuti oleh Jack Rourke. Nasib sial membuat Jack terlibat dalam hutang yang dapat membahayakan nyawanya. Mengapa demikian? Terang saja, ia terlibat hutang dengan mafia! Bahkan, awal permainan dimulai dengan Jack terikat dalam mobil yang akan diremukkan di mesin penghancur! Nah, dari sini Need for Speed The Run langsung memperkenalkan fitur unik yang membedakannya dengan game balapan lain. Pada game ini, Anda akan terlibat dalam event interaktif dengan cara menekan tombol yang muncul di layar permainan! Fitur inilah yang harus Anda mainkan untuk membebaskan Jack supaya tidak menjadi satu dengan rongsokan mobil! Setelah Anda berhasil memainkan event interaktif tersebut, Anda akan langsung memulai pelarian yang luar biasa seru!

review need for speed the run jagatplay 002
Tidak selamanya Anda berada di dalam mobil!

Tujuan utama dari game ini adalah balapan yang terkesan non-stop dari pesisir barat Amerika Serikat, tepatnya di San Fransisco, hingga ke garis finish di pesisir timur Amerika, yaitu kota New York. Jadi, Anda akan balapan melintasi benua Amerika sepanjang ribuan kilometer! Balapan ini menjadi tumpuan terakhir Jack untuk bebas dari hutangnya. Kompetisi ini juga tidak main-main skalanya. Sebanyak 210 pembalap jalanan ikut serta di dalamnya dan Anda adalah pembalap dengan urutan ke 210! Jadi, Anda harus merangkak naik ke urutan pertama melalui beberapa kota di Amerika.

review need for speed the run jagatplay 003
Balapan lintas benua Amerika!

Balapan pada game ini terbagi menjadi banyak bagian. Biasanya setiap kota tujuan, misalnya dari San Fransisco ke Las Vegas akan meminta Anda untuk berada di posisi 150 untuk masuk ke dalam kualifikasinya. Jadi, bila Anda tidak berhasil sampai di posisi tersebut, maka game over! Untungnya, Anda tidak harus balapan tanpa henti di jalur sepanjang ratusan kilometer tersebut. Sebab, setiap kota memiliki banyak checkpoint. Pada setiap checkpoint tersebut Anda akan diberikan tujuan, seperti mengalahkan 10 pembalap sebelum sampai ke garis finish. Sebenarnya hampir sama saja dengan balapan biasa. Namun, Anda akan melewati beragam keadaan lintasan, cuaca, lalu lintas, dan yang tidak kalah pentingnya; kejaran polisi!

review need for speed the run jagatplay 004
Kejaran polisi kembali memeriahkan Need for Speed!

Gameplay

Bentuk permainan dari Need for Speed The Run sebenarnya sama saja dengan seri Need for Speed non-simulasi sebelumnya. Pengendalian mobil dibuat lebih mudah bila dibandingkan dengan simulasi balapan. Walaupun pengendalian mobil memiliki variasi tingkat kesulitan, tetapi kecepatan tetap menjadi fokus utama dalam game ini. Apalagi dengan tambahan fitur Nitro Boost untuk membuat mobil melesat dengan cepat, kenaikan level yang dapat memberikan beragam keuntungan, dan beberapa jenis mode permainan yang menarik.
Konsep Nitro pada game ini hampir sama dengan Need for Speed lain. Anda hanya perlu berkendara dengan cepat, melancarkan near-miss (mobil Anda hampir bergesekan dengan mobil lain), berkendara di jalur yang berlawanan, dan melakukan drafting (mengekor di belakang mobil lawan untuk “menumpang” jalur anginnya). Semua kegiatan berbahaya selalu memberikan bonus, baik itu mengisi Nitro atau memberikan nilai pengalaman ekstra. Namun jangan merasa nyaman dengan kehadiran nitro tersebut. Sebab, lawan Anda juga dapat menggunakan trik yang sama!

review need for speed the run jagatplay 005
Beragam keindahan ranah Amerika akan Anda temui

Nilai pengalaman yang Anda dapatkan ketika balapan nantinya akan dijumlahkan dan level Anda akan naik bila nilai tersebut mencapai jumlah tertentu. Keuntungan dari kenaikan level tersebut antara lain bertambahnya kemampuan ketika mengemudi, seperti kenaikan Nitro ketika berkendara dengan liar, nilai pengalaman tambahan ketika dikejar polisi, kemampuan untuk drafting boost yang dapat menentukan kemenangan di saat kritis, dan tentu saja mobil baru yang lebih cepat. Sayangnya, pilihan mobil yang dapat Anda gunakan ketika memainkan mode single player sangat terbatas. Alasannya ternyata sangat sederhana; game ini lebih mementingkan mode multiplayer online-nya! Lagi-lagi kerugian yang diterima pemain akibat usaha publisher dan developer untuk memerangi pembajakan!

review need for speed the run jagatplay 006
Merangkak ke posisi pertama terasa begitu epik!

Keuntungan utama untuk pemain yang memainkan mode multiplayer online ternyata cukup banyak. Namun, fitur yang paling menonjol adalah Anda akan diberikan pilihan mobil yang jauh lebih banyak! Bahkan, semua mobil yang Anda dapatkan setelah mengalahkan “musuh spesial” di mode single player hanya dapat digunakan di mode multiplayer! Padahal, game ini tidak memberikan banyak opsi untuk kustomisasi mobil layaknya yang biasa ditemukan di game balapan lain. Anda hanya bisa memilih mobil yang akan digunakan dalam balapan mode single player. Itupun hanya dapat Anda lakukan ketika menemukan pom bensin di lintasan balap!
Waktu permainan dalam mode single player juga termasuk singkat. Konsep balapan yang begitu linear (dari kota ke kota) membuat Anda dapat menyelesaikan game ini dalam waktu sekitar 6 hingga 7 jam saja! Kami sendiri berhasil menyelesaikan game ini dalam waktu sekitar dari lima jam. Itupun dengan catatan waktu kami banyak terbuang akibat sistem replay yang sangat bermasalah dalam game ini. Bahkan, sistem ini dapat menguji kesabaran Anda akibat kesalahan yang sebenarnya bisa ditoleransi di game balapan lain.

review need for speed the run jagatplay 007
Mobil rusak? Bersiaplah untuk kembali ke titik checkpoint!

Sistem replay merupakan cara Need for Speed The Run untuk mengotomatisasi koreksi kesalahan di tengah balapan. Anda dapat menemukan sistem replay dengan cara memundurkan waktu hingga titik tertentu di game balapan anyar lainnya. Sayangnya, Need for Speed The Run tidak menggunakan cara sama. Pada game ini, Anda akan langsung dilempar ke titik checkpoint yang ada di lintasan. Jadi, bila Anda melakukan kesalahan ketika berada di posisi hampir sampai ke titik checkpoint berikutnya, maka Anda akan langsung otomatis dilempar ke awal titik sebelumnya tanpa basa-basi! Sudah begitu, jumlah replay dalam setiap balapan dibatasi dan ia akan memengaruhi perolehan nilai pengalaman!

review need for speed the run jagatplay 008
Anda akan balapan melalui beragam cuaca dan waktu

Masalah lain yang dimiliki sistem replay ini adalah penilaiannya yang tidak pintar. Ketika Anda terhenti dari balapan akibat mobil rusak (wrecked) tertabrak truk dari arah yang berlawanan, maka hal itu adalah wajar. Namun, sistem ini menganggap Anda tidak layak meneruskan balapan ketika berada di luar aspal untuk beberapa detik! Bukan hanya itu saja, Anda juga akan dilempar kembali ke awal checkpoint bila keluar dari lintasan yang ditentukan di minimap. Contohnya, kami pernah di-replay ketika menggunakan jalur berlawanan di jalan tol. Alasannya sederhana saja, jalanan tersebut tidak berada di jalur yang tertera di minimap! Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya di game balapan manapun! Bila jalur itu tidak dapat digunakan, biasanya pihak pengembang game akan menutupnya dengan rintangan atau sekalian dijadikan jurang!

review need for speed the run jagatplay 009
Bahkan Anda juga akan balapan di tengah longsoran bukit salju!

Game Balapan yang Indah

Need for Speed The Run merupakan realisasi dari penggunaan engine Frostbyte 2 di luar game action First Person Shooter. Apakah Anda mengenal engine ini? Nama Battlefield 3 tentu tidak asing lagi di telinga Anda ‘kan? Ya, engine Frostbyte 2 merupakan penggerak utama di balik keindahan lingkungan permainan Battlefield 3. Mungkin bisa dikatakan Need for Speed The Run adalah Battlefield 3 yang dijadikan game balapan! Semua keunggulan engine ini terlihat jelas dalam Need for Speed The Run! Mulai dari detail lingkungannya hingga efek cahaya yang menakjubkan khas Battlefield 3! Untungnya, The Run tidak meminta resource komputer yang sama besar dengan Battlefield 3.

review need for speed the run jagatplay 010
Efek cahaya yang menakjubkan merupakan salah satu kelebihan engine Frostbyte 2!

Keunggulan engine ini dalam menggambarkan manusia juga terlihat jelas dalam The Run. Semua cutscene yang digunakan pada game ini bukan adegan pre-render! Semua adalah adegan in-game dan harus diakui kualitasnya begitu tinggi! Apakah Anda harus mulai berpikir untuk meng-upgrade spesifikasi komputer?
Namun, game ini juga tidak lepas dari masalah di sisi teknisnya. Ternyata, game ini hanya mampu menghasilkan frame rate maksimal 30 fps saja! Apapun yang Anda lakukan, baik itu mengubah setting grafis ke paling rendah hingga mengganti komputer dengan super komputer sekalipun, frame rate itu tetap tidak berubah. Hal ini tentunya akan membuat gamer yang sangat peduli dan peka dengan frame rate grafis melancarkan protes keras! Percayalah, protes keras tersebut sudah terjadi di seluruh belahan dunia ketika Anda membaca review ini. Semoga saja pihak pengembang game ini akan mengeluarkan patch untuk memperbaikinya. Sebab, bermain game balapan di bawah 60 fps akan membuat mata Anda cepat lelah dan membuat komputer dengan kemampuan tinggi menjadi mubazir.

review need for speed the run jagatplay 011
Just Awesome!

Kesimpulan

Need for Speed The Run adalah game balapan yang seru, indah, dan unik. Seru akibat balapan pemacu adrenalin tanpa henti yang selalu menanti Anda di setiap lintasan. Indah berkat bantuan engine Frostbyte 2 yang bertanggung jawab membuat Battlefield 3 menjadi game action FPS terindah saat ini. Dan unik berkat event interaktif yang terjadi ketika Anda berlari di luar mobil! Beberapa kekurangan dari sisi teknis sayangnya dapat membuat Anda kesal dan membanting keyboard dan controller! Bila Anda ingin melihat lebih banyak screenshot, kami sarankan untuk mengunjungi artikel preview Need for Speed The Run yang telah kami tayangkan beberapa waktu lalu.

Kelebihan

  • Event interaktif yang tidak biasa ada di game balapan
  • Balapan seru yang terus memacu semangat
  • Tampilan grafis yang indah berkat bantuan Frostbyte 2

Kekurangan

  • Minimnya kemampuan kustomisasi mobil
  • Lebih mengutamakan mode multiplayer
  • Waktu permainan yang pendek (untuk sebuah game balapan)
  • Sistem replay yang merugikan gamer
  • Batasan maksimal frame rate 30 fps

Cocok Untuk Gamer

Suka balapan arcade yang cepat dan mudah dikendalikan.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Suka balapan simulasi.

Spesifikasi PC Minimum

OS: Windows Vista SP2 32-bit
Processor: 3 GHz Dual Core
Memory: 3 GB
Graphics: 512 MB RAM (NVIDIA: GeForce 8800) (ATI: Radeon 4870)
Hard Drive: 18 GB
DirectX 11

Info

Publisher: Electronic Arts
Developer: Black Box
Jenis: Action Racing
Batas Umur: Remaja (umur 13+)

Website Resmi

http://www.needforspeed.com

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…