5 Most Anticipated Gaming Device in 2012

Reading time:
December 7, 2011
jagatplaylogo11

Teknologi memang didesain untuk membuat seluruh aspek kegiatan manusia untuk berjalan lebih efektif dan efisien, bahkan untuk hal remeh-temeh seperti mencari kesenangan. Jika di masa lalu, permainan lebih difokuskan pada kegiatan fisik yang menyenangkan, teknologi mampu menghadirkan sensasi yang sama tanpa membuat manusia perlu beraktivitas terlalu banyak. Salah satu bukti yang paling nyata adalah kehadiran video game sebagai salah satu hiburan mainstream saat ini. Namun seperti teknologi pada umumnya, perkembangan juga tidak terpisahkan dari video game.

Jika di masa lalu penemuan akan teknologi yang lebih baik seringkali terjadi dalam rentang waktu yang lama, maka semuanya bergerak dalam kecepatan yang lebih ekstrim di masa modern ini. Hanya dalam waktu satu tahun, beragam inovasi dan penyempurnaan fungsi sudah mampu dilakukan. Bahkan tidak jarang para produsen dan peneliti menghasilkan sesuatu yang benar-benar baru dan menjadi jembatan bagi teknologi yang lebih maju. Untuk mereka yang berkecimpung di dunia komersial, satu tahun adalah waktu yang cukup lama untuk meluncurkan serangkaian produk baru dengan kualitas yang tentu lebih baik. Industri game juga tidak berbeda.

Dalam satu tahun, industri game tentu akan berkembang lebih pesat, tidak hanya dari segi perangkat lunak, tetapi juga perangkat keras yang dihadirkan. Apalagi konsol dan handheld yang selama ini menemani para gamer mulai dikategorikan sebagai teknologi lawas yang tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan para gamer secara maksimal. Sementara itu di sisi lain, dunia game mobile dan social gaming tumbuh dengan masif berkat dukungan manufaktur yang terus melahirkan tablet dan smartphone yang lebih pintar dan bertenaga. Kedua fenomena inilah yang akan menjadi pondasi kehidupan industri gaming di tahun 2012 mendatang.

Beragam rumor memang sudah tersebar liar, terutama berhubungan dengan perangkat gaming apa saja yang akan dirilis pada tahun 2012 mendatang. Namun yang dapat dibuktikan dan dikonfirmasikan oleh pihak-pihak yang berkepentingan di dalamnya masih terhitung minim. Oleh karena itu, untuk mencegah ekspektasi yang mungkin berujung kekecewaan, sekaligus untuk membantu Anda mempersiapkan budget yang ada,  artikel ini dibuat. Jadi, apa saja 5 perangkat gaming yang patut Anda tunggu di tahun 2012 mendatang? Here are the 5 most anticipated gaming devices in 2012:

5. Laptop Gaming

gaming laptop1

Anda mungkin bingung dengan pilihan nomor 5 ini, karena laptop gaming sendiri bukanlah teknologi baru. Namun, jika kita mencermati bagaimana PC kini mulai dapat menempatkan diri sebagai perangkat utama yang dilirik oleh para produsen video game, laptop gaming menjadi krusial. Lihat saja bagaimana Electronic Arts kini mulai berfokus untuk menjadikan Frostbite Engine 2.0 sebagai engine grafis utama untuk game-game selanjutnya yang akan dirilis: Battlefield 3, Need for Speed The Run, hingga Army of Four yang kini masih dalam tahap pengembangan. Laptop gaming mulai bergeser menjadi alternatif terbaik bagi para gamer yang ingin menyalurkan hasrat gamingnya dimanapun secara maksimal.

Jadi laptop gaming seperti apa yang Anda butuhkan? Laptop berkekuatan minimal processor 4 thread, RAM 4 GB, dan VGA Nvidia GT555M GDDR3 di dalamnya tampaknya akan cukup untuk mengatasi semua game PC yang mungkin hadir di tahun 2012 mendatang. Budget yang perlu disiapkan? Setidaknya 9 juta rupiah dengan kemungkinan lebih murah seiring tahun berjalan.

4. iPhone 4S

iphone 4s2

Sejak diumumkan pada bulan Oktober 2011 kemarin, iPhone 4S memang lahir menjadi sebuah primadona baru. Kebanyakan penggila gadget tentu penasaran dengan kemampuan SIRI yang diusungnya, namun bagi gamer kemampuan CPU – GPU nya lah yang membuatnya kian menarik. Dengan dua kali kemampuan CPU dan tujuh kali kemampuan GPU seri sebelumnya, iPhone 4S sudah pasti akan mampu memaksimalkan fungsinya sebagai sebuah ponsel multimedia, termasuk fungsi gaming yang mumpuni.  Apalagi iOS memang sudah terbukti mampu menghadirkan game-game dengan visualisasi yang memesona di dalamnya, tidak hanya sekedar fun. Infinity Blade dan Epic Citadel dengan Unreal Engine membuktikan itu.

Mengapa iPhone 4S? Dengan kemampuannya yang lebih baik, para developer game mobile tentu semakin melirik perangkat ini sebagai pasar potensial untuk digali. Chair Entertainment sudah membuktikan bagaimana Infinity Blade II yang baru dirilis Desember ini mampu menghadirkan kualitas visualisasi yang mencenangkan. Beragam details dan efek mampu ditampilkan dengan begitu baik berkat kemampuan iPhone 4S. Hanya tinggal waktu hingga developer yang lain mulai melakukan hal yang sama. Harga? Belum diketahui dengan pasti harga yang akan dirilis Apple secara resmi untuk pasar Indonesia.

3. Tablet Android Nvidia Tegra 3

asus transformer prime21

Siapa yang mengira bahwa sebuah tablet kini mampu berjalan dengan kemampuan processing sebuah PC. Inilah yang berusaha diwujudkan oleh Nvidia yang sudah mempersiapkan processor quad-core Tegra 3 nya untuk pasar tablet dan smartphone di tahun depan. Beberapa manufaktur juga sudah menyatakan diri siap untuk mempersenjatai diri dengan “otak terbaru” ini. Beragam demo juga sudah memperlihatkan bagaimana Tegra 3 mampu menghasilkan visualisasi yang jauh lebih baik untuk video game Android daripada seri processor sebelumnya.

Mengapa Tablet Androd Nvidia Tegra 3? Nvidia mungkin menyediakan processor mobile paling mumpuni saat ini lewat Tegra 3, namun tanpa kata “Android”, ia tidak akan tumbuh menjadi apapun. Sistem operasi milik Google ini menjadi kunci utamanya. Sebagai OS yang open-source, ia tentu membuka lebar potensi yang ada di Nvidia Tegra 3 untuk dimaksimalkan oleh developer manapun di seluruh dunia. Semua berkesempatan menjajalnya, menentukan, dan membangun yang terbaik untuk processor ini. Oleh karena itu, dapat dipastikan akan ada banyak game berkualitas, terutama dari segi visual, untuk tablet yang satu ini. Range harga untuk memilikinya? Para manufaktur mempersiapkan generasi pertama dengan range harga USD 400 – USD 700. Nvidia sendiri memprediksikan harga yang lebih murah di pertengahan tahun 2012.

2. Nintendo Wii-U

wii u controller

Kebijakan Nintendo untuk merilis Wii-U ke pasaran memang tidak populer. Ketika dunia memberikan ekspektasi yang tinggi akan inovasi yang selama ini menjadi ciri khas Nintendo, ia justru hadir dengan sebuah konsep gaming konvensional yang tidak menawarkan hal baru apapun. Pada ajang E3 2011 silam, lewat sebuah konferensi pers yang cukup membingungkan, Nintendo mengenalkan Wii-U kepada dunia dengan kontroler berisikan LCD-nya yang unik. Walaupun tidak disambut dengan antusias, namun bukan berarti konsol yang satu ini tidak layak untuk ditunggu. Kita sedang membicarakan Nintendo di sini, bukan sebuah perusahaan game yang baru lahir tahun lalu. Pengalamannya yang sudah banyak makan asam garam di industri game sudah cukup menjadi jaminan.

Mengapa Nintendo Wii-U? Untuk sebuah konsol yang rencananya akan dirilis tahun 2012 mendatang, Wii-U memang sangat minim informasi. Kita bahkan belum tahu game apa saja yang akan dihadirkan di sana dan format gameplay dan fitur seperti apa yang ditawarkan. Namun kualitas grafis mumpuni, konsep gaming hybrid konsol-handheld-mobile, kualitas yang selama ini diperlihatkan oleh Nintendo, dan kemampuan Nintendo untuk terus berinovasi seolah menyiratkan sebuah kepastian bahwa Nintendo Wii-U akan mampu tampil memukau. Belum ada kepastian soal harga, namun Nintendo sendiri mengkonfirmasikan bahwa Wii-U akan lebih mahal daripada konsol generasi sebelumnya. Sediakan saja minimal budget USD 350.

1. Playstation Vita

PS Vita final1

Tidak diragukan lagi, pliihan gaming device yang paling harus Anda miliki di tahun 2012 jatuh pada handheld teranyar Sony – Playstation Vita. Perangkat gaming ini sendiri memang tampil memesona lewat beragam fitur yang ditawarkan di dalamnya. Kualitas grafis sekelas konsol saat ini, dukungan developer dan lusinan game eksklusif, sinkronisasi dengan Playstation 3, media gaming NGV dan memory card dengan kecepatan yang mengagumkan, dan dukungan kemampuan online menjadi alasan utama mengapa PS Vita menjadi gaming device yang sangat menarik saat ini. Apalagi Sony juga menyediakan harga yang masuk akal untuk versi 3G dan non – 3G nya.

Mengapa Playstation Vita? Jika Anda termasuk salah satu gamer yang menginginkan sebuah perangkat handheld mumpuni, maka PS Vita adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya berkesempatan menjajal lusinan game baru dengan kualitas konsol dalam genggaman, PS Vita juga didukung backward compability, sehingga Anda masih dapat memainkan game lawas PSP atau bahkan game dari masa kejayaan PS 1 dan PS 2. Bahkan dirumorkan, PS Vita akan mampu menjalankan fungsi sebagai layar kedua ketika Anda memainkan game di PS 3. PS Vita sendiri memang akan dirilis pada Desember ini di Jepang dan Februari untuk Zona Eropa. Beberapa toko di Indonesia juga sudah menyediakan pre-order untuknya. Untuk menjadi yang pertama mendapatkannnya? Siapkan dana dari Rp 3.5 juta – Rp 4.5 juta, dengan kisaran harga game original Rp 500 ribu – 700 ribu / buah.

Selain kelima perangkat gaming di atas yang layak ditunggu, tahun 2012 juga akan menjadi tahun yang krusial bagi para gamer untuk mendapatkan kebenaran atas beberapa rumor yang beredar kencang belakangan ini. Seperti yang kita tahu, banyak rumor yang menyatakan bahwa Microsoft dan Sony kini sedang bekerja mengembangkan konsol generasi selanjutnya dan berencana untuk memperkenalkannya di tahun 2012 mendatang. Tidak diragukan lagi, tahun 2012 akan menjadi tahun yang menegangkan sekaligus menyenangkan untuk para gamer.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Adakah dari Anda yang berencana untuk membeli salah satu dari kelima perangkat di atas di tahun 2012 mendatang? Atau Anda punya rencana untuk membeli gaming devices yang lain? Jangan ragu untuk berbagi.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…