NostalGame: Jackie Chan Stuntmaster

Reading time:
December 21, 2011
Jackie Chan Stuntmaster 1

Siapa yang tidak mengenal nama Jackie Chan saat ini? Hampir semua penikmat film, baik di Asia maupun belahan dunia lainnya pasti mengenal sosok yang satu ini. Tidak berlebihan jika menyebutnya sebagai seorang jenius yang berhasil membawa film laga ke arah yang berbeda. Daripada sekedar mempertontonkan gerakan-gerakan bela diri yang indah, Jackie juga terkenal mampu meramu adrenalin tersebut dengan beragam humor yang sudah pasti memancing tawa. Jackie bukanlah seorang aktor belaka, ia berkembang menjadi seorang legenda.

Salah satu ciri khas seorang Jackie Chan yang pantas mendapatkan acungan jempol adalah komitmennya untuk tidak menggunakan stunt-man ketika dituntut melakukan beragam adegan berbahaya di layar lebar. Ia juga terkenal dengan kelenturan dan kelincahan gerakan bela diri yang mampu ia tampilkan dengan apik. Sebuah kualitas dan keberanian yang semakin membuat namanya kian terkenal di kancah dunia. Kemampuan yang bahkan mampu menarik perusahaan game sebesar Midway di kala itu.

Popularitas yang dicapai Jackie Chan di dunia Barat membuatnya dilirik oleh beragam industri, termasuk industri game di dalamnya. Tidak menghenrankan jika ia tampil sebagai aktor laga China kedua setelah Bruce Lee yang memiliki judul game eksklusifnya sendiri. Bekerja sama dengan Radical Entertainment dan Midway Games, Jackie Chan akhirnya terlahir kembali dalam sebuah model tiga dimensi yang dapat Anda kendalikan lewat kontroler Playstation 1. Dirilis pada tahun 2000 silam, game yang diberi nama Jackie Chan Stuntmaster ini terhitung cukup sukses di pasaran, khususnya pasar bajakan Indonesia yang begitu familiar dengan aktor yang satu ini.

Walaupun hadir sebagai sebuah game beat’em up klasik dengan gameplay yang tidak banyak berbeda dibandingkan game lain yang bergenre sama, Jackie Chan Stuntmaster mampu menghasilkan sebuah sensasi yang berbeda. Radical Entertainment memperlihatkan keseriusan dengan membangun atmosfer yang begitu kental dengan “rasa Jackie Chan”, dari gerakan hingga setting permainan. Kualitas grafisnya yang masih begitu kasar dan penuh kotak mungkin terlihat sebagai kelemahan terbesar, namun bagi saya pribadi, ia menjadi salah satu hal yang membuat Stuntmaster begitu melekat di otak. Apalagi jika Anda ingat bagaimana wajah Jackie Chan terpampang dengan gaya yang cukup “aneh” dalam polygon ini.

Plot

Jackie Chan Stuntmaster 4
Organisasi misterius inilah yang menculik kakek dan paket berharga milik Jackie

Siapa karakter yang akan Anda perankan dari sebuah game Jackie Chan Stuntmaster? Tentu saja Jackie Chan sendiri! Di sini, Jackie diceritakan bekerja sebagai salah satu kurir sang kakek di kota New York, Amerika Serikat. Pada suatu waktu, sang kakek menugaskan Jackie untuk mengirimkan sebuah paket misterius ke Kuil Shaolin. jackie yang tidak memiliki prasangka apapun tentu menganggap tugas kali ini hanya merupakan bagian dari pekerjaannya di hari-hari biasa. Namun, sesuatu yang mengejutkan terjadi. Sang kakek tiba-tiba diculik oleh sekelompok orang yang tidak dikenal bersama dengan paket penting tersebut. Jackie Chan tentu tidak tinggal diam. Dimulailah petualangan untuk menyelamatkan sang kakek.

Jackie Chan Stuntmaster 20
Gameplay klasik khas Beat'em Up!

Gameplay yang ditawarkan oleh Jackie Chan Stuntmaster merupakan murni sebuah game beat’em up. Anda hanya perlu mengalahkan setiap musuh yang muncul dengan beragam kombo serangan sederhana dan grab. Semuanya dilakukan sembari memastikan agar HP Anda tidak menyentuh garis dasar bar. Sebagian besar musuh dapat dikalahkan dengan tombol kombinasi serangan tangan dan kaki yang tepat. Tidak hanya itu saja, game ini juga menyediakan kemampuan roll untuk menghindari sebuah serangan dengan cepat dan counter untuk membalikkan serangan musuh sembari menghasilkan damage yang besar.

Apa yang Saya Sukai dari Jackie Chan Stuntmaster?

Jackie Chan!!

Jackie Chan Stuntmaster 2
Sang legenda kini tampil dalam model tiga dimensi

Sebagai salah seorang penikmat dan penggemar karya-karya Jackie Chan sejak kecil, Jackie Chan Stuntmaster terlihat sebagai kesempatan terbaik untuk bermain peran sebagai aktor laga kawakan idola, walaupun hanya dalam bentuk video game saja. Anak kecil dan remaja mana yang tidak mengagumi sosok jagoan yang mampu bertarung dengan baik ini, terutama setiap kali Jackie Chan muncul dalam film-film layar lebar yang ditayangkan televisi swasta Indonesia. Hebatnya, Radical Entertainment mampu menghadirkan atmosfer yang serupa dengan film action yang biasa dibintangi olehnya, dari segi setting hingga action dalam cut-scene. Desain karakter Jackie Chan sendiri cukup representatif, walaupun hadir dalam bentuk polygon yang kasar dan kotak.

Martial Arts in Action

Jackie Chan Stuntmaster 22
The famous drunken fist!

Satu hal yang cukup membuat Jackie Chan Stuntmaster tampi memesona adalah beragam animasi gerakan serangan dan menghindar yang memiliki ciri khas KungFu yang kental. Mengeksekusi setiap darinya benar-benar membuat Stuntmaster tampil seolah sebuah film aksi yang dibintangi oleh jackie Chan. Semua kombinasi gerakan ini tampil halus dengan penuh detail, tahap per tahap. Terang saja, Radical Entertainment memang mendatangkan Jackie Chan secara langsung ke studio sebagai aktor motion capture untuk setiap gerakan ini. Sebuah keputusan yang tepat untuk memunculkan “rasa Jackie Chan” dengan komposisi terlengkap.

Senjata-senjata “Ajaib”

Jackie Chan Stuntmaster 45
I'm using Tuna as a weapon, your argument is invalid

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari sebuah pertarungan tangan kosong selain menemukan sebuah senjata dan menjadi perpanjangan serangan yang efektif. Sepanjang perjalanan Jackie mencari sang kakek, beragam senjata “ajaib” akan tersedia untuk Anda gunakan. Seperti pada film aksinya yang biasa, jackie tetap bisa melempar kursi dan meja untuk memberikan ekstra damage pada musuh yang datang bergerombol. Namun, tidak jarang, Anda akan menemukan sesuatu yang lebih aneh dan ajaib sebagai sebuah senjata. Tidak percaya? He fights with giant tuna, your argument is invalid.

Cut-Scene Sinematik Ala Film Jackie Chan

Jackie Chan Stuntmaster 27
Melihat cut-scene sinematik seperti ini biasanya akan mengingatkan Anda pada film tertentu Jackie Chan

Jackie Chan Stuntmaster tidak mengandung nama “Stuntmaster” tanpa alasan yang jelas. Game ini harus diakui berhasil menangkap berbagai momen epik stunt yang dilakukan oleh seorang Jackie Chan di beragam film yang sudah ia bintangi. Kesan ini diperkuat dengan beragam cut-scene yang ditampilkan di dalam game yang satu ini. Anda akan merasakan kesan adegan film yang kuat. Bahkan jika Anda merupakan salah satu penggemar berat, Anda akan dapat langsung menebak dari film apa saja adegan serupa pernah terjadi. Beberapa cut-scene bahkan datang dengan unsur humor khas Jackie Chan yang begitu familiar.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…