Mengintip Hellofest 8 – Event Pop Culture Terbesar di Jakarta

Author
David Novan
Reading time:
February 7, 2012

Kemampuan negeri Jepang untuk menyebarkan kebudayaannya memang harus diberikan acungan jempol. Hingga saat ini, hampir semua negara di dunia mengenal beragam kebudayaan negeri sakura ini, mulai dari film anime (kartun Jepang), musiknya, hingga kebiasaan adatnya. Begitu juga dengan Indonesia. Penggemar kebudayaan Jepang, yang biasa disebut dengan pop culture tersebut luar biasa besar. Oleh karena itu, jangan heran bila Hellofest 8 yang mengambil tema event pop culture pada 4 Februari lalu dibanjiri pengunjung!

hellofest 8 s 031

Hellofest sendiri sebenarnya telah diadakan semenjak tahun 2004 oleh tim HelloMotion Academy. Tujuan awalnya adalah sebagai ajang kelulusan siswa dari akademi tersebut. Namun, acara tersebut akhirnya berubah menjadi festival film pendek tingkat nasional dan berkembang lagi menjadi event pop culture. Popularitas Hellofest sendiri juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Pada tahun 2010, Hellofest 7 berhasil menarik perhatian 8700 pengunjung dalam sehari! Rupanya acara Hellofest yang terdiri dari Cosplay, film pendek, komik, barang koleksi, otaku, hingga inovasi kreatif indie begitu klop dengan minat pengunjung.

Pada Hellofest 8, terlihat jelas konsentrasi pengunjung yang membanjiri Balai Kartini, Jl. Gatot Subroto Jakarta pada 4 Februari lalu adalah Cosplay. Kasarnya, dua gedung yang digunakan pada acara ini dibanjiri pengunjung yang menggunakan kostum bertema pop culture Jepang, mulai dari tokoh anime hingga pahlawan bertopeng. Ternyata, Hellofest 8 mengadakan lomba KostuMasa (istilah Hellofest untuk Cosplay) untuk peserta perorangan dan tim.

hellofest 8 s 001

Keseriusan cosplayer pada Hellofest juga tidak dapat dianggap remeh. Mereka rela mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat kostum, riasan, lagu BGM, dan efek spesial demi tema cosplay yang digunakan. Sayangnya, kedua acara tersebut dipisah lokasinya. Peserta perorangan bertanding di Kartika Expo yang digabung dengan pasar Hellofest sedangkan lomba tim diadakan di Nusa Indah Theatre. Pembedaan tingkat “kemewahan” tersebut ternyata menjadi keprihatinan peserta cosplay dan pengunjung yang menjadi pendukungnya. Sebab, pada Kartika Expo Anda harus berdesakan dan berdiri untuk menonton aksi cosplayer sedangkan pada Nusa Indah Theatre Anda seperti menonton pertunjukan berbayar di aula dengan fasilitas yang memadai.

Pasar Hellofest 8 juga menjadi salah satu konsentrasi massa yang cukup besar. Pada daerah ini, Anda dapat menemukan beragam stand yang menjual produk pop culture, mulai dari toys, baju, pernik, doujinshi (komik buatan fans), hingga komunitas film, seperti Order 66 SITH (Star Wars) dan Twilight Nusantara (Twilight). Sayangnya, pasar ini terlihat kurang terkoordinir, mulai dari penempatan booth, kebersihan area, tidak adanya spot khusus untuk makan (bangku dan meja), serta pengaturan lalu lintas pengunjung oleh panitia. Nampaknya perhatian yang besar untuk acara cosplay menyebabkan pasar Hellofest menjadi terbengkalai.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Hellofest 8 yang didukung oleh Bank Mandiri dan Kompas.com ini, silahkan kunjungi website resminya. Berikut beberapa foto suasana pada Hellofest 8!

hellofest 8 s 002 hellofest 8 s 003 hellofest 8 s 004 hellofest 8 s 005
Pages: 1 2 3 4 5 6 7
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…