10 Best Video Game Soundtrack in 2011

Reading time:
January 6, 2012
jagatplaylogo11

Apa yang membuat sebuah game mampu tampil berkualitas dan memorable? Sebagian besar dari kite tentu menjadikan aspek gameplay dan kualitas grafis sebagai aspek penentu yang paling utama. Namun sesungguhnya, video game dibangun dari interaksi antar elemen yang lebih besar dan kompleks daripada sekedar visualisasi dan kenyamanan semata. Kemampuan antar elemen untuk saling melengkapi inilah yang akhirnya akan membangun pengalaman bermain secara keseluruhan. Sebuah game dengan kualitas yang luar biasa biasanya terbangun dari elemen-elemen yang luar biasa pula, termasuk musik di dalamnya.

Musik di dalam video game merupakan salah satu aspek utama yang diperhatikan oleh para developer secara serius. Selayaknya yang dilakukan oleh industri film, tidak jarang developer harus merogoh kocek dengan dalam untuk merekrut para komposer handal untuk menangani urusan yang satu ini. Bagaimana tidak? Musik memang menjadi salah satu pilar yang mampu menentukan keseluruhan pengalaman yang akan dirasakan gamer terhadap satu game tertentu. Ia bertugas untuk membangun mood dan atmosfer yang tepat, sekaligus menjadi sebuah lambang identitas yang tidak tergantikan. Karena perannya yang begitu besar inilah, tidak mengherankan jika musik video game juga tidak luput dari perhatian gamer.

Untuk melengkapi dan menyimpulkan tahun 2011 yang penuh game-game besar, tidak lengkap rasanya jika kita hanya merangkumnya dari sekedar popularitas dan kualitas secara keseluruhan. Dari semua game yang dihadirkan tahun lalu, tidak sedikit yang datang dengan mengusung aspek musik yang begitu memukau. Alunan nada, tempo, dan ritme yang mengalun begitu tepat, menenggelamkan kita pada dunia yang sedang kita mainkan. Beberapa mampu menghadirkan perasaan dan semangat yang membara, perasaan penuh epicness yang membuat bulu kuduk merinding, yang lainnya mampu membuat kita terjebak dalam ketakutan dan aura penuh misteri, atau hanya sekedar membuat telinga nyaman dan mulut yang terus berdendang. Musik video game yang mampu melakukan semua ini harus diakui merupakan salah satu yang terbaik.

Jadi, dari semua game yang dirilis selama jangka waktu satu tahun terakhir ini, apa saja 10 game yang mampu menampilkan musik (theme song / soundtrack) terbaik?

10. Dead Space 2 – The Darkness That Lurks

Composer: Jason Graves

deadspace2 2011 02 07 13 57 08 48
Franchise Dead Space harus diakui merupakan salah satu franchise survival-horror terbaik saat ini. Walaupun terhitung seri baru, namun game ini mampu menampilkan ketakutan lewat beragam elemen surprise dan desain monster yang menyeramkan. Namun hal paling utama yang membuat serial Dead Space menyeramkan justru seringkali datang dari indera pendengar dan bukan penglihatan. Suara-suara berisik di dalam kesunyian luar angkasa yang kelam akan secara otomatis membuat adrenalin kita terpompa untuk waspada. Apalagi dukungan theme song yang diputar selama Anda menjalankan “petualangan kecil” Anda. Dari semua lagu yang ada, “The Darkness That Lurks” masih menjadi lagu yang paling berkesan. Coba saja Anda menutup mata, membayangkan Anda berada di dalam sebuah ruangan gelap nan sempit, lalu mendengarkan lagu ini. Kita lihat apa yang terjadi.

 

9. Assassin’s Creed Revelations – Main Theme

Composer: Lorne Balfe & Jesper Kyd

AC Revelations 9
Sebagai sebuah game yang mengusung kejadian-kejadian historis besar sebagai latar belakang ceritanya, Assassin’s Creed memang membutuhkan sebuah theme song yang mampu mengakomodir kebutuhan tersebut. Epicness tentu menjadi pengalaman paling utama yang harus dihadirkan untuk membuat gamer merasa menyatu dengan kehadiran Ezio dan Altair di seri terakhir – Revelations. Main theme yang dikerjakan oleh Lorne Balfe & Jesper Kyd ini berhasil melakukan hal tersebut. Ia hadir dengan melodi yang kompleks, lembut dan keras, pelan dan cepat. Seolah menggambarkan kontradiksi yang sering terjadi pada kehidupan para Assassin kita.

 

8. Batman: Arkham City – Main Theme

Composer: Nick Arundel

Batman Arkham City 224
Hampir semua anak-anak yang lahir dan besar di tahun 1990-an pasti pernah mengidolakan sosok pahlawan “super” yang satu ini. Berbeda dengan kebanyakan superhero yang lain, sang Dark Knight – Batman memang tidak hanya dilengkapi dengan kekuatan otot, tetapi juga otak. Untuk sebuah game sekelas Arkham City yang mampu menangkap image tersebut dengan hampir sempurna, sebuah musik yang tepat juga dibutuhkan untuk menjadi amplifier akan pengalaman “langka” tersebut. Main Theme yang diciptakan Nick Arundel ini harus diakui berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Mendengar potongan awalnya saja sudah cukup membuat Anda tidak sabar untuk segera menghajar pada penjahar Arkham dengan cepat. Music ini cukup serupa dengan citra Batman yang berusaha dibangun kembali oleh Christopher Nolan.

 

7. Trine 2 – Main Theme

Composer: Ari Pulkkinen

Trine 2 1691
Inti dari sebuah game Trine 2 adalah keindahan dunia nya yang penuh keajaiban dan kesan magis yang mengagumkan. Sinar matahari cerah, air yang jernih, cahaya kunang-kunang, bulan yang melingkar penuh dan bercahaya, serta gelembung-gelembung udara yang terbang pelan ke udara. Oleh karena itu, game yang menakjubkan ini juga butuh theme song yang mampu menggambarkan hal tersebut dengan tepat. Dari tangan dengan Ari Pulkkinen, atmosfer tersebut berhasil tertangkap jelas lewat main theme yang dihadirkan. Anda bisa merasakan fantasi ini lewat alunan melodi yang lembut dan cepat, namun di sisi lain menghadirkan kemegahan tersendiri.

 

6. Forza Motorsport 4 – Main Theme

Composer: Lance Heyes

forza motorsport 4
Dari semua genre yang ada di industri game saat ini, musik mungkin memainkan peranan yang sangat penting untuk genre racing. Mengapa? Karena kecenderungan gameplay yang repetitif dapat membuat gamer bosan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, musik masuk menjadi penyelamat. Jangan heran jika beberapa musik game terbaik yang pernah ada di industri game justru hadir dari genre yang satu ini. Salah satu yang cukup memukau di tahun 2011 adalah main theme pada game racing eksklusif XBOX 360, Forza Motorsport 4. Alunan tekno yang dihadirkan benar-benar membuat Anda segar dan bersiap untuk menekan pedal gas dengan maksimal. Menyegarkan.

Tags:

Pages: 1 2

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…