Review Prince of Persia Classic iOS: Seri Klasik dengan Tampilan Baru!

Reading time:
March 6, 2012
Prince of Persia Classic iOS 1

Gamer yang sempat hidup di awal tahun 1990-an, dimana PC masih mengusung media penyimpanan disket besar dan DOS masih merajai sistem operasi komputer, tentu mengenal game yang satu ini. Benar sekali, tidak ada game yang mampu mengalahkan popularitas Prince of Persia di kala itu. Ia menghadirkan sebuah game platform yang tampil berbeda lewat permainan pedang dan teka-teki yang butuh kecermatan. Tidak hanya itu saja, Prince of Persia juga terkenal karena tingkat kesulitannya yang tidak main-main. Anda hanya diberikan waktu 1 jam tepat untuk menyelesaikan game ini. Sebuah tantangan yang mungkin hanya bisa diselesaikan oleh mereka yang disebut “hardcore gamer” di masa sekarang.

Popularitas Prince of Persia (POP) sendiri bangkit kembali setelah Ubisoft memperkenalkan seri terbaru “Sands of Time” di Playstation 2 yang membawa franchise ini ke arah yang benar-benar berbeda. Dunia tiga dimensi, ribuan platform yang membutuhkan strategi gerakan tertentu, serta kemampuan untuk memutarbalikkan waktu. Seri-seri selanjutnya juga dibangun berdasarkan gameplay yang ditawarkan Sands of Time. Walaupun mendapatkan review dan pujian dari kalangan industri game, harus diakui bahwa tidak sedikit gamer yang masih merindukan kehadiran Prince of Persia klasik di masa lalu. Jika Anda memiliki perangkat iOS, ini akan menjadi sebuah mimpi yang berubah menjadi kenyataan.

Ubisoft baru saja merilis Prince of Persia Classic untuk perangkat iOS pada tanggal 1Maret silam. Apa yang ditawarkan oleh game yang satu ini?

Hadir dengan Visualisasi Terkini

Bagi Anda yang pernah memainkan Prince of Persia masa lalu, maka Anda tentu ingat dengan sosok sang pangeran yang datang dengan pakaian putih dan rambut pirang. Kualitas grafis yang kurang mendetail di kala itu tidak menghalangi nikmatnya sebuah seri Prince of Persia. Namun untuk di masa sekarang, visualisasi memang menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini jugalah yang tampaknya menjadi fokus pengembangan Ubisoft untuk Prince of Persia Classic iOS ini.  Mereka menghidupkan kembali seri lawas ini dalam balutan yang dapat dinikmati oleh penggemar POP yang mengenal seri Sands of Time terlebih dahulu.

Prince of Persia Classic iOS 5
Walaupun tetap mengusung platformer dua dimensi, POP Classic ini datang dengan visualisasi terkini
Prince of Persia Classic iOS 7
Cut-scene yang ditambahkan juga dibangun dengan model tiga dimensi

Lupakan sang pangeran berbaju putih tersebut, karena untuk POP Classic iOS ini, Anda akan menggunakan si Prince dari seri Sands of Time. Dengan tetap mengusung plot yang sama, mekanisme gameplay yang ditawarkan tetaplah sama, sebuah game platform dua dimensi dengan elemen aksi di dalamnya. Tampilan perubahan tidak hanya ada pada sang karakter utama – The Prince, tetapi juga keseluruhan dunia POP klasik yang kita kenal. Suasana istana tempat ditawannya sang putri kini tampil dengan detail yang kaya. Memang butuh beberapa waktu untuk membiasakan diri, karena Anda yang masih terpatri dengan visualiasi POP klasik zaman dulu akan cukup kesulitan di awal. Mengapa? Berbagai jebakan dan identifikasinya yang mudah di seri dulu kini tampil lebih samar di POP Classic iOS ini.

Gerakan Baru, Musuh Baru

Ubisoft ternyata tidak hanya menciptakan seri POP Classic ini sebagai sebuah seri remake grafis tanpa perubahan yang berarti. Untuk memunculkan cita rasa yang lebih mumpuni, game ini juga mengadaptasikan serangkaian gerakan baru untuk si Prince ini. Beberapa hadir dalam bentuk animasi gerakan yang kini lebih beragam dan hidup, tidak lagi kaku seperti dulu. Namun sebagian lainnya datang sebagai gerakan yang bisa dieksekusi dengan kombinasi gerakan tertentu. Sang Prince kini bisa melompat ke belakang dan berguling dengan jarak lompat yang kini lebih jauh dan mulus. Bagaimana dengan gerakan saat pertempuran? Basisnya masih sama, dimana Anda hanya dua opsi: menyerang dan bertahan seperti seri POP dulu. Semua gerakan ini Anda lakukan dengan menyentuh tombol yang terpampang di layar. Anda bisa menggerakkan Prince dengan melakukan drag pada layar.

Prince of Persia Classic iOS 21
The Prince kini bisa melakukan somersault ke belakang!
Prince of Persia Classic iOS 20
What in the...........

Tidak hanya berbagai animasi dan gerakan yang kini tampil baru, beberapa musuh yang akan Anda temui juga akan mendapatkan perombakan visualisasi dan gerakan. Masih ingatkah Anda dengan sebagian besar musuh yang Anda temukan di POP masa lalu? Sebagian besar adalah para prajurit dan beberapa tengkorak yang hidup. Warna pada pakaian sang prajurit menentukan tingkat kesulitan yang harus Anda hadapi. Lantas, bagaimana dengan POP Classic iOS ini? Anda masih akan menemukan para prajurit dan tengkorak yang familiar, namun kini berbeda tidak hanya dari segi warna, tetapi juga desain kostum dan bentuk. Anda hanya dapat menentukan tingkat kesulitan yang ada dari jumlah nyawa yang mereka miliki. Tidak hanya sekedar prajurit dengan pedang, Anda akan menemukan prajurit bertubuh besar dan gada yang tidak mudah untuk ditundukkan. Tidak hanya itu saja, ada beberapa perubahan yang cukup signifikan pada gerakan musuh yang ada, seperti tengkorak yang kini dapat terus hidup.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…
June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…

PlayStation

June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…