Review Ridge Racer Unbounded: Sekedar “Meminjam” Nama Ridge Racer!

Reading time:
April 18, 2012

Sebagian besar gamer yang baru mengenal industri game saat ini mungkin hanya mengasosiasikan franchise game racing besar dengan nama Need For Speed atau Gran Turismo. Namun di masa lalu, ketika dunia Arcade dan Playstation masih menjadi mesin gaming yang paling populer, tidak ada gamer yang mampu menolak gameplay yang ditawarkan oleh judul game yang satu ini – Ridge Racer. Mengusung mekanisme game racing yang mendekati simulasi, para gamer ditantang untuk terlibat dalam situasi balap yang akan memaksa Anda untuk memanfaatkan setiap celah belokan yang ada. Namun apa yang akan Anda temukan di seri terbaru game ini: Unbounded? Sesuatu yang sangat jauh berbeda.

Bekerja sama dengan Bugbear Entertainment yang sempat bertanggung jawab atas pengembangan beberapa game racing lawas seperti Flatout, Namco Bandai menghadirkan Ridge Racer: Unbounded untuk konsol dan PC. Gamer yang sudah mengenal franchise ini sejak masa lalu tentu menaruh ekspektasi bahwa mereka akan mendapatkan sebuah game yang menawarkan sensasi “khas” Ridge Race yang memang sulit untuk tergantikan. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, maka bersiaplah untuk kecewa dengan Unbounded. Mengapa? Karena Bugbear sama sekali tidak menahan diri untuk menampilkan sebuah game racing yang begitu tipikal dengan game-game yang sudah mereka hasilkan selama ini. Sebuah kualitas yang akan membuat sebagian besar dari Anda merasa bahwa Ridge Racer: Unbounded ini hanyalah sebuah game yang “meminjam” nama besar Ridge Racer.

Lantas gameplay seperti apa yang ia tawarkan? Mengapa ia terkesan hanya menumpang nama besar Ridge Racer? Lupakan sosok Ai Fukami dan Reiko Nagase dan bersiaplah untuk berhadapan dengan cita rasa game racing ala developer Barat yang begitu kentara.

Ridge Racer? Lebih Baik Dinamakan Burnout: Unbounded!

Jika Anda termasuk gamer yang mencintai seri Ridge Racer di masa lalu, Unbounded adalah sebuah game yang sama sekali baru. Jangan berharap untuk mendapatkan kesan nostalgia karena ia datang dengan "identitas" yang jauh berbeda. Ia justru lebih mirip dengan franchise game racing arcade seperti Burnout.

Dari mana sebenarnya Ridge Racer mendapatkan nama “Unbounded” nya ini? Keterkaitan apa yang membuat kata absurd yang satu ini menjadi tagline utama franchise game ini?  Tidak lain dan tidak lain adalah plot utama yang dibangun untuk memberikan sedikit latar belakang terhadap game ini. Anda akan berperan sebagai salah satu geng bernama Unbounded yang berusaha menguasai daerah Shatter Bay yang juga dikepalai oleh kelompok-kelompok yang lain. Seperti game tipikal racing lainnya, memenangkan balap kecepatan tinggi dengan mobil-mobil super keren akan menjadi satu-satunya cara untuk mencapai misi utama ini.

Walaupun menghadirkan nama besar “Ridge Racer” di depannya, Unbounded menghadirkan mekanisme gameplay yang sama sekali tidak mencerminkan franchise ini sama sekali. Ia justru hadir dengan gaya permainan yang jauh lebih dekat dengan franchise Burnout. Apa pasal? Lupakan tentang balapan “sopan” yang membutuhkan Anda untuk lincah memanfaatkan setiap belokan yang ada untuk  mendapatkan keuntungan strategis ala Ridge Racer selama ini. Bugbear telah membuat Ridge Racer jatuh pada sensasi arcade yang begitu kental, tanpa ada perasaan simulasi sama sekali, seolah game ini memang diciptakan untuk menghadirkan kesenangan sama sekali.

Tak hanya sekedar membalap, Anda kini juga dapat menghancurkan mobil lawan dengan Bar Power!
Bar Power yang berfungsi layaknya Nitro Boost ini juga menghancurkan tempat-tempat tertentu yang akan menyediakan shortcut tertentu

Seperti game racing pada umumnya, tujuan utama Anda tentu saja memenangkan balapan dari satu misi ke misi lainnya. Namun, Unbounded datang dengan syarat yang lebih mudah untuk dipenuhi, dimana Anda hanya perlu masuk menjadi satu diantara tiga besar untuk dapat melanjutkan ke misi selanjutnya. Lantas, gameplay seperti apa yang akan Anda temukan? Tidak hanya sekedar balap, Anda juga diberi kesempatan untuk menghancurkan mobil-mobil yang menjadi lawan Anda. Sistem bar power yang terletak pada sisi kanan bawah layar akan menjadi indikator untuk melakukan hal tersebut. Berfungsi layaknya sebuah Nitro Boost, power Bar ini akan menambah kecepatan Anda dalam durasi waktu tertentu. Namun tidak sekedar mempercepat, Anda juga dapat menghancurkan apa saja selama berada dalam kondisi ini, termasuk mobil-mobil musuh yang berada di depan Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mengakses beberapa shortcut dalam track dengannya.

Lakukan drift dalam setiap kesempatan yang ada untuk membuat bar Anda penuh. Ini akan menjadi langkah yang sangat menentukan apakah Anda dapat memenangkan balapan atau tidak

Tenang saja, Anda juga akan diberi kesempatan untuk mengisi power bar ini sepanjang balapan. Ada banyak cara untuk melakukannya, namun salah satu yang terbaik adalah dengan melakukan drift di setiap kesempatan dan belokan yang ada. Selain mempermudah Anda untuk mendapatkan kecepatan maksimal, drift yang baik akan memenuhi bar Power dengan cepat. Eksekusinya sendiri juga tidak terlalu sulit, dengan hanya menahan tombol B (XBOX 360) atau Lingkaran (PS3) pada timing yang tepat untuk melakukan belokan yang mumpuni. Namun berhati-hatilah, sedikit kesalahan saja akan cukup untuk membuat mobil Anda hancur berantakan. Sebuah mekanisme yang tentu identik dengan game balap arcade.

Pages: 1 2 3
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 20, 2021 - 0

Review Outriders: Loot-Shooter Memuaskan!

Tidak mudah dikembangkan, jarang memuaskan, dan akan ikut tewas bersama…
April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…