NostalGame: CnC – Red Alert Retaliation

Reading time:
January 4, 2012
CnC Red Alert Retaliation 4

Dari semua genre game yang beredar di industri game, game Real Time Strategy (RTS) mungkin menjadi genre yang paling menguras kemampuan kognitif gamer. Misi yang dihadirkan memang sederhana, yakni mengalahkan dan menghancurkan musuh yang lain. Namun kesederhanaan ini sendiri dibangun di dalam sebuah konsep gameplay yang sangat kompleks. Tidak seperti genre lain yang memberikan kepada Anda semua hal yang Anda butuhkan, sebuah game RTS menuntut Anda untuk mengembangkan setiap elemen sumber daya yang ada dengan kebebasan gaya bermain yang Anda inginkan. Kemenangan sangat bergantung pada strategi Anda untuk mencapainya. Hal inilah yang membuat sebuah game RTS begitu menarik.

Jika kita membicarakan game RTS, maka hampir tidak mungkin untuk tidak menyebut franchise Command & Conquer: Red Alert yang fenomenal. Memasuki serinya yang ketiga, Red Alert masih mampu tampil memesona dengan cita rasa gameplay yang konvensional. Walaupun kini hadir dengan kualitas grafis yang luar biasa, gamer masih mampu menemukan identitas sebuah game Red Alert yang seolah tidak pernah hilang. Identitas yang berhasil dibangun dengan cukup solid di seri pertamanya, ketika Red Alert masih berada di bawah tangan dingin Westwood Studios. Bagi gamer yang sudah mengikuti franchise ini sejak awal, Red Alert yang dirilis di tahun 1996 adalah sebuah game yang luar biasa, bahkan hingga saat ini.

CnC Red Alert Retaliation 5

Red Alert yang pada awalnya dirilis untuk PC memang berhasil mencapai kesuksesan yang luar biasa. Pada tahun 1998, game ini dirilis ulang untuk konsol sejuta umat – Playstation lewat seri “Retaliation” yang hadir tidak sekedar sebagai sebuah port belaka. Red Alert Retaliation memuat semua expansion pack Red Alert yang sempat dirilis di PC, yang tentu saja menghadirkan banyak konten baru dibandingkan seri Red Alert awal. Retaliation membawa map skirmish dan unit perang baru untuk kedua kubu – Allied Forces dan Russia. Game yang satu ini harus diakui merupakan salah satu game RTS terbaik yang pernah dirilis untuk Playstation.

Bagi saya pribadi, Red Alert Retaliation merupakan sebuah babak hidup yang unik di dalam kehidupan sebagai seorang gamer. Percaya atau tidak, game ini diperkenalkan oleh ayah saya yang waktu itu bahkan tidak nyaman untuk memegang sebuah kontroler Playstation. Beliau yang sempat singgah di toko game bajakan ternyata tertarik dengan cover game Red Alert Retaliation yang memang memperlihatkan game perang yang epik. Alangkah terkejutnya saya ketika ayah meminjam Playstation di akhir minggu dan memperlihatkan sebuah permainan Red Alert yang fasih. Lewat tangan tuanya, dia bisa mengalahkan tiga negara sekaligus di map Skirmish. Shock dan terpana menjadi awal ketertarikan saya pada Red Alert Retaliation.

Plot

CnC Red Alert Retaliation 2
Perang besar antara Allied Force dan Russia tidak terhindarkan!

Walaupun hadir sebagai sebuah game RTS dengan grafis yang sederhana, Red Alert mampu menghadirkan jalinan plot yang luar biasa. Perang antar dua kubu besar – Allied dan Russia bukannya terjadi tanpa alasan yang solid. Di sebuah sebuah cabang waktu alternatif, tepatnya di tahun 1946, sang ilmuwan jenius – Albert Einstein menemukan sebuah mesin yang memungkinkannya untuk menjelajahi waktu. Tanpa pikir panjang, Einstein langsung menggunakannya untuk mencegah horror yang sempat terjadi di dunia. Ia kembali ke tahun 1924, bertemu dengan Adolf Hitler, dan berhasil mencegahnya untuk tampil sebagai diktator yang akan memicu perang dunia. Namun, ternyata keputusan ini berujung pada konsekuensi fatal yang lain.

Dengan dunia yang tidak pernah melewati perang Dunia II yang katastropik, Russia tumbuh menjadi negara superpower dengan kemampuan militer yang luar biasa. Di bawah kepemimpinan tangan besi Stalin, Rusia mulai mewujudkan mimpinya untuk membentuk sebuah negara Eurasian. Setelah menundukkan China dengan mudah, Russia mulai menargetkan serangan pada negara-negara besar di Eropa. Perang besar pun tak terelakkan. Pasukan Allied pun bersatu untuk mencegah ambisi Russia ini.

CnC Red Alert Retaliation 9
Layaknya game RTS masa kini, inti dari Retaliation adalah membangun base dan pasukan untuk menghancurkan negara lain

Gameplay yang ditawarkan oleh Red Alert Retaliation sendiri merupakan cikal bakal dari banyak gamer RTS saat ini. Dengan menggunakan satu resource saja, Anda dituntut untuk membangun base dan menyusun pasukan yang mampu menyerang secara efektif. Setiap bangunan memiliki fungsinya masing-masing, dari mengumpulkan ore untuk resource hingga membuka teknologi untuk pasukan yang lebih kuat. Misinya sederhana, bertahan dari serangan pasukan musuh dan menghancurkan mereka. Untuk sebuah game yang diport dari PC, game ini harus diakui berhasil mengadaptasi semua skema kontrol dengan sangat baik. Anda tidak akan merasa kesulitan untuk memainkannya dengan joystick. Untuk mode campaign, gameplay yang sama dihadirkan dengan satu plot utama. Red Alert Retaliation sendiri dirilis dalam dua keping CD, Campaign untuk Allies dan Russia.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…