Review King of Fighters XIII: Seri Klasik Dalam Wajah Baru!

Reading time:
December 20, 2011
KOF XIII 11

Gamer mana yang tidak mengenal franchise game fighting yang satu ini? Sebagai salah satu seri klasik yang berhasil selamat dari kerasnya kompetisi di industri game, King of Fighters selalu mampu tampil sebagai sebuah seri yang berkualitas. Franchise ini sendiri pernah melalui jalur yang terjal untuk mencari format gameplay terbaik, mengikuti perkembangan tren dan teknologi konsol. Ia pernah hadir dalam format model tiga dimensi dengan sistem gameplay yang tergolong sederhana. Respon yang begitu dingin di kala itu berhasil menyadarkan SNK sebagai pihak developer akan arti sebuah KOF bagi gamer penggemar game fighting. KOF selalu tampil lebih baik sebagai sebuah game pertarungan dua dimensi.

Seri terbaru KOF – King of Fighters XIII memang sudah dirilis sejak tahun lalu untuk mesin Arcade. Namun baru pada akhir tahun 2011 ini, SNK membawanya untuk dua konsol utama: Playstation 3 dan XBOX 360. Beberapa penambahan dan perubahan tentu dihadirkan untuk menutupi perbedaan satu tahun waktu rilis yang terjadi. Versi konsol datang dengan beberapa arena, karakter, dan mode permainan yang tidak terdapat di versi Arcade. Namun bagi pecinta KOF Indonesia, ini menjadi kesempatan terbaik untuk menjajal seri terbaru ini, mengingat minimnya jumlah arcade KOF XIII yang tersedia di tanah air. Sebuah kesempatan untuk merasakan kembali sebuah suasana pertarungan yang nostalgic.

Anda yang sudah menyimak preview kami sebelumnya tentu sudah memiliki gambaran akan apa yang ditawarkan oleh King of Fighters XIII. Salah satu impresi yang sudah pasti didapatkan adalah visualisasi yang ditampilkan dengan gaya yang unik. Ilustrasi bergaya anime dan perubahan desain karakter menjadi hal yang tidak mungkin dilewatkan oleh gamer yang familiar dengan seri KOF. Walaupun hadir dalam “kulit” yang baru, KOF tidak lantas melupakan akar yang membuat seri ini begitu dicintai. Seperti apa SNK meramu King of Fighters XIII? Simak review berikut ini.

Plot

Jangan pernah meremehkan plot dari sebuah game fighting. Walaupun seringkali membingungkan karena hadir dari beragam perspektif karakter yang berbeda, namun setiap game fighting pasti memiliki satu inti plot yang menjadi dasar dari semua pertarungan. Hal yang sama juga ditawarkan oleh King of Fighters. Turnamen antar para pertarung terbaik di dunia ini masih berfokus pada peran Ash Crimson dan usahanya untuk menyerap kekuatan dari para keturunan penyegel kekuatan Orochi. Ash sendiri sudah berhasil mengalahkan Chizuru Kagura dan Iori Yagami, dan menyisakan Kyo Kusanagi sebagai korban terakhir.

KOF XIII 121
Ash Crimson masih menjadi fokus di seri KOF kali ini
KOF XIII 951
Jangan terkecoh dengan penampilannya yang terlihat lemah, Saiki (baju putih) adalah "monster"

Di sisi lain, organisasi rahasia “Those From The Past” yang memiliki ketertarikan terhadap Orochi, untuk sekali lagi, menyelenggarakan turnamen King of Fighters. Sang pemimpin, yang dikenal sebagai Saiki membutuhkan energi dari para petarung untuk menjalankan rencana jahatnya. Saiki memerlukan energi ini untuk berjalan melintasi waktu,  mengambil kekuatan Orochi sebelum disegel, dan menggunakannya untuk kepentingannya sendiri. Walaupun terlihat lemah, Saiki adalah sebuah entitas yang luar biasa, bahkan dikenal sebagai “Penguasa Waktu”.  Para petarung yang akhirnya berhasil mencapai akhir turnamen pun dihadapkan pada takdir yang lebih besar, menyelamatkan dunia.

Tidak hanya Saiki yang harus diwaspadai, Ash Crimson juga memiliki rencana tersendiri untuk turnamen kali ini. Apa yang dikejar olehnya? Apa hubungan Ash dengan Saiki? Berhasilkah mereka menyelamatkan dunia? Untuk sekali lagi, nasib dunia KOF terletak pada kecekatan tangan Anda mengendalikan kontroler.

Rasa Klasik dalam Wajah Baru

KOF XIII 53
Mempertahankan format pertarungan dua dimensi adalah keputusan terbaik SNK!

Walaupun hadir sebagai sebuah game yang lahir di penghujung tahun 2011, KOF tetap mempertahankan pertarungan dua dimensi sebagai unsur utama gameplay nya. Namun, jangan langsung meragukan game ini hanya karena desain gameplay nya yang terkesan “jadul” jika dibandingkan dengan franchise lain seperti Street Fighter yang mulai bergeser ke era 2,5 dimensi.  Keputusan SNK untuk tetap mempertahankan format ini justru patut diacungi jempol. Mengapa? Karena format seperti ini menjadi elemen yang sangat krusial untuk memperkuat rasa sebuah game KOF. Sesuatu yang mungkin hanya bisa dimengerti oleh para veteran seri ini.

Walaupun hadir dalam format lawas, bukan berarti SNK tidak menghasilkan sebuah kualitas visualisasi terkini untuk King of Fighters XIII ini. Kualitas animasi yang begitu apik dengan permainan warna kontras yang begitu menawan akan memanjakan mata Anda di kala tangan sibuk berakrobat di atas joystick. Resolusi definisi tinggi yang menjadi keharusan saat ini juga menjadi pendukung akan kualitas gambar dua dimensi yang begitu kuat. Di sisi lain, SNK juga menambahkan sedikit “bumbu” untuk menciptakan rasa baru di seri ini. Sebagian besar karakter mendapatkan perubahan desain, dari postur, wajah, hingga pakaian, namun dengan tetap mempertahankan ciri kuat tiap karakter. Tidak hanya itu saja, ada beberapa karakter yang bahkan hadir dengan gerakan bertarung yang baru karena diceritakan bertumbuh dari seri sebelumnya.

KOF XIII 31
Mai Shiranui kini tampil dengan desain yang membuatnya terlihat lebih muda dan sensual
KOF XIII 371
NEO MAX Super Special Moves - gerakan yang harus dikuasai dan diwaspadai

Untuk urusan gameplay, King of Fighters XIII tidak banyak mengalami perubahan. Ia tetap tampil sebagai sebuah game fighting yang membutuhkan kombinasi putaran d-pad dengan eksekusi satu tombol aksi untuk mengeluarkan jurus. Anda tentu butuh waktu untuk membiasakan diri dengan hal ini mengingat KOF memang cukup dikenal sebagai game fighting dengan gaya putaran d-pad yang unik. Namun tenang saja, command list selalu tersedia untuk Anda pelajari. Sistem pertarungannya sendiri masih mengadopsi seri lama, dimana Anda dapat memilih untuk bertarung secara perseorangan (1 VS 1) atau tim secara bergantian (3 VS 3).

Lantas, apakah KOF XIII tidak menyertakan elemen baru sama sekali di bagian gameplay? Tentu saja ada. Sudah bukan rahasia lagi jika game fighting di masa sekarang pasti menuntut Anda untuk mengumpulkan bar power tertentu sebelum dapat mengeluarkan serangan yang lebih besar dan kuat. Begitu juga dengan KOF XIII. Uniknya, kali ini SNK menambahkan sebuah mode jurus besar bernama NEO MAX Super Special Moves yang menghadirkan damage dan efek yang lebih besar dibandingkan jurus special biasa. Untuk memicunya, Anda dituntut untuk mengisi bar power hingga level maksimum dan mengeksekusinya dengan kombinasi tombol tertentu. Sebuah jurus yang patut Anda kuasai dan waspadai.

KOF XIII 135
Setiap pertarungan kini memiliki misi sederhana yang tertera di sisi kiri layar

Jika Anda memainkan mode single player, maka setiap pertarungan yang Anda lalui akan hadir dengan misi tertentu yang tergolong sederhana. Jika command yang diminta dapat dieksekusi dengan sempurna, maka Anda akan mendapatkan ekstra power untuk bar special moves Anda. Misi yang paling sederhana hanya meminta Anda untuk berputar atau melompat dalam jumlah tertentu, sementara yang lebih kompleks menuntut Anda untuk mengeluarkan jurus atau kombo dalam jumlah tertentu. Walaupun tidak diharuskan, namun menyelesaikan misi seperti ini akan memberikan kontribusi yang cukup besar untuk menentukan hasil akhir pertarungan.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…