Review Warhammer 40K Space Marine: Pertempuran Senjata Terkuat Umat Manusia

Author
David Novan
Reading time:
November 10, 2011
review warhammer 40k space marine 001
Tanpa basa-basi, Space Marine langsung perang!

Dunia Warhammer 40K memiliki sebuah cerita yang sangat panjang. Walaupun mulanya hanya berasal dari cerita dalam sebuah game, kisah pertempuran tanpa akhir di masa depan ini berhasil dikembangkan hingga sangat detail dan lengkap. Bahkan, beragam literatur seperti novel dan komik selalu muncul untuk memperluas dunia Warhammer 40K. Cerita yang berkisar mengenai sepak terjang pasukan Space Marine dalam mempertahankan kerajaan intergalactic manusia bernama “Imperium of Man” ini selalu menarik untuk diikuti. Space Marine adalah senjata terhebat umat manusia dalam membasmi berbagai ancaman yang datang dari luar, seperti makhluk asing (Xenos), dari dalam (pengkhianat), dan dari dunia lain (Demon/Chaos).

review warhammer 40k space marine 002
Kurangi jumlah musuh dari jauh dengan menggunakan persenjataan Anda.

Warhammer 40K Space Marine menceritakan mengenai pertempuran seorang kapten dari 2nd Company Ultramarine di sebuah Forge World bernama Graia yang diserang Xenos bernama Ork. Bila Anda tidak pernah memainkan game Warhammer 40K sebelumnya, seperti Warhammer 40K Dawn of War, pasti akan kebingungan setengah mati dengan cerita yang dibawakan di game ini. Bahkan harus diakui, beberapa bagian ceritanya juga tidak dapat dengan mudah dimengerti orang yang pernah memainkan game Warhammer 40K. Hanya gamer yang antusias mengikuti ceritanya dengan cara membaca novel dan beragam artikel Wikipedia mengenai Warhammer 40K saja yang dapat mengerti dengan sempurna.

review warhammer 40k space marine 003
Hanya melalui tempat ini Anda dapat menemukan senjata baru.

Space Marine adalah pasukan tempur manusia super yang didesain secara genetik oleh Emperor of Mankind (penguasa Imperium of Man) untuk menjadi senjata sempurna. Kemampuan mereka yang luar biasa tidak ada tandingannya bila dibandingkan ras lain, seperti memiliki dua jantung, tiga paru-paru, kekuatan untuk melawan 100 manusia, bisa menghirup udara beracun, dan kemampuan tempur yang mendekati sempurna. Belum lagi ditambah dengan peralatan tempur mereka yang luar biasa kuat. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang diberi nama Legion. Nah, Kapten Titus yang Anda mainkan dalam game ini berasal dari Ultramarine, Legion Space Marine terkuat dan terbanyak anggotanya di Imperium of Man.

review warhammer 40k space marine 004
Beberapa musuh memiliki pertahanan lebih kuat dan lebih sulit dibunuh.

Misi utama dalam game ini adalah mempertahankan sebuah dunia bernama Graia yang disebut Forge World. Mengapa Forge World begitu penting dalam Imperium of Man hingga harus dipertahankan hingga titik darah penghabisan? Planet tersebut merupakan salah satu pabrik milik Adeptus Mechanicus, sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas semua peralatan perang Imperium of Man. Selain itu, Graia merupakan tempat peristirahatan Machine-god Titan bernama Invictus, robot tempur berukuran raksasa yang berkekuatan sangat dahsyat. Bangsa Ork menyerang planet ini untuk dua tujuan: membunuh yang merupakan olahraga bagi mereka dan mengambil senjata dahsyat Invictus yang beristirahat di Graia. Satu-satunya yang menghalangi Ork dengan kekuatan sejuta pasukan untuk mendapatkan planet ini adalah kapten Titus, satu company Ultramarine berkekuatan 100 Space Marine dan beberapa ratus Imperial Guard (tentara lokal Graia). Dapatkah mereka menang? Tentu saja! Dengan bantuan Anda pastinya!

review warhammer 40k space marine 005
Serangan terakhir yang sadis hanya dapat dilancarkan setelah melumpuhkan musuh.

Courage and Honour!

Kapten Titus merupakan karakter utama yang akan Anda kendalikan di sepanjang permainan. Dengan berbekal persenjataan yang dianugerahkan kepadanya, Anda akan menerjang ribuan Ork di sepanjang permainan. Pengendalian permainan juga terbilang mudah. Anda menjalankan kapten Titus dengan menggunakan keyboard dan mouse layaknya game action lain dan kamera yang digunakan adalah third person. Jadi, Anda akan melihat semua aksi dari belakang kapten Titus. Seperti layaknya game lain dengan kamera third person, Anda juga akan menemukan beberapa tempat sempit yang membuat kamera men-zoom terlalu dekat dengan karakter. Untungnya, pertempuran dalam game ini biasanya terjadi di daerah yang luas.

review warhammer 40k space marine 006
Wajar saja Ork mati-matian menyerang bila untuk mendapatkan senjata super kuat seperti robot ini.

Gerakan tempur yang dapat Anda gunakan adalah serangan jarak dekat (melee) dan serangan jarak jauh dengan menggunakan senjata api. Mulanya, senjata yang Anda gunakan adalah pistol dan sebuah pisau. Tak lama setelah itu, senjata yang layak digunakan Space Marine pun mulai bermunculan, seperti Bolter (rifle khas Space Marine), Chainsword (pedang dengan gergaji di mata pisaunya), Lascannon (meriam laser yang dahsyat), dan Lightning Hammer (palu besar khusus kapten Space Marine yang mampu membunuh musuh dengan mudah). Semua senjata tersebut dapat Anda temukan di perjalanan dan hanya dapat dibawa hingga empat jenis saja. Jadi, Anda harus memilih senjata yang tepat untuk tantangan yang Anda temukan. Misalnya, untuk melawan musuh biasa Anda dapat menggunakan Bolter dan Heavy Bolter. Namun, untuk musuh dengan pertahanan lebih tinggi sebaiknya menggunakan senjata khusus, seperti Plasma Gun dan Lascannon.

review warhammer 40k space marine 007
Pesan tersembunyi akan memberikan sedikit kejelasan mengenai kejadian di Graia.

Setiap kali Anda berhasil mengalahkan musuh, sebuah indikator di bagian kiri bawah layar akan terisi. Bila indikator tersebut telah penuh, Anda dapat menggunakan serangan spesial yang membuat semua serangan biasa menjadi sangat kuat. Pada saat ini, indikator ketahanan tubuh juga akan meningkat dengan sendirinya. Selain itu, musuh dengan tingkat ketahanan tinggi juga dapat dikalahkan dengan mudah. Sayangnya, serangan spesial ini memiliki durasi waktu. Jadi, sebaiknya ia digunakan pada saat terdesak saja.

review warhammer 40k space marine 008
Pilihan senjata yang Anda bawa dapat menentukan kemenangan.

Serangan melee yang Anda lancarkan ke musuh terbagi menjadi dua jenis, yaitu serangan biasa dan serangan yang membuat musuh lumpuh. Bila Anda melancarkan serangan biasa secara berurutan, maka serangan tersebut akan menjadi kombinasi serangan yang dapat membuat musuh kewalahan. Bahkan, beberapa jenis musuh dapat menjadi lumpuh pada akhir serangan kombinasi tersebut. Jenis serangan kedua dapat langsung melumpuhkan musuh. Namun, tidak semua musuh dapat langsung terkena dampaknya, terutama musuh yang memiliki tingkat ketahanan tinggi. Musuh yang telah lumpuh dapat Anda berikan serangan membunuh dengan menekan tombol action (E). Musuh yang terkena serangan tersebut langsung mati dan energi Anda akan bertambah!

Only War

Walaupun seharusnya pertempuran yang terjadi di Graia adalah perang massal, mengingat musuhnya adalah Ork yang mengandalkan jumlah untuk mengalahkan kualitas perorangan Space Marine, pada kenyataannya Anda hanya menemukan perang berskala kecil saja. Bahkan, pasukan Space Marine yang seharusnya beranggotakan 100 orang hanya diwakili oleh dua pendamping kapten Titus saja. Seakan Anda hanya berperang sendirian melawan gelombang musuh yang begitu besar.

review warhammer 40k space marine 009
Perlengkapan khas Space Marine seperti Jump Jet memperlihatkan daya hancur yang luar biasa.

Rekan Space Marine yang menemani Anda juga tidak perlu dikhawatirkan keselamatannya. Mereka tidak dapat mati walaupun diserang dari berbagai sisi oleh puluhan Ork! Oleh karena itu, Anda dapat mengumpankan mereka sebagai perisai di garis depan sementara Anda menghabisi musuh dari belakang. Sayangnya, ada waktunya Anda harus melawan musuh seorang diri, terutama ketika melawan beberapa boss dan event battle.

Memang harus diakui, pertempuran yang terjadi dalam game ini begitu seru dan memacu adrenalin. Keganasan Ork ketika berlari ke posisi Anda begitu meyakinkan dan musuh dengan senjata berat merupakan ancaman yang serius terhadap hidup Anda. Walaupun kapten Titus memiliki perisai kasat mata yang harus dihabisi terlebih dahulu oleh serangan musuh sebelum akhirnya melukainya, seringkali perisai tersebut tidak membantu. Terutama ketika harus melawan musuh yang memiliki komposisi bagus, seperti penyerang depan, penyerang dengan senjata api, dan Ork bersenjatakan roket. Terlebih lagi ketika Anda menghadapi musuh sebenarnya yang jauh lebih berbahaya dibandingkan Ork!

review warhammer 40k space marine 010
Lancarkan serangan spesial untuk membalikkan keadaan

Namun, harus diakui pula mode single player Warhammer 40K Space Marine tidak begitu panjang durasinya. Hanya dengan bermain sekitar tujuh jam saja, Anda dapat menyelesaikan game ini. Ternyata, game ini menawarkan permainan lebih lanjut melalui mode multiplayer yang hanya dapat dimainkan melalui online Steam. Pada mode ini, Anda akan membentuk seorang Space Marine yang akan berperang melawan pemain lain dalam kelompok. Hal ini tentunya memberikan atmosfer kompetitif yang menarik untuk diikuti.

review warhammer 40k space marine 011
Tema dunia Warhammer 40K yang khas terlihat kental di dalam game ini.

Kesimpulan

Dunia Warhammer 40K yang selalu diamuk perang berhasil diterjemahkan dengan baik pada game ini. Pertempuran penuh darah yang dapat Anda temukan di sini sangat memacu semangat dan gaya ketika melakukan serangan penghabisan juga sangat keren! Game ini juga tetap dapat memegang teguh akar cerita dunia Warhammer 40K yang sangat detail dan kehebatan Space Marine yang luar biasa tidak lantas membuat game ini mudah dimainkan. Sayangnya, cerita yang ditawarkan game ini pasti akan membuat bingung pemain yang tidak mengetahui seluk beluk dunia Warhammer 40K.

Kelebihan

  • Pertempuran yang seru.
  • Dapat merasakan sendiri kedahsyatan senjata Space Marine.
  • Banyak musuh yang dapat dibunuh.
  • Mode multiplayer yang menjanjikan banyak aksi seru.
  • Cerita tidak melenceng dari dunia Warhammer 40K.

Kekurangan

  • Pertempuran kurang massal.
  • Tidak dapat menggunakan perlindungan (cover).
  • Tidak banyak variasi dalam permainan.

Cocok Untuk Gamer:

Mencintai dunia Warhammer 40K, menyukai aksi seru, dan bergerak cepat.

Tidak Cocok Untuk Gamer:

Tidak mengetahui cerita di dunia Warhammer 40K, menyukai perang taktis, dan mengharapkan kustomisasi karakter.

Spesifikasi PC Minimum

OS: Windows XP SP3, Windows Vista SP1, Windows 7
Processor: 2.0Ghz Dual core CPU
Memory: 1GB (XP), 2GB (Vista), 2GB (Windows 7)
Graphics: 256MB Video Card dengan Shader Model 3 (Nvidia GeForce 8800GT dan AMD Radeon 3850)
Hard Drive: 20 GB (10 GB setelah selesai instalasi)
DirectX 9.0C
Sound: Pengguna Laptop dan Notebook harus men-download driver Nvidia 280.26 atau AMD Catalyst 11.8 terbaru.

Info

Publisher: THQ
Developer: Relic
Jenis: Third Person Action
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi:

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…