10 Karakter Game Wanita Paling Memorable di 2011

Reading time:
January 20, 2012
anime nosebleed

Membicarakan tahun 2011 memang tidak akan pernah habisnya. Selama 365 hari terakhir tersebut, puluhan judul game berkualitas lahir sebagai franchise baru maupun sebagai seri franchise raksasa yang sudah lama dikenal. Apa yang membuat sebuah game begitu memorable? Selain elemen dasar seperti visualisasi grafis, musik, dan plot yang diusung, poin utama juga terletak pada kenyamanan indera penglihatan selama berjam-jam permainan. Kualitas kontras, warna, dan keindahan konten seperti desain karakter sangat menentukan hal tersebut. Bagi gamer pria, hal ini lebih sederhana. Sebuah game dengan karakter wanita selalu jadi daya tarik yang sulit ditolak.

Tidak bermaksud sexist, namun pandangan bahwa dunia game adalah dunia para pria memang menjadi persepsi yang sulit diubah. Oleh karena itu, tidak sedikit developer yang menghadirkan karakter wanita dengan desain yang memang ditujukan untuk memanjakan mata pria. Tubuh yang dibentuk indah dan desain pakaian minim menjadi senjata yang paling mumpuni. Namun bukan berarti hal ini saja yang membuat karakter wanita tampil begitu memorable bagi seorang gamer. Kualitas kepribadian dan perannya yang signifikan, baik sebagai karakter utama maupun pendukung, di dalam sebuah game menjadi poin yang tidak bisa disingkirkan begitu saja. Sebuah game tanpa karakter wanita? Kurang sempurna.

Selama tahun 2011 ini, ada cukup banyak karakter wanita memorable yang tampil. Sebagian besar mampu menghadirkan aura eksistensi yang begitu kuat, bahkan mampu membuat sebuah game tampil lebih baik. Tanpa kehadiran mereka, game tersebut tidak akan menghasilkan rasa yang sama. Namun tidak sedikit pula karakter yang hanya tampil dalam satu atau dua menit saja, namun mampu menampilkan image yang sulit untuk dihapuskan dari otak. Baik berperan sebagai protagonis maupun antagonis, karakter-karakter wanita ini memberikan “arti” bagi game dimana mereka berperan. Menjadi katalis untuk pengalaman yang lebih sempurna.

Jadi, siapa saja karakter wanita yang paling memorable di sepanjang tahun 2011?

10. Kuo (Infamous 2)

kuo infamous 21 kuo infamous 2

Tidak ada yang lebih menarik daripada karakter wanita dengan kekuatan super. Petualangan Cole di seri kedua membawanya bertemu dengan banyak Conduit yang memiliki kekuatan yang serupa, salah satunya adalah Kuo. Wanita berdarah Asia ini memegang porsi yang cukup signifikan dalam membangun cerita yang ada. Berbeda dengan Cole yang menguasai kekuatan listrik, Kuo hadir dengan kemampuannya mengendalikan es dan teleportasi. Sepanjang permainan, Kuo memang dicitrakan sebagai karakter pendukung yang lebih cenderung protagonis. Namun perlahan namun pasti, Kuo yang mulai merasakan nikmatnya hidup sebagai seorang Conduit mulai bergerak ke sisi jahat yang kejam.

9. Katarina (Dungeon Siege III)

katarina katarina

Kehadiran Dungeon Siege III tentu sempat membuat gamer pencinta franchise ini kecewa. Square Enix dianggap menghadirkan sebuah seri yang terlalu melenceng dari seri Dungeon Siege yang selama ini dikenal oleh gamer. Namun game ini sendiri mendapatkan respon yang cukup positif bagi gamer yang merasakan franchise ini untuk pertama kalinya. Satu yang pasti, Dungeon Siege III menghadirkan satu karakter wanita yang sangat memorable – Katarina. Walaupun secara visual ia tampil dengan busana yang seksi, Katarina merupakan karakter yang cukup reliable di DS III. Bersenjatakan dual-gun untuk serangan jarak dekat dan sebuah rifle sebagai senjata berat, Katarina dapat diandalkan untuk menghancurkan semua ancaman yang berada di depan mata.

8. Gwynevere (Dark Souls)

gwynevere gwynevere1

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa kehadiran game seperti Dark Souls memang lebih dibentuk untuk menghadirkan rasa frustasi yang mungkin sudah lama dilupakan oleh gamer. Tingkat kesulitannya yang luar biasa memang bukan tantangan terbesar bagi gamer untuk tetap memainkan game yang satu ini. Namun, untuk ekstra motivasi agar lebih bersemangat menyelesaikannya, karakter seperti Gwynevere dihadirkan sebagai satu-satunya “hiburan visual” yang bisa dinikmati oleh gamer. Anak dari Lord Gwyn ini memang mengambil porsi yang cukup signifikan di dunia Dark Souls secara keseluruhan. Yang membuatnya memorable? Desain dan ukurannya yang fantastis. Dunia Dark Souls yang gelap dan kelam seolah tercerahkan saat bertemu sosok wanita yang satu ini. Seolah semua kesulitan dan perjuangan yang telah ditempuh sebelumnya memang pantas untuk dilakukan.

7. Zoya (Trine 2)

zoya zoya1

Trine mungkin bukan judul yang populer bagi gamer Indonesia, namun kualitasnya yang luar biasa sebagai sebuah game platformer menjadikannya sebuah game yang pantas dan layak untuk diperhatikan. Di antara ketiga karakter Trine yang luar biasa, terdapat sesosok wanita yang tidak mungkin terlewatkan. Berprofesi sebagai pencuri, wanita bernama Zoya ini terkenal karena geraknya yang lincah dan menawan. Bersenjatakan busur panah dan wajah yang tertutup cadar bening, Zoya merupakan karakter yang paling diandalkan di franhise Trine. Ia tampil begitu dingin dan tanpa rasa takut.

6. Princess Zelda (The Legend of Zelda: Skyward Sword)

zelda zelda1

Zelda? Seorang wanita? Jika pikiran ini sempat terlintas di kepala Anda, maka Anda mungkin termasuk satu dari banyak gamer yang salah pengertian tentang “Zelda”. Karakter pria dengan bentuk seperti Elf berpakaian hijau yang ikonik itu bukan Zelda, ia adalah Link. Sementara Zelda yang selama ini digembar-gemborkan merupakan nama sang tuan putri yang seringkali menjadi fokus cerita setiap seri yang lahir. Untuk kesekian kalinya, Link kembali harus menyusuri petualangan yang brutal dan terjal untuk menemukan Zelda yang hilang, termasuk di seri terbaru franchise ini: Skyward Sword. TIdak dapat dipungkiri lagi bahwa Zelda memang pantas untuk masuk ke dalam list ini, karena tanpa dirinya, tidak akan pernah ada Link dan game ini.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…