Crytek Hadirkan DirectX 11 di Crysis 3 versi Konsol?

Reading time:
April 26, 2012
crysis 3

Membaca judul di atas saja sudah cukup untuk membuat sebagian besar dari Anda menggelengkan kepala dan tertawa. Bagaimana mungkin sebuah piranti gaming dengan teknologi lampau mampu melakukan render dengan visualisasi terbaik saat ini? Di atas kertas, ini menjadi sesuatu yang tidak mungkin untuk terjadi. Namun bagi perusahaan sekelas Crytek yang tampil memukau lewat Crysis, ini menjadi semacam tantangan yang “menggoda” untuk ditempuh. Crytek berencana untuk menghadirkan“DirectX 11” untuk Crysis 3 versi konsol nantinya.

Seperti yang sudah diprediksikan, tentu tidak mungkin untuk membangun teknologi seanyar DirectX 11 untuk konsol yang terbatas. Crytek hanya berusaha untuk menggunakan teknologi DirectX 9 dan mengoptimalisasi bahasa pemograman yang sudah ada untuk menghasilkan “kesan” visualisasi DirectX 11. Walaupun secara detail ia tidak mampu menghasilkan kualitas yang sama, namun konsol mampu melakukan proses render yang menghasilkan kesan sekilas yang sama. Crytek hanya membutuhkan waktu untuk bereksperimen dengan probabilitas yang ada dan menuangkan sedikit tips dan trik ke dalamnya.

crysis 3 first trailer1
Menghasilkan kualitas grafis sekelas DirX 11 untuk konsol? Bukan mimpi yang mudah dicapai..

Lantas apa yang berusaha dilakukan oleh Crytek dengan semua “kesulitan” ini? Seolah ini mengembalikan masa-masa kejayaan mereka di rilis awal Crysis seri pertama, Crytek ingin menunjukkan kepada dunia apa yang mampu dilakukan oleh konsol seperti XBOX 360 dan Playstation 3 di akhir siklus kehidupan mereka. Sebuah tujuan yang terhitung ambisius. Dengan waktu rilis yang terhitung masih lama, satu tahun ke depan, Crytek memang masih memiliki banyak waktu untuk mewujudkan mimpi ini. Sebuah alasan ekstra untuk menantikan Crysis 3 versi konsol tahun depan!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…