Review CM Storm Quickfire Rapid: Keyboard Mekanik Andalan Untuk Gamer

Author
David Novan
Reading time:
December 13, 2011

Bila seorang tentara dalam peperangan menganggap senjata sebagai penyambung nyawanya, maka bagi gamer memiliki peripheral andalan adalah sebuah keharusan! Bahkan, bagi beberapa jenis gamer, seperti gamer profesional yang mencari uang dari bermain game, keyboard gaming yang dapat memberikan respons cepat dapat menentukan menang dan kalah. Namun, bukan berarti gamer biasa tidak berhak mendapatkan keyboard gaming sekelas profesional. Sebab, semakin banyak gamer yang bermain melalui multiplayer online dan mereka jelas tidak mau kalah!

review cm storm quickfire rapid jagatplay 001

CM Storm Quickfire Rapid merupakan keyboard mekanik yang dirancang khusus untuk gamer dengan kebutuhan akan peripheral yang responsif dan akurat. Bila dilihat dari jenisnya saja, pengguna keyboard yang cukup banyak mengetahui mengenai seluk beluk peripheral ini tentu langsung mengerti mengapa keyboard mekanik lebih baik dari jenis biasa. Sebelum membahas mengenai kemampuan keyboard ini di dalam bermain game, ada baiknya Anda sedikit mengetahui mengenai perbedaan keyboard biasa dan mekanik.

Keyboard Mekanik Lebih Baik?

Ungkapan mekanik sebenarnya lebih mengarah kepada konsep fungsi di balik tombolnya. Keyboard yang biasa Anda gunakan, baik di kantor maupun di rumah, menggunakan lapisan karet membal di bawah tombolnya. Cara inilah yang digunakan untuk mengeluarkan huruf atau angka yang Anda tekan di keyboard. Lalu, apa yang membuat keyboard mekanik lebih baik dari jenis biasa? Pada keyboard mekanik, karet membal tersebut digantikan oleh saklar yang memiliki tingkat kepekaan lebih tinggi. Jadi, setiap tombol yang ada di keyboard diwakili oleh sebuah saklar!

review cm storm quickfire rapid jagatplay 002
Tombol tambahan untuk multimedia ada di daerah tombol fungsi

Mengapa cara ini membuat keyboard mekanik menjadi lebih baik? Ketika Anda menggunakan keyboard biasa, kemembalan karet yang ada di bawah tombol menjadi batasan untuk Anda menekan dengan cepat. Batasan ini tidak bisa dicabut begitu saja dengan menggunakan pooling rate yang lebih baik sekalipun. Namun, dengan menggunakan saklar mekanik, Anda dapat menekan dengan cepat akibat mekanisme saklar yang memang dirancang khusus.

Untuk mendukung kecepatan dan kepekaan CM Storm Quickfire Rapid, saklar yang digunakan adalah Cherry Black. Perlu Anda ketahui bahwa saklar ini memang diciptakan khusus untuk bermain game! Sama seperti Cherry Blue yang diciptakan khusus untuk mengetik dengan bunyi “klik”-nya yang khas. Oleh karena itu, gamer dengan kecepatan jari yang tinggi dapat mengeluarkan kemampuan maksimalnya!

review cm storm quickfire rapid jagatplay 003
Keyboard ini tidak memiliki numpad!

Cherry Black memiliki “feel” yang dalam bila dibandingkan dengan keyboard biasa. Hal ini wajar saja, sebab Cherry Black memiliki jarak sedalam 2mm untuk mengaktifkan tombol dan 4mm hingga titik terdalam. Apa untungnya untuk gamer? Anda dapat menekan hingga 2mm saja untuk mendapatkan fungsi tombol, mengangkat jari sedikit saja (misalnya sebesar 0.5mm), dan menekan lagi untuk kembali mengaktifkannya! Keyboard ini bisa melakukannya; kini tinggal jari Anda yang ditantang untuk menjalankannya!

Performanya ketika memainkan game menjadi jauh di atas rata-rata. Kecepatan jari Anda dapat didukung sepenuhnya ketika menggunakan keyboard ini. Apalagi, CM Storm Quickfire Rapid mendukung konsep penekanan tombol nKey. Artinya, Anda dapat menekan sebanyak apapun tombol secara bersamaan dan semua akan dijalankan saat jari Anda menekannya. Tidak ada delay sedikit pun! Hal ini tentunya sangat membantu untuk gamer action dan RTS yang harus selalu mampu menekan tombol dengan cepat.

review cm storm quickfire rapid jagatplay 004
Penggunaan saklar Cherry Black membuat keyboard lebih tebal

Desain Ringkas

Keyboard mekanik untuk gamer biasanya mengutamakan respons dan kepekaan, hingga pada akhirnya tidak memberikan fitur yang biasa ada di keyboard gaming biasa. Jadi, Anda tidak dapat menemukan tombol macro untuk merekam banyak tekanan dalam satu tombol. Begitu juga dengan CM Storm Quickfire Rapid yang memiliki desain begitu sederhana. Anda hanya dapat menemukan rancangan keyboard biasa saja. Bahkan, Anda tidak dapat melihat kehadiran tombol numeric pad yang biasanya ada di sebelah kanan keyboard!

review cm storm quickfire rapid jagatplay 005
Bagian bawah keyboard memiliki jalur untuk peletakkan kabel

Mengapa CM Storm Quickfire Rapid begitu ringkas? Kemungkinan besar desain ini berguna untuk menekan harga penjualannya. Setiap tambahan saklar Cherry Black yang ada di keyboard merupakan ongkos lebih yang harus Anda bayarkan ketika membelinya. Jadi, dengan berkurangnya jumlah total tombol di CM Storm Quickfire Rapid, maka harganya bisa lebih terjangkau. Harga retail keyboard ini adalah Rp.820.000, sebanding dengan keyboard gaming biasa yang dapat Anda temukan di pasaran Indonesia. Namun dengan kemampuan yang jauh lebih baik!

Ketebalan CM Storm Quickfire Rapid juga terasa lebih tinggi bila dibandingkan keyboard biasa. Hal ini lagi-lagi disebabkan ukuran saklar Cherry Black yang memang cukup besar. Jadi, telapak tangan Anda akan sedikit lebih tinggi posisinya ketika menggunakannya. Sayangnya, CM Storm Quickfire Rapid tidak menyertakan arm rest di bagian bawah keyboard. Anda harus memberikan bantalan tambahan bila ingin menggunakannya dengan nyaman.

review cm storm quickfire rapid jagatplay 006
Bila PC Anda tidak memiliki konektor USB, disediakan konverter ke PS/2 dalam paket penjualan

Komposisi tombol pada CM Storm Quickfire Rapid juga tidak jauh berbeda dengan keyboard biasa. Terus terang hal ini menguntungkan pengguna yang masih butuh mengetik ketika menggunakan keyboard ini. Namun, feel-nya yang terasa dalam mungkin akan sedikit mengagetkan pengguna casual dan membutuhkan waktu untuk terbiasa. Namun, secara keseluruhan CM Storm Quickfire Rapid sangat nyaman untuk mengetik dalam waktu lama.

Berbicara mengenai kenyamanan, keyboard ini juga menyertakan fungsi tambahan untuk pengguna multimedia. Pada jajaran tombol fungsi (F1 – F12), Anda dapat menemukan pengendalian media player dan pemutar lagu. Fungsi berguna seperti Play, Stop, Pause, Volume, dan Skip dapat Anda gunakan langsung tanpa perlu menginstall driver. Cukup hubungkan konektor USB dari keyboard ke PC dan semua fungsi itu dapat Anda gunakan!

review cm storm quickfire rapid jagatplay 007
Quickfire juga menyediakan alat pencabut tombol dan tombol pengganti untuk bermain game

CM Storm Quickfire Rapid juga menyertakan alat pencabut tombol. Anda dapat menggunakannya untuk mencabut tombol dari keyboard dan diganti dengan tombol khusus untuk gaming. Posisi WASD yang merupakan bagian vital dalam gaming dapat diganti menjadi tombol arah berwarna kemerahan. Untuk gamer yang merasa terganggu dengan tombol Windows dapat mematikannya melalui fungsi tambahan yang ada di atas.

Kelemahan terbesar dari CM Storm Quickfire Rapid adalah tidak adanya backlight untuk menerangi tombol keyboard. Hal ini menjadi sangat penting mengingat kebanyakan gamer suka bermain di kamar yang agak gelap, di game center yang gelap, dan di daerah pertandingan yang sengaja dibuat agak gelap untuk membuat pertandingan terasa lebih dramatis. Jadi, Anda harus benar-benar hafal letak semua tombol bila ingin menggunakan keyboard ini di tempat gelap!

review cm storm quickfire rapid jagatplay 008
Tampilan keyboard setelah mengganti tombolnya dan bentuk ujung saklar Cherry Black

Kesimpulan

CM Storm Quickfire Rapid adalah keyboard mekanik yang ringkas, responsif, dan memiliki kepekaan yang tinggi. Semua itu tercapai berkat dukungan saklar Cherry Black yang dirancang khusus untuk bermain game. Sayangnya, seperti keyboard mekanik gaming kebanyakan, Anda tidak dapat menemukan tombol “pembantu” macro. Gamer online yang biasa menggunakan tombol numpad sebagai shortcut skill tambahan juga akan kecewa dengan keyboard ini. Namun, peformanya dalam bermain game, terutama game action dan RTS, tidak diragukan lagi kehebatannya!

Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…