Review Rage: Dunia Pasca Kehancuran Terindah!

Author
David Novan
Reading time:
November 10, 2011
review rage jagatreview 001

Satu hal yang paling menonjol dari ras manusia di muka bumi adalah kemampuannya untuk bertahan hidup dan beradaptasi. Walaupun tertimpa bencana dan perang besar yang menghanguskan muka bumi sekalipun, manusia tetap akan bertahan. Begitu pula yang terjadi dalam Rage, game baru keluaran dua perusahaan legendaris, id Software dan Bethesda. Tahukah Anda id Software merupakan perusahaan yang bertanggung jawab atas munculnya game Doom yang sangat terkenal itu? Sedangkan Bethesda merupakan ahli dalam membuat dunia pasca kehancuran yang terlihat nyata, seperti yang telah dibuktikan dalam Fallout 3. Lalu, bagaimana hasil dari kerjasama keduanya dalam membuat game bertema dunia setelah kehancuran global?

review rage jagatreview 002

Dunia Setelah Kehancuran

Hasilnya tentu saja menakjubkan, setidaknya dalam kualitas tampilan dan serunya pertempuran. Dunia yang berusaha bangkit kembali setelah kehancuran dapat dibentuk dengan sempurna berkat pengalaman Bethesda. Sedangkan pertempuran seru ala Doom merupakan keahlian id Software. Ditambah dengan tampilan berkualitas tinggi, bisa dibilang Rage adalah game bertema pasca kehancuran paling indah yang ada sekarang! Namun, bagaimana dengan keseluruhan permainannya? Sebab, tampilan hanyalah kosmetik belaka. Anda tentunya ingin bermain, bukan hanya memandangi game ini sepanjang hari, bukan?

review rage jagatreview 003
Kendaraan adalah teman terbaik Anda setelah senjata di tangan

Rage merupakan game First Person Shooter dengan tambahan feature yang menarik. Anda akan bermain sebagaimana layaknya game shooter biasa, yaitu melawan musuh dalam real time, mencari peluru, dan berusaha tidak mati. Untuk membuat permainan menjadi lebih menarik, Rage juga menambahkan kendaraan, kemampuan untuk meng-upgrade senjata, membuat perlengkapan yang dapat digunakan dalam pertempuran, dan mengambil misi (quest).

review rage jagatreview 004
Musuh yang besar membutuhkan senjata yang besar

Walaupun terlihat sepintas seperti game pasca bencana lain, seperti Borderland dan Fallout 3, Rage tidak memberikan begitu banyak elemen role-playing pada permainannya. Anda tidak dapat naik level dan mengatur skill point untuk membuat karakter Anda lebih baik. Rage lebih mengutamakan permainan action menembak dengan dunia yang semi open sandbox. Artinya, dunia permainan yang dapat Anda jelajahi cukup luas dan terkesan bebas seperti GTA4 dan Fallout 3, tetapi tidak sebesar dan sebebas itu. Walaupun demikian, Anda dapat menemukan beberapa daerah tersembunyi dan quest tambahan bila merelakan waktu menjelajahinya.

review rage jagatreview 005
Lingkungan dapat digunakan untuk mengalahkan musuh Anda

Senjata Adalah Teman Terbaik Anda

Game shooter action tanpa senjata yang keren tentunya akan membuat permainan menjadi terasa getir. Oleh sebab itu, Rage memberikan pilihan senjata yang dahsyat. Pilihan senjata yang dapat Anda gunakan memang tidak banyak layaknya game shooter lain. Namun, efeknya terhadap musuh yang terkena tembakan Anda membuat game ini menyenangkan untuk dimainkan. Sebagai contoh, shotgun akan membuat musuh yang berani mendekati Anda terlempar karena kedahsyatannya. Begitu pula dengan sniper yang membuat musuh berharap dia tidak mengintip dari lubang persembunyiannya.

review rage jagatreview 006
Musuh dapat Anda serang diam-diam ketika mereka lengah

Bukan hanya efek senjata saja yang membuat game ini menarik. Anda juga dapat menemukan variasi peluru yang lebih kuat dan memiliki kegunaan yang beragam. Misalnya, Anda dapat menggunakan peluru Fatboy yang kekuatannya seperti peluru sniper pada pistol. Begitu juga dengan shotgun yang menembakkan peluru roket! Namun, bukan hanya kekuatan yang lebih besar saja yang dapat ditawarkannya. Anda juga dapat menggunakan peluru tertentu untuk memanipulasi lingkungan. Gunakan peluru panah listrik untuk menyetrum semua musuh yang sedang berada di air! Kemudian, Anda juga dapat mengendalikan musuh yang terkena panah Mind Control dan gunakan dia untuk menyerang musuh lain dari belakang!

review rage jagatreview 007
Authority merupakan musuh yang patut Anda waspadai

Upgrade senjata pada Rage dapat dilakukan dengan membeli part yang dibutuhkan di toko. Sayangnya, jumlah part yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan senjata lebih baik tersebut tidak begitu banyak variasinya. Jadi, senjata baru dan jenis peluru yang lebih kuat adalah adalah satu-satunya harapan Anda untuk mengalahkan musuh dengan efisien. Bahkan, senjata yang seharusnya menjadi “One Hit Kill” bila terkena kepala, seperti Crossbow dan Sniper berubah menjadi “Two Hit Kill” setelah bertemu dengan musuh di setengah permainan. Membunuh musuh dengan cara diam-diam juga tidak begitu efisien. Sebab, musuh yang telah Anda habisi diam-diam akan dilihat musuh lain yang biasanya ada di dekatnya dan sebentar kemudian bala bantuan musuh akan menyerang Anda.

review rage jagatreview 008
Senjata ini adalah teman terbaik dari semua teman terbaik Anda

 

Mari Membuat Sesuatu!

Feature menarik lain dari Rage adalah kemampuan untuk membuat sesuatu dari benda yang Anda kumpulkan. Ketika bertualang, Anda akan sering menemukan benda yang tidak dapat digunakan, seperti kabel, baterai, dan laras senjata. Ternyata, bila Anda berhasil menemukan (dan membeli dari toko) resep yang berhubungan dengan benda tersebut, maka Anda dapat membuat sesuatu yang sangat membantu! Benda yang dapat Anda rancang cukup banyak jenisnya. Mulai dari Bandage untuk menyembuhkan diri dari luka hingga membuat peluru dan robot penyerang!

review rage jagatreview 009
Selain misi utama, Anda juga dapat menemukan misi tambahan dengan berbicara ke orang tertentu

Selain membuat benda yang berguna untuk pertempuran, Anda juga dapat membuat sesuatu yang berguna di luar pertempuran. Anda dapat membuat alat untuk membuka pintu yang terkunci. Biasanya, di dalamnya dapat ditemukan senjata baru, peluru spesial, dan bahan dasar resep lainnya. Selain itu, Anda juga dapat membuat minuman untuk menambahkan tingkat ketahanan tubuh. Namun, bahan dasar untuk membuatnya sulit didapatkan dan Anda harus berani menjelajahi daerah yang berbahaya.

review rage jagatreview 010
Beragam mini game dapat Anda temukan di kota

Sayangi Kendaraan Anda!

Media utama untuk menjelajahi dunia permainan Rage yang luas adalah mobil Anda! Tanpa kendaraan tersebut, Anda tidak akan bertahan lama ketika harus menghadapi mobil musuh. Selain itu, Anda tentu tidak ingin membuang banyak waktu hanya berusaha mencapai tempat misi. Oleh karena itu, mobil merupakan salah satu feature yang sangat berharga dalam Rage. Untuk mendapatkan mobil yang bagus dan berkemampuan tinggi, Anda harus rela menghabiskan waktu di lintasan balap!

review rage jagatreview 011
Variasi mini game yang menarik dapat digunakan untuk menghilangkan kebosanan dan menambah uang

Berpartisipasi dalam arena balapan adalah cara satu-satunya untuk meng-upgrade mobil Anda menjadi alat tempur yang efisien. Pasalnya, untuk membeli perangkat mobil kelas atas, seperti ban balap, mesin yang lebih kencang, senjata roket, duri di ban, dan badan mobil yang tahan tembakan membutuhkan uang khusus. Mata uang yang bernama Racing Certificate tersebut hanya bisa didapat dari balapan!

Jenis balapan dalam game ini juga beragam bentuknya. Anda dapat ikut serta dalam balapan Time Trial yang mengharuskan Anda mengalahkan waktu terbaik. Balapan melawan mobil lain juga dapat ditemukan di dalamnya. Variasi lain yang lebih berbahaya dari balapan, seperti rocket race menambahkan bahaya diserang roket musuh ketika berada di lintasan balap. Sayangnya, balapan yang berhasil Anda selesaikan di peringkat teratas tidak akan memberikan poin lagi. Jadi, Anda harus menjalankan misi yang berhadiah Racing Certificate, seperti misi menghancurkan mobil musuh ketika menjelajah.

review rage jagatreview 012
Gunakan beragam benda yang Anda temukan untuk membuat perlengkapan yang berguna dalam permainan

Musuh yang (Cukup) Pintar

Apalah jadinya game shooter action tanpa kehadiran musuh yang menjadi sasaran tembak Anda. Musuh yang akan Anda temui dalam game ini memiliki beragam variasi, baik bentuk maupun serangannya. Biasanya, variasi musuh ditentukan dari daerah tempat Anda menemukannya. Bila Anda berada di daerah Ghost, maka Anda akan menemukan kelompok bandit Ghost yang cukup mudah dikalahkan. Lain lagi bila Anda telah berada di daerah Jackal yang kejam dan Gearheads dengan beragam persenjataan yang mematikan. Namun, tidak ada yang lebih mengerikan dari serangan Mutant dan Authority. Pihak Authority mirip seperti pemerintah yang berkuasa setelah dunia dilanda kehancuran. Oleh sebab itu, mereka memiliki persenjataan dan perlengkapan yang paling canggih. Sedangkan Mutant adalah manusia yang telah bermutasi menjadi monster yang cepat dan berbahaya.

review rage jagatreview 013
Balapan adalah media untuk mendapatkan poin racing certificate...

Pertempuran melawan musuh bersenjata pada game ini bisa dibilang menarik perhatian. Pasalnya, musuh tersebut tidak bodoh dan membiarkan dirinya menjadi sasaran tembak Anda. Mereka akan berusaha bertempur dalam kelompok, berlindung, melempar granat untuk mengacaukan posisi Anda, dan mundur mencari bantuan temannya ketika ia tinggal sendirian. Walaupun terasa lebih sulit dari shooter biasa, tetapi hal ini pula yang membuat permainan menjadi menarik dan seru.

Anda juga harus mengenali jenis senjata yang tepat untuk mengalahkan jenis musuh tertentu. Sebagai contoh, Anda sebaiknya menggunakan senjata jarak dekat untuk mengalahkan musuh yang menyerang dengan senjata tajam, seperti Mutant. Shotgun merupakan solusi terbaik ketika Anda dikelilingi Mutant. Namun, Anda juga harus cekatan menggunakan senjata jarak jauh sambil berlindung ketika melawan musuh yang menggunakan senjata api. Sebab, Anda tidak akan bertahan lama bila melawan musuh tanpa berlindung ala Rambo.

review rage jagatreview 014
...Yang kemudian digunakan untuk meng-upgrade mobil

Kesimpulan

Rage berkonsentrasi pada permainan shooter action yang tidak membutuhkan campuran elemen role playing seperti yang kerap ditemukan belakangan ini. Namun, bukan berarti ia tidak memiliki feature menarik yang membuat permainan menjadi lebih manis. Anda dapat membuat perlengkapan sendiri dari rongsokan, mengumpulkan peluru yang lebih kuat, beragam misi tambahan, kendaraan, serta balapan yang tidak kalah dengan game balap. Apalagi Rage dilengkapi dengan tampilan berkualitas tinggi yang sangat keren.

Kelebihan

  • Dunia yang indah
  • Kustomisasi perlengkapan dan kendaraan
  • Musuh yang pintar
  • Balapan seru layaknya game balapan
  • Beragam misi yang dapat Anda temukan

Kekurangan

  • Ceritanya kurang kuat
  • Kebebasan menjelajah yang tanggung
  • Ending yang kurang menarik

Cocok Untuk Gamer:

Menyukai shooter berkecepatan tinggi dan tidak mengharapkan kustomisasi kompleks ala RPG.

Tidak Cocok Untuk Gamer:

Mual ketika memainkan shooter berkecepatan tinggi ala Doom dan Quake.

Spesifikasi PC Minimum

OS: Win XP SP3, Vista, Win 7
Processor: Intel Core 2 Duo
Memory: 2 GB
Graphics: GeForce 8800, Radeon HD 4200
Hard Drive: 25 GB
DirectX 9.0c

Info

Publisher: Bethesda Softworks
Developer: id Software
Jenis: Action First Person Shooter
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)
Website Resmi: www.rage.com
Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…