Review Anno 2070: Kota Masa Depan Nan Menggoda

Author
David Novan
Reading time:
December 21, 2011

Game dengan genre simulasi membangun kota bisa disamakan dengan binatang langka dalam dunia game. Berkat keputusan “mudah” perusahaan besar game, yaitu memperbanyak produksi game dengan tema action yang mudah dimainkan dan dapat diterima gamer mainstream, game simulasi kota menjadi barang yang sulit ditemui. Lebih parahnya, perusahaan game lain mengikuti jejak mereka dan penggemar genre ini semakin ditinggalkan. Untungnya, masih ada perusahaan yang setia membuat game simulasi membangun, seperti Anno 2070, game terbaru dari seri Anno yang terkenal dengan kerumitannya.

review anno 2070 jagatplay 001

Bila Anda termasuk penggemar setia seri Anno khususnya dan simulasi membangun umumnya, Anno 2070 tentunya menjadi angin segar yang ditunggu kehadirannya. Apalagi Anno 2070 merupakan satu-satunya seri membangun kota yang muncul di musim liburan akhir tahun 2011 ini. Namun, kehadirannya tentu tidak boleh langsung ditelan bulat-bulat begitu saja. Sebab, satu ciri yang paling khas dari gamer penggemar genre membangun kota adalah keinginannya untuk memainkan simulasi membangun yang rumit, penuh perhitungan, macro ekonomi dengan beragam intriknya, dan tentu saja mengaturnya menjadi kota impian. Apakah Anno 2070 pantas untuk Anda mainkan? Temukan dalam paparan kami berikut ini.

review anno 2070 jagatplay 002

Kota Masa Depan

Tema yang diusung dalam Anno 2070 seakan membanting setir dari seri Anno sebelumnya. Bila sebelumnya Anno menggunakan tema waktu di abad pertengahan, maka Anno 2070 meluncur jauh ke depan, yaitu masa depan tepatnya pada tahun 2070. Pada masa ini, permukaan Bumi telah mengalami perubahan yang drastis akibat pemanasan global. Akibatnya, lapisan es di kedua kutub mencair dan menenggelamkan permukaan Bumi dengan ketinggian rendah, termasuk Indonesia! Oleh sebab itu, manusia yang bertahan hidup berlomba untuk menguasai tanah yang tersisa.

Perbedaan tema ini tentu saja memberikan perubahan yang besar terhadap beberapa fitur dalam Anno 2070 bila dibandingkan dengan seri Anno lain. Pertama tentu saja bentuk gedung yang bisa Anda bangun. Kemudian, Anda akan diperkenalkan dengan Ark, markas besar Anda. Ark merupakan bangunan terapung super canggih yang terpisah dari kota Anda. Kegunaannya juga cukup banyak dan akan kami bahas lebih lengkap nanti.

review anno 2070 jagatplay 003

Bila Anda adalah pemain yang tidak terbiasa dengan seri Anno, maka bersiaplah untuk banyak belajar. Sebab, ciri khas yang selalu dibawa Anno adalah simulasi membangun kota dengan konsep mata rantai ekonomi. Anno berbeda dengan seri membangun kota lain, seperti SimCity dan Cities XL. Pada kedua game tersebut, Anda diminta untuk membangun kota dengan cara membuat plot tanah yang dapat ditempati bangunan dari beragam jenis kegunaan, mengatur pajaknya, memperindah kota dan menyediakan fasilitas untuk mempertinggi nilai tanah, serta mengatur kebijakan pemerintah. Intinya, Anda membangun kota dari kacamata yang luas. Anno jauh lebih dekat daripada itu.

Permainan Anno didominasi oleh pemenuhan kebutuhan dan penyediaan fasilitas pembuatnya. Contohnya, Anda akan diminta untuk membuat perumahan rakyat. Kemudian, rumah tersebut akan meminta kebutuhan dasarnya dipenuhi, seperti makanan, minuman, kebutuhan bersosialisasi, dan hiburan. Tugas Anda adalah menyediakan semua fasilitas yang menghasilkan kebutuhan tersebut. Setelah semuanya terpenuhi, rumah itu akan “upgrade” ke bentuk rumah yang lebih besar. Keuntungan dari upgrade tersebut adalah pajak yang lebih besar, jumlah penduduk lebih banyak dalam satu rumah, dan terbukanya akses menuju fasilitas baru.

review anno 2070 jagatplay 004

Contoh sederhana di atas memperlihatkan seberapa dekat Anda akan terlibat di dalam pemuasan kebutuhan rakyat. Konsep tersebut merupakan bentuk permainan utama dari Anno. Mulai dari pembuatan fasilitas yang dapat langsung menghasilkan barang permintaan hingga membuat rantai produksi dengan melibatkan beberapa fasilitas untuk membuat satu barang jadi. Tantangan utama dari bentuk permainan ini tentu saja ketersediaan tanah untuk dibangun dan sumber daya yang tersedia di pulau Anda. Apalagi, Anda harus bersaing dengan pemain lain yang memiliki kebutuhan sama seperti Anda! Oleh karena itu, kecepatan membangun dan perang sulit dihindari.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

October 18, 2022 - 0

Review Uncharted Legacy of Thieves (PC): Drake Pindah Rumah!

Seperti apa performa dan fitur yang ditawarkan oleh Uncharted Legacy…
September 23, 2022 - 0

Review IMMORTALITY: Misteri Dalam Misteri Dalam Misteri!

Apa yang sebenarnya  ditawarkan oleh IMMORTALITY? Mengapa kami menyebutnya game…
August 19, 2022 - 0

Review Cult of the Lamb: Menyembah Setan Sambil Bertani!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Cult of the Lamb ini?…
August 10, 2022 - 0

Review Marvel’s Spider-Man Remastered PC: Siap Kembali Berayun!

Marvel's Spider-Man Remastered akhirnya tersedia di PC. Apa saja yang…

PlayStation

November 11, 2022 - 0

Review Sonic Frontiers: Gaya Baru, Lumayan Seru!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Sonic Frontiers ini? Mengapa kami…
November 10, 2022 - 0

Review Call of Duty – Modern Warfare II (Multiplayer): Seru yang Serupa!

Apa yang ditawarkan oleh mode multiplayer Call of Duty: Modern…
November 8, 2022 - 0

Wawancara dengan Eric Williams (God of War Ragnarok)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Game Director God of War Ragnarok…
November 3, 2022 - 0

Review God of War Ragnarok: Mitologi Penuh Aksi, Mitologi Penuh Hati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh God of War Ragnarok ini?…

Nintendo

November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
August 4, 2022 - 0

Preview Xenoblade Chronicles 3: Seperti Sebuah Keajaiban!

Kesan pertama apa yang ditawarkan Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…
April 6, 2022 - 0

Review Kirby and The Forgotten Land: Ini Baru Mainan Laki-Laki!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Kirby and the Forgotten…