Review Forza Motorsport 4: Simulasi Balapan Terkeren di XBOX 360!

Author
David Novan
Reading time:
November 10, 2011
review forza motorsport 4 jagatreview 001

Menciptakan game simulasi balapan terbaik untuk XBOX 360 di tengah hiruk pikuk tren game action belakangan ini bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi dengan bayangan Gran Turismo 5 yang begitu sukses sebagai game simulasi balapan di PS3. Namun, Forza Motorsport 4 memiliki resep jitu sehingga ia bisa menjadi harapan baru untuk gamer XBOX 360 yang mendambakan jenis game ini. Beragam balapan seru, tingkat simulasi yang dapat diatur, kualitas tampilan grafis (luar biasa) indah, dan feature menarik serta unik menjadikan Forza 4 sebagai game yang tidak boleh dilewatkan.

Showcase Mobil Dalam Auto Vista

Game simulasi balapan tentu saja berputar di sekitar balapan dengan menggunakan mobil super keren dan cepat. Namun, apa yang membuat game ini unik dan lebih menarik bila dibandingkan dengan yang lain? Forza 4 memberikan sebuah feature yang bernama Auto Vista! Pertanyaan Anda berikutnya pasti: Apa itu Auto Vista? Feature ini pada dasarnya merupakan showcase dari beberapa mobil pilihan yang dapat dimainkan di dalam game. Akan tetapi, Auto Vista bukan sekedar showcase biasa. Sebab, Anda dapat berinteraksi dengan mobil tersebut!

review forza motorsport 4 jagatreview 002

Interaksi seperti apa yang dapat Anda lakukan dalam mode ini? Pertama, Anda dapat mengagumi keindahan mobil dan lekukannya yang cantik. Untuk mendukung kepuasan Anda, semua mobil yang ada dalam Auto Vista dibuat lebih detail dan memiliki kualitas tampilan yang luar biasa tinggi. Jadi, semua yang dapat Anda lihat di mode ini memang sama persis dengan mobil aslinya! Bahkan, Anda juga dapat menemukan bentuk interior dan mesin yang dibuat sama persis. Bila Anda merasa tidak dapat membeli mobil super keren tersebut, Auto Vista memberikan Anda kesempatan untuk masuk ke dalamnya dan menemukan sendiri alasan mobil tersebut dibanderol dengan harga yang super tinggi.

review forza motorsport 4 jagatreview 003
Detail dalam mode auto vista begitu tinggi dan indah

Kelebihan lain yang ditawarkan mode ini adalah komentar yang menjelaskan spesifikasi beberapa bagian mobil. Bila Anda adalah fans mobil berkecepatan tinggi, suara komentator pada bagian ini tentu tidak asing lagi di telinga Anda. Forza 4 ternyata menggunakan suara khas Jeremy Clarkson, pembawa acara dari Top Gear yang ditayangkan di stasiun televisi Inggris BBC. Penjelasannya yang begitu unik dan gamblang membuat Anda merasa menonton siaran Top Gear khusus untuk Forza 4. Tampilan grafik yang menjelaskan spesifikasi mobil juga begitu keren dan informatif.

review forza motorsport 4 jagatreview 004

Mobil yang dapat Anda lihat di Auto Vista mulanya hanya beberapa saja. Namun, Anda dapat membuka mobil baru dengan cara melakukan instalasi DVD kedua (ciri khas seri Forza adalah DVD kedua yang berisi mobil spesial) dan memenangkan tantangan yang diberikan mobil tersebut. Oh ya, satu lagi; Forza 4 mendukung penuh penggunaan Microsoft Kinect, perangkat kontrol dengan gerakan khusus XBOX 360. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan gerakan tangan dan tubuh untuk navigasi pada mode ini! Contohnya, gerakkan tangan Anda seakan membuka pintu mobil untuk melakukan hal yang sama di Auto Vista.

Let The Race Begin!

Feature Auto Vista memang begitu menarik dan unik. Namun, bagaimana dengan balapannya sendiri? Sebab, apa jadinya sebuah game race simulation tanpa balapan yang dapat membuat pemainnya terpaku selama berjam-jam di depan layar. Untuk elemen yang satu ini Anda tidak perlu khawatir sedikit pun. Seri game Forza terkenal dengan balapan simulasi yang begitu menarik dan musuh yang menantang kemampuan Anda. Pada Forza 4 hal ini tetap dipertahankan dengan baik.

review forza motorsport 4 jagatreview 005
Kokpit semua mobil dalam Forza 4 dibuat seperti aslinya

Balapan yang dapat Anda temukan dalam Forza 4 kebanyakan berada pada sirkuit terkenal dari seluruh belahan dunia. Anda masih dapat menemukan sirkuit kesayangan pada Forza sebelumnya, seperti Maple dan Laguna Seca. Game ini juga menambahkan beberapa ketegangan baru, seperti balapan duel satu lawan satu menuruni jalanan pegunungan sambil menghindari lalu lintas dan tantangan Top Gear yang meminta Anda untuk mengumpulkan poin dari menabrak pin bowling. Semua tantangan baru tersebut begitu menarik untuk diikuti sehingga Anda dapat lupa waktu!

review forza motorsport 4 jagatreview 006
Mobil yang tidak berada dalam auto vista tidak kalah tinggi kualitasnya
review forza motorsport 4 jagatreview 007
Beragam balapan dalam Anda temukan dalam Forza 4

Mode balapan yang dapat Anda ikuti terbagi menjadi beberapa bagian. Anda dapat mengikuti World Tour yang berisikan seri balapan yang telah diatur. Anda tinggal mengikutinya dan menyesuaikan kelas mobil Anda dengan persyaratan sirkuit. Bila Anda ingin balapan tanpa diatur atau mengumpulkan uang untuk membeli mobil baru (dan upgrade mobil yang Anda miliki), game ini juga menyediakan beragam balapan yang dapat Anda ikuti. Mode balapan lain yang cukup menarik adalah balapan dengan Rival. Untuk mengikutinya, Anda membutuhkan koneksi Internet (XBOX Live). Anda dapat menantang pemain lain yang ada di seluruh belahan dunia dan menunjukkan kemampuan yang telah Anda asah.

review forza motorsport 4 jagatreview 008
Selain balapan biasa, Anda dapat menemukan lintasan khusus seperti menabrak pin bowling

Tingkat kesulitan pada Forza 4 diatur melalui beberapa opsi. Bila Anda ingin balapan tanpa bantuan layaknya mobil asli, maka Anda tinggal mengaturnya pada menu Home atau sebelum balapan dimulai. Anda dapat mematikan beragam bantuan, seperti TCS (Traction Control System), ABS, tingkat kerusakan mobil, garis bantuan (Best Line), dan kepekaan setir. Namun, bila Anda ingin pengendalian yang lebih mudah, Anda dapat “menjinakkan” opsi tersebut. Pemain yang menggunakan tingkat kesulitan tinggi tentu saja mendapatkan keuntungan bila dibandingkan dengan yang lebih mudah. Tingkat pendapatan uang dari setiap balapan akan lebih tinggi dan Anda dapat lebih cepat membeli mobil keren yang Anda dambakan.

review forza motorsport 4 jagatreview 009

Upgrade Mobil Anda!

Hasil jerih payah Anda memenangkan semua balapan dalam game ini terdiri dari uang, poin pengalaman, dan poin affinity. Kegunaan uang tentu saja Anda sudah mengetahuinya. Sedangkan poin pengalaman dan poin affinity berguna untuk meningkatkan level pengendara dan level affinity Anda. Apa kegunaan dari dua jenis level ini? Bukankah uang saja sudah cukup untuk membangun mobil terbaik? Ternyata, mereka sangat membantu Anda untuk berkembang lebih cepat. Level pengendara akan memberikan Anda bonus mobil baru yang kompetitif dan terbilang bagus untuk kelasnya.

review forza motorsport 4 jagatreview 010
Selain mengikuti World Tour, Anda dapat memilih sendiri balapan berdasarkan kelas mobil

Level affinity berfungsi sebagai indikator kecocokan Anda dengan pabrik pembuat mobil yang digunakan. Bila Anda menggunakan sebuah merek mobil, sebagai contoh Honda, maka Anda akan mendapatkan poin affinity untuk Honda. banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari tingginya level affinity terhadap sebuah merek, misalnya mendapatkan diskon untuk semua harga upgrade mobil dan bonus uang yang besar. Bahkan Anda dapat membeli part upgrade dengan gratis bila levelnya cukup besar (plus mendapatkan uang bonus!).

Upgrade dapat Anda lakukan dengan mudah melalui menu Home. Cukup banyak yang bisa Anda lakukan di menu ini selain upgrade, seperti mengubah warna mobil, mengatur kartu profil pemain, menghias mobil dengan beragam vynil, melihat koleksi foto dan replay, serta tuning mesin mobil. Untuk upgrade sendiri, Anda dapat memilih dua cara. Bila Anda ingin mengatur sendiri part apa saja yang dibeli, maka gunakan upgrade biasa. Namun, bila Anda malas mengaturnya, maka cukup pilih opsi Quick Upgrade. Pada opsi ini, Anda tinggal memilih kelas mobil berdasarkan Horse Power (HP) dan game ini akan merakitnya.

review forza motorsport 4 jagatreview 011
Anda akan mendapatkan uang dan poin pengalaman setelah memenangkan balapan
review forza motorsport 4 jagatreview 012
Atur performa mobil supaya sesuai dengan gaya mengendara Anda

Opsi tuning mesin dan body merupakan cara lain untuk membuat performa mobil Anda sesuai dengan keinginan. Perangkat yang dapat Anda gunakan cukup lengkap dan akurat. Bahkan, Anda dapat juga melakukan benchmark terhadap mobil Anda. Jadi, Anda dapat melihat sendiri performanya secara umum. Bila Anda adalah pemula di bidang simulasi racing, bagian tuning ini juga memberikan keterangan lengkap atas semua bagian yang dapat Anda ubah. Oleh karena itu, jangan takut bereksperimen untuk mendapatkan setelan mobil yang cocok dengan gaya mengemudi Anda!

Ketika Anda meng-upgrade performa kendaraan Anda, harap selalu memperhatikan total HP-nya. Sebab, Forza 4 menggunakan batasan kekuatan mesin untuk klasifikasi pertandingannya. Anda tidak dapat masuk ke dalam lomba untuk kelas 200 HP bila mobil Anda berada di atasnya. Begitu juga bila mobil Anda terlalu rendah dari batasan tersebut. Untungnya, Forza 4 memberikan opsi untuk langsung meng-upgrade (atau downgrade) mobil ketika ingin memasuki pertandingan yang tidak cocok dengan kelas mobil Anda. Anda juga bisa melepas batasan kelas tersebut melalui setting tingkat kesulitan. Namun, tentu saja tindakan ini akan memengaruhi besarnya uang yang Anda terima ketika memenangkan pertandingan.

review forza motorsport 4 jagatreview 013
Part upgrade yang dapat dibeli cukup banyak jenisnya

Percantik Mobil Anda!

Balapan dengan menggunakan mobil super cepat bukan berarti Anda tidak memikirkan penampilan ‘kan? bahkan, Forza 4 mendorong Anda untuk membangun penampilan mobil yang unik melalui feature membuat vynil. Setiap vynil yang Anda buat sendiri bisa menampung sekitar 1000 lapisan gambar! Jadi, Anda dapat membuat gambar yang kompleks untuk kemudian ditempel di mobil Anda. Selain itu, Anda juga dapat meng-upload gambar tersebut ke server Forza 4 dan pemain lain dari seluruh dunia dapat menempelnya di mobil mereka!

review forza motorsport 4 jagatreview 014
Buat dan tempel vynil di mobil Anda

Kemudian apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik mobil? Tempelkan saja beragam part untuk mengubah bentuk body mobil Anda. Walaupun part ini pada dasarnya berguna untuk mendukung performa mobil, tidak ada salahnya bila mereka juga digunakan untuk membuat mobil terlihat keren. Kemudian, Anda dapat menggunakan fasilitas foto untuk membuat gambar dari mobil tersebut. Feature foto ini juga tidak kalah kompleksnya. Selain dapat mengatur beragam setting layaknya kamera DSLR, ia juga memberikan akses ke beragam jenis efek foto, seperti sephia dan hitam putih.

Beragam Feature Tambahan yang Menarik

Forza 4 memiliki banyak feature tambahan yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Apalagi dukungan game ini terhadap Kinect merupakan sesuatu yang menarik untuk digarap. Pertama, Anda diberikan akses untuk memainkan game ini dengan menggunakan Kinect. Hal ini tentu saja akan melelahkan. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri merupakan pengalaman bermain simulasi balapan yang menarik untuk dicoba. Anda juga dapat menggunakan Kinect hanya untuk feature Head Tracking saja. Pada feature ini, Kinect akan mendeteksi gerakan kepala Anda untuk menggerakkan kamera. Jadi, Anda dapat melihat kaca spion ketika berada di dalam kokpit mobil hanya dengan menengok sedikit saja!

review forza motorsport 4 jagatreview 015
Mode foto menawarkan banyak fungsi layaknya kamera DSLR
review forza motorsport 4 jagatreview 016
Temukan mobil dambaan hati Anda dan kumpulkan uangnya!

Game ini juga mendukung feature menarik lain yang tidak kalah kerennya, seperti penggunaan multi monitor, online market untuk melelang mobil Anda (atau membelinya), mengatur kartu profil yang merupakan identitas Anda di dunia Forza 4 online, dan menyewa pengemudi untuk menggantikan Anda ketika lelah balapan (dengan bayaran setengah dari hadiah uang dan Anda tidak mendapatkan poin pengalaman). Selain itu, Anda juga dapat bermain bersama rekan Anda dalam mode split screen. Bila Anda memiliki layar yang besar, mode permainan ini merupakan opsi menarik untuk dimainkan bersama teman.

Kesimpulan

Bila Anda mencintai balapan simulasi dan mobil keren, maka Forza 4 merupakan surga untuk Anda! Begitu banyak feature menarik yang dapat Anda selami dan dukungan tampilan yang begitu indah seakan membuatnya sempurna. Dari semua feature yang ditawarkannya, Auto Vista keluar sebagai sebuah permata paling berkilau. Mode ini bagaikan mimpi menjadi kenyataan untuk para pecinta mobil kencang.

Kelebihan

  • Simulasi balapan yang seru
  • Banyak feature yang menarik untuk pecinta mobil
  • Upgrade mobil dan tuning yang kompleks
  • Perangkat “membuat vynil” yang menarik
  • Koleksi mobil dengan jumlah yang besar
  • Mobil dapat mengalami kerusakan hingga mati mesin

Kekurangan

  • Harus instalasi DVD kedua untuk akses mobil terbaik
  • Tidak dapat skip ketika komentator berbicara terutama ketika mengikuti World Tour
  • Terlalu mudah mendapatkan poin affinity dan mendapatkan diskon 100 persen

Cocok Untuk Gamer

Pecinta mobil balap dan penggemar simulasi balapan.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Penggemar balapan arcade.

Info

Sistem: XBOX 360
Publisher: Microsoft Game Studios
Developer: Turn 10
Jenis: Racing Simulation
Batas Umur: Semua umur

Website Resmi

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…