Review Soul Calibur iOS: Nostalgia Seri Game Fighting Terbaik

Reading time:
January 25, 2012
Soul Calibur iOS 1

Sebagian besar gamer tentu setuju bahwa seringkali seri pertama yang lahir untuk sebuah franchise adalah seri terbaik yang pernah diciptakan. TIdak hanya karena ia menjadi yang pertama mengusung sebuah konsep original, tetapi karena kecenderungan developer sendiri untuk lebih bekerja keras dan menjadikan seri pertama sebagai mata kait untuk memancing ketertarikan gamer. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kita seringkali menemukan bahwa seri perdana selalu menjadi mahakarya yang memukau dibandingkan seri-seri kelanjutannya. Hal yang sama juga berlaku untuk salah satu franchise game terbaik di industri game – Soul Calibur.

Mungkin banyak gamer yang mengenal game yang satu ini setelah seri keduanya diperkenalkan lewat konsol yang populer di Indonesia – Playstation 2. Namun bagi gamer yang sudah mengikuti sejak seri pertamanya tentu memahami bahwa Soul Calibur tampil terbaik di perilisan seri perdananya. Dirilis di tahun 1998 untuk Arcade, Soul Calibur berhasil menarik perhatian industri game setelah game ini diport untuk konsol legendaris Sega – Dreamcast. Beberapa media game di saat itu bahkan memberanikan diri untuk menilai game ini dengan angka sempurna. Soul Calibur yang diport ke Dreamcst tersebut menjadi sebuah fenomena yang bahkan tidak mudah dilupakan hingga saat ini.

Soul Calibur iOS 2

Ada beberapa poin utama yang membuat seri pertama Soul Calibur ini begitu memorable, bahkan hingga saat ini. Kualitas grafis versi port nya saat itu merupakan salah satu yang terbaik dan mendapatkan banyak pujian karenanya. Tidak hanya itu saja, Soul Calibur versi Dreamcast saat itu juga hadir dengan segudang fitur dan karakter baru yang tidak dapat ditemukan di versi Arcadenya. Kini, lebih dari sepuluh tahun sejak kehadiran awalnya, seri ini akhirnya dihidupkan kembali. Tidak hanya sebagai sebuah media nostalgia, namun juga “media pembelajaran” untuk gamer yang belum pernah merasakan seri ini di awal.  Cara terbaik menikmatinya? Tentu dengan mengenakan kacamata gamer di tahun akhir tahun 1990-an.

Port “nostalgia” ini juga tidak main-main. Tidak dirilis sebagai seri klasik konsol tertentu, Soul Calibur Dreamcast ini dihadirkan untuk perangkat multimedia protable yang kian mampu membuktikan diri – iOS. Benar sekali, sistem operasi mumpuni milik Apple ini menjadi tempat persinggahan Soul Calibur, sekaligus menjadi cara “baru” untuk menikmati sebuah seri klasik dalam genggaman. Namun mampukah seri ini tampil lebih baik dengan keterbatasan yang dimiliki oleh sebuah perangkat mobile? The moment of truth starts now..

Mencicipi Seri Awal dari Franchise Besar

Soul Calibur iOS 3
Beberapa karakter ikonik Soul Calibur sudah hadir sejak seri pertama

Hal terbaik apa yang ditawarkan oleh Soul Calibur iOS? Selain kesempatan untuk memainkan sebuah seri Soul Calibur dalam genggaman, ini mungkin menjadi satu-satunya media bagi sebagian besar gamer untuk mengenal seri pertama Soul Calibur. Seperti yang kita tahu, Dreamcast bukanlah konsol yang terhitung populer di masa kejayaan Playstation 2 di Indonesia. Boleh terbilang, hanya sedikit saja yang pernah mencicipi seri ini secara langsung dan merasakan pengalaman langsung darinya. Memainkan versi port ini akan menjadi pilihan yang paling baik.

Akar franchise Soul Calibur yang selama ini kita kenal sudah menemukan dasar solidnya di Soul Calibur pertama ini. Lusinan karakter ikonik yang menjadi ciri utama seri Soul Calibur selama ini telah dihadirkan, termasuk Nightmare, Sophitia, dan si seksi – Ivy. Bentuk pertarungan khas yang berbasiskan pada penggunaan senjata dan kombinasi gerakan per tombol juga sudah diperlihatkan dengan sangat baik di sini. Kemampuan untuk bergerak dengan lincah dan menyerang pada saat yang tepat akan menjadi strategi yang terbaik.

Mewarisi Kualitas Grafis Sebaik Dreamcast

Soul Calibur iOS 30
Details yang ditampilkan serupa dengan visualisasi ala Dreamcast

Perangkat mobile boleh terbilang sebagai pencapaian teknologi paling revolusioner saat ini. Di masa lalu, tidak ada yang bisa membayangkan bahwa game-game dengan model tiga dimensi dapat berjalan di dalam sebuah gadget yang begitu kecil. Namun, perkembangan teknologi yang ada mampu membuat piranti keras yang ditanamkan pada smartphone saat ini jauh lebih baik dan bertenaga dibandingkan konsol yang lahir dua generasi sebelumnya. Hal inilah yang membuat perangkat iOS seperti iPhone, iPad, dan iTouch mampu mengakomodasi kebutuhan port game-game lawas dengan kualitas tinggi. Setelah Grand Theft Auto III yang tampil memesona, Soul Calibur juga hadir dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Soul Calibur iOS 16
Setting pertempuran yang ada juga ditampilkan dengan baik

Seperti port versi Dreamcastnya yang sempat memesona banyak pihak,  Soul Calibur iOS ini juga datang dengan kualitas grafis yang serupa. Details ditampilkan dengan begitu baik, baik dari segi desain karakter maupun lingkungan pertempuran yang dihadirkan. Karakter-karakter ikonik yang dihadirkan juga ditampilkan dengan visualisasi yang terhitung baik untuk sebuah game lawas. Secara garis besar, game ini tampil layak dan masih cocok dimainkan dengan mata yang kini lebih sering menikmati game-game dengan kualitas grafis tinggi. Kemampuan Namco Bandai untuk mempertahankan salah satu aspek paling memorable dari Soul Calibur ini memang patut diacungi jempol.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…