Review Counter Strike Portable – Android: Belum Sempurna Tetapi Potensial!

Reading time:
February 3, 2012
Counter Strike Portable Android 1

Kemampuan piranti keras pada perangkat mobile pada beberapa tahun terakhir ini memang mencapai level yang revolusioner. Teknologi yang ada berkembang dengan sangat cepat dan sekaligus menghadirkan fungsi yang lebih efektif dan efisien. Tidak mengherankan jika perangkat seperti smartphone saat ini mampu menampilkan fungsi multimedia yang luar biasa, khususnya pada fungsi gaming yang semakin sempurna. Visualisasi dalam model tiga dimensi, voice acts, hingga ukuran game yang mulai menyentuh ukuran Gigabytes menjadi bukti yang paling nyata. Pondasi yang memungkinkan semua ini terjadi? Sistem operasi.

Dari semua sistem operasi yang beredar saat ini, Android dari Google menjadi primadona yang paling menarik saat ini. Selain menawarkan fungsi yang lebih optimal dengan update yang hadir secara konsisten, Android juga harus diakui menjadi sistem operasi terbaik untuk gaming. Apa pasal? Dengan mengusung kebijakan sebagai sebuah sistem operasi yang terbuka, Google menyediakan kesempatan bagi developer manapun di seluruh dunia untuk membangun konten multimedia untuknya. Developer yang selama ini punya potensi namun terhalangi beragam masalah teknis kini terfasilitasi dan mampu membuktikan diri kepada dunia. Semua ide gila pun akhirnya termanifestasi dalam bentuk sebuah game. Hasilnya? Kejutan! Android pun kedatangan game luar biasa seperti Counter Strike Portable.

Bukan Resmi Valve

 

Counter Strike Portable Android 6
Counter-Strike dalam genggaman!!

Gamer mana yang tidak mengenal nama Counter-Strike (CS) sebelumnya? Mod game fenomenal dari seri Half-Life ini memang harus diakui merupakan salah satu game FPS paling fenomenal di dekade yang lalu. SIstem permainan kompetitif dan setting perperangan di masa modern menyihir jutaan gamer di seluruh dunia. Valve kembali membuktikan diri sebagai salah satu developer terbaik di industri game lewat game yang satu ini. Kini, hampir lebih dari sepuluh tahun sejak kelahirannya di PC, Counter-Strike “dilahirkan kembali”. Percaya atau tidak, kali ini untuk sistem operasi Android.

Mengambil title Counter-Strike Portable, jangan langsung menganggap bahwa versi mobile ini resmi lahir dari Valve. Counter-Strike Portable merupakan “proyek” yang lahir dari tangan developer independen: FrIuNs sebagai sebuah game fan-base untuk Android. Game ini juga bukan merupakan port dari versi PC, melainkan sebuah game terpisah yang dikerjakan dari awal. CS Portable menggunakan engine Unity 3D dengan memanfaatkan resource code dari Counter Strike.

Masih Sederhana, Namun Potensial

Apa yang paling Anda harapkan ketika mendengar Counter Strike Portable? Anda tentu menginginkan pengalaman Counter-Strike PC yang sama, namun dalam layar perangkat portable yang lebih kecil. Sayangnya, CS Portable masih jauh dari kemampuan untuk mewujudkan mimpi tersebut. Walaupun hadir dengan wujud yang mirip, terutama dari segi map dan visualisasi secara umum, CS Portable masih tampil sangat sederhana. Segudang fitur dan menu standar Counter-Strike masih belum mampu dihadirkan di sini.

Counter Strike Portable Android 8
Sementara ini belum ada opsi untuk menggunakan senjata lain selain AK 47
Counter Strike Portable Android 16
Menghadirkan interface yang sederhana memang keputusan yang terbaik

Ada banyak hal krusial yang hilang di CS Portable. Walaupun mekanisme gameplay yang ditawarkan sama, CS Portable masih memiliki banyak “perbedaan” mendasar dengan CS yang selama ini kita kenal. Ada beberapa aksi yang masih belum bisa dilakukan seperti: membeli senjata, menunduk, dan mengganti senjata ke secondary weapon. Semua gamer yang baru bergabung akan langsung dibekali dengan satu senjata AK-47 dengan jumlah peluru 999. Pertempuran berlangsung dengan sensasi yang serupa, dimana setiap senjata datang dengan “sifat” recoilnya yang unik. Memuntahkan peluru satu per satu dan akurat tetap menjadi opsi yang terbaik.

Dari beberapa kali ronde yang dijalani, sebagai sebuah game yang lebih berfokus pada permainan secara online, CS Portable terhitung stabil. Setiap server yang disinggahi mampu berjalan dengan cukup baik tanpa permasalahan yang berarti. User-interface yang sederhana juga akan menyediakan informasi tentang server yang tersedia, jumlah pemain, dan jenis map yang disediakan. Map seperti de_dust 2 sudah berhasil dibangun dengan cukup baik. Proses penyempurnaan masih berjalan untuk map lain seperti Mansion yang terkadang masih memungkinkan Anda untuk berjalan menembus pintu dan benda padat.

Counter Strike Portable Android 5
Mansion yang masih buggy..

Walaupun jauh dari kata sempurna, CS Portable tetap menjadi game Android yang potensial. Komitmen sang developer untuk terus memperbaiki dan menguatkan fitur di dalam game ini menjadi sebuah “jaminan” bahwa CS Portable akan tampil lebih sempurna di masa depan. Tidak tertutup kemungkinan jika pada suatu waktu, ia akan tampil dalam sebuah paket lengkap yang sama persis dengan CS versi PC. Apalagi sang developer juga berani bereksperimen dengan menghadirkan konten baru yang selama ini tidak ada di CS Valve. Harus diakui,versi CS Portable saat ini tampil sebagai pondasi yang terhitung sangat solid.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…