Menjajal Metal Gear Solid HD Collection

Reading time:
November 24, 2011
Metal Gear Solid HD Collection 1

Jika kita membicarakan salah satu fenomena yang sedang hangat di industri game, maka konsep HD Remake boleh disimpulkan sebagai konsep yang saat ini paling sering dilakukan. Merilis ulang game-game fenomenal di masa lalu dengan resolusi tinggi sesuai teknologi gaming di masa kini memang menjadi nilai tambah tersendiri, baik bagi gamer maupun publisher sendiri. Bagi gamer, HD Remake adalah sebuah kesempatan bernostalgia dalam visualisasi masa kini yang lebih baik. Sedangkan bagi publisher? HD Remake tampil menjadi alternatif sumber pendapatan yang mumpuni tanpa perlu mengeluarkan dana terlalu besar.

Banyak perusahaan yang mulai bergabung dengan “gerakan” ini. Salah satu yang cukup sukses adalah Resident Evil Revival HD Remake yang memuat Resident Evil 4 dan Code Veronica dalam resolusi tinggi. Terlepas dari kualitas yang dihadirkan dan signifikansi perbedaan visual yang ada, menikmati game lawas berkualitas selalu menghasilkan daya tarik tersendiri. Dari begitu banyak game HD remake yang akan hadir dari beragam publisher besar, Metal Gear Solid HD Collection tentu menjadi salah satu yang paling ditunggu. Menyusuri kembali jejak masa lalu kejayaan Solid Snake dalam kualitas HD? Bring it on!

Metal Gear Solid harus diakui merupakan salah satu franchise game terbaik yang pernah lahir di industri game. Sebagai salah satu mahakarya dengan basis fans yang kuat, adalah sesuatu yang tidak mengherankan jika Konami memutuskan untuk merilis ulang game ini untuk konsol masa kini. Metal Gear Solid HD Collection sendiri hadir sebagai sebuah paket lengkap yang memenuhi mimpi para gamer. Metal Gear Solid HD Collection membawa tampilan definisi tinggi bagi 3 game sekaligus: Metal Gear Solid 2- Sons of Liberty (PS2), Metal Gear Solid 3 –  Snake Eater (PS2), dan Metal Gear Solid – Peace Walker (PSP). Game-game yang di masanya berhasil menarik hati para gamer dan menuai pujian.

Bagi gamer XBOX 360, kedatangan Metal Gear Solid HD Collection ini menjadi sebuah anugerah tersendiri. Bagaimana tidak? Setelah menunggu cukup lama, pemilik konsol Microsoft ini akhirnya bisa menikmati judul MGS yang selama ini identik sebagai franchise eksklusif Playstation. Walaupun hanya merupakan HD Remake dari seri-seri di masa lalu, tidak menghalangi excitement yang terbangun. Metal Gear HD Collection dikemas dalam 1 disc blu-ray untuk versi Playstation 3 dan 2 DVD untuk versi XBOX 360. Bagaimana tampilan ketiga game ini? Apakah remake yang dihadirkan signifikan?

Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty

Gameplay

Metal Gear Solid HD Collection 2 Metal Gear Solid HD Collection 3

Bagi Anda yang pernah memainkan Metal Gear Solid 2 di masa lalu, skema kontrol yang dihadirkan di versi HD Remake ini tak banyak berubah, sehingga cukup mudah untuk dikuasai. Seperti rilisnya di masa lalu, Anda akan menggunakan semua tombol yang ada untuk fungsi yang lebih maksimal. Mengakses beragam senjata dan item lewat shortcut tombol L – R, mengakses mode sudut pandang pertama, hingga mengaktifkan mode bidik masih bisa dilakukan dengan mudah. Walaupun demikian, bagi Anda yang sudah lama tidak menyentuh game yang satu ini, butuh sedikit waktu untuk membiasakan diri.

Apakah Jauh Lebih Baik dengan Tampilan HD?

Gamer yang sempat merasakan perilisan awal Playstation 2 di tahun 2000 silam tentu mengerti bagaimana animo gamer terhadap MGS 2: Sons of Liberty. Setelah kesuksesan MGS  di Playstation, banyak gamer yang menunggu kelanjutan dari franchise yang satu ini. Saat pertama kali Konami merilis teaser dan trailer awal, semua mata di dunia memandangnya kagum. Tidak hanya visualisasi yang penuh dengan detail dan jauh lebih halus, tetapi Kojima juga berhasil membangun lingkungan yang begitu interaktif, memunculkan sebuah pengalaman bermain yang jauh berbeda, dan lebih maksimal.

Perasaan yang sama mungkin Anda rasakan di versi HD Remake ini. Namun, pengalaman ini lebih terperangkap dalam nuansa nostalgia yang kental. Tidak banyak perubahan secara kualitas grafis dibandingkan dengan versi Playstation 2 silam. Engine grafis yang dihadirkan tetap sama, dengan peningkatan level detail yang tidak terlalu signifikan. Namun, harus diakui bahwa Konami berhasil membuatnya tampil dalam definisi tinggi yang patut diacungi jempol. Tidak ada piksel yang pecah ataupun kabur ketika memainkannya di resolusi 1080p. Cutscene dan gameplay berjalan sempurna dengan framerate di 60 fps.

Metal Gear Solid HD Collection 6 Metal Gear Solid HD Collection 8 Metal Gear Solid HD Collection 11 Metal Gear Solid HD Collection 13 Metal Gear Solid HD Collection 22 Metal Gear Solid HD Collection 25

Metal Gear Solid 3: Snake Eater

Gameplay

Metal Gear Solid HD Collection 27 Metal Gear Solid HD Collection 29

Seperti pada versi MGS 2 HD Remake, skema kontrol yang dihadirkan di seri ketiga ini juga tidak banyak berubah. Anda masih bisa mengakses semua tombol aksi dengan mudah. Kepekaan navigasi karakter lewat analog juga diadaptasikan dengan baik. Kecepatan Anda bergerak, stealth maupun tidak, tergantung pada seberapa kuat Anda menggeser analog kiri dan cenderung akurat. Metal Gear Solid 3 juga diingat sebagai seri pertama MGS yang memperkenalkan CQC (Close-quarters combat) sebagai salah satu elemen bertarung yang efektif. Gerakan bertarungnya juga tidak sulit untuk dilakukan. Anda hanya butuh waktu untuk membiasakan diri kembali jika skema kontrol ini sedikit tidak terasa familiar.

Apakah Jauh Lebih Baik dengan Tampilan HD?

Harus diakui, MGS 3 merupakan seri penguji kualitas high-definition yang terbaik. Mengapa? Karena berbeda dengan Sons of Liberty yang berputar di sekitar ruangan yang tidak memberikan detail, MGS 3 lebih banyak bergerak di dalam terrain dengan begitu banyak elemen yang menonjolkan hal tersebut. Dengan setting utama di hutan belantara, Anda bisa melihat detail lingkungan seperti rumput, pohon, tanah, hingga binatang. Walaupun tidak terlihat peningkatan detail yang signifikan, kemampuan konsol generasi sekarang mampu membuat game ini berjalan dalam framerate 60 fps dibandingkan 30 fps yang cukup mengecewakan di masa Playstation 2 dulu.

Anda tentu tidak bisa berharap bahwa Konami akan membangun game ini dari awal. MGS 3 – Snake Eater tetap hadir dengan engine grafis yang sama. Namun dengan detail yang lebih baik, khususnya pada desain karakter yang ada. Anda bisa melihat kerut wajah mereka dengan jauh lebih jelas sekarang. Satu yang pasti, ia berhasil tampil maksimal dalam resolusi 1080p. Tidak ada cut-scene atau gameplay yang terasa pecah dan dipaksakan di sepanjang permainan.

Metal Gear Solid HD Collection 32 Metal Gear Solid HD Collection 36 Metal Gear Solid HD Collection 38 Metal Gear Solid HD Collection 48 Metal Gear Solid HD Collection 50 Metal Gear Solid HD Collection 55

Metal Gear Solid: Peace Walker

Gameplay

Metal Gear Solid HD Collection 56 Metal Gear Solid HD Collection 71

Mengadaptasikan sebuah game PSP ke dalam sebuah game konsol memang bukan perkara mudah. Skema kontrol yang lebih sederhana di PSP, seperti tombol L – R dan sistem satu analog yang ada membuat versi HD Remake-nya butuh sedikit penyesuaian untuk tampil lebih maksimal. Untungnya, skema kontrol yang lebih baik dan interaktif, dan di sisi lain tetap mudah untuk dikuasai berhasil dihadirkan Konami untuk Peace Walker versi HD ini. Anda tidak akan kesulitan untuk menguasainya. Apalagi, Peace Walker menyediakan satu sesi tutorial untuk mempelajari skema kontrol yang ada. Jadi, Anda punya kesempatan untuk mempelajarinya sebelum terjun ke dalam aksi yang sebenarnya.

Apakah Jauh Lebih Baik dengan Tampilan HD?

Dari ketiga seri yang dirilis dalam MGS HD Collection ini, Peace Walker harus diakui sebagai yang paling mengecewakan. Anda memang akan menikmati game ini dalam framerate tinggi dan kualitas FULL HD yang tidak pecah, namun level detail dan visualisasi yang dihadirkan boleh dibilang tak banyak mengalami peningkatan. Sensasinya seperti memainkan sebuah game PSP dalam televisi yang lebih besar. Kelemahan ini juga terlihat di desain karakter. Anda bisa melihat bagaimana pakaian Big Boss tampil tak lebih dari sebuah tempelan belaka tanpa ada usaha untuk memberikan sedikit detail di dalamnya.

Kesan “kotak” yang dihadirkan juga terasa kental. Konami tampak tidak ingin repot untuk memoles ulang Peace Walker. Mereka juga seolah lupa bahwa ada perbedaan yang signifikan antara menghadirkan sebuah game dalam  layar yang kecil seperti PSP dan merilisnya ulang untuk dinikmati dalam layar yang lebih besar. Walaupun demikian, visualisasi ini tentu tidak menjadi faktor tunggal untuk menentukan kualitas game secara keseluruhan. Peace Walker masih mampu menghasilkan sensasi epicness dan kenyamanan bermain yang maksimal. Poin utama yang menjadikannya pantas untuk dimainkan.

Metal Gear Solid HD Collection 59 Metal Gear Solid HD Collection 61 Metal Gear Solid HD Collection 72 Metal Gear Solid HD Collection 73 Metal Gear Solid HD Collection 77 Metal Gear Solid HD Collection 80

Kesimpulan

Keputusan Konami untuk merilis ulang tiga seri lawas Metal Gear Solid dalam sebuah kompilasi HD Collection ini memang harus diacungi jempol. Selain mampu menghadirkan nuansa nostalgia yang kental, ketiganya berhasil tampil dalam kualitas definisi tinggi yang memuaskan. Game ini berjalan begitu baik dalam framerate yang lebih tinggi. Adaptasi kontrol yang sempurna juga menjadikannya mudah untuk dinikmati dan dikuasai. Namun sayangnya, tidak ada peningkatan detail yang signifkan untuk setiap seri yang ada. Anda masih akan merasakan kualitas tampilan yang sama dengan versi original yang lahir di Playstation 2 dan PSP.

Metal Gear Solid HD Collection 60
Worth to play!

Apakah game ini pantas untuk menghabiskan waktu Anda? Tentu saja! Metal Gear Solid HD Collection adalah game yang worth to play! Alasan yang utama tentu karena nuansa pertempuran dan plot epik yang masih mampu dihadirkan oleh ketiganya. Seperti yang kita tahu, kekuatan utama Metal Gear Solid tidak hanya terletak pada visualisasi, tetapi juga dari jalinan cerita, hubungan antar karakter, dan sinematiknya yang tidak tergantikan. Visualisasi dalam definisi tinggi dapat kita anggap tak lebih sebagai “bonus” yang memanjakan mata. Merasakan kembali semua sensasi ini di konsol masa kini? Sesuatu yang harus Anda rasakan!

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

July 30, 2021 - 0

Review Samurai Warriors 5: Huru-Hara Cabut Nyawa!

Apakah sebuah video game harus menyuntikkan sebuah cerita berat penuh…
July 28, 2021 - 0

Review Scarlet Nexus: Gila Bercampur Seru!

Selama bukan sesuatu yang mereka adaptasikan dari anime populer misalnya,…
June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…