10 Ramalan Masa Depan Versi Video Game

Reading time:
May 9, 2012

5. Menambang di Planet Lain! (2070 – Red Faction)

red faction armageddon

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manusia memang menggantungkan keberlangsungan hidupnya pada ketersediaan sumber daya alam di bumi. Sebagai bahan baku untuk menciptakan begitu banyak hal yang esensial bagi manusia, termasuk bahan bakar, barang tambang memang menjadi komoditas berharga. Namun sayang, jarang orang yang mengingat bahwa tambang-tambang ini sesungguhnya sangat terbat. Bayangkan apa yang akan terjadi jika tidak ada lagi sumber daya alam sama sekali di bumi ini? Visualisasi Red Faction mengambil dasar plot ini. Namun bukannya sekedar menyerah dan mencari alternatif sumber daya, manusia kemudian mulai melirik teknologi luar angkasa untuk mencapai planet-planet terdekat. Tujuan utamanya tentu jelas: “menghabiskan” semua barang tambang yang tersedia di dalamnya.

4. Warp Drive Ditemukan! (2087 – Star Ocean: The Last Hope)

star ocean the last hope

Penggunaan senjata-senjata berat pada perang dunia ketiga membuat manusia tidak dapat lagi menghuni bumi. Penelitian dilakukan untuk mencari beragam alternatif cara untuk memastikan eksistensi manusia sebagai sebuah spesies tidak akan punah. Setelah tinggal di bawah tanah selama ratusan tahun akibat kontaminasi zat kimia yang menyebar luas di permukaan akibat perang, manusia akhirnya memutuskan untuk mencari cara agar dapat mencari dunia baru lainnya yang dapat dijadikan tempat teknologi. Tahun 2087, sebuah jalan keluar dihasilkan. Teknologi warp drive yang memungkinkan manusia untuk berselancar dalam jarak jutaan cahaya hanya dalam hitungan detik membuat misi ini dimungkinkan. Selamat tinggal bumi dan selamat datang planet baru!

3. Selamat Datang Mecha Perang! (2112 – Front Mission 3)

front mission 3

Mengangkat AK 47 dan menembak membabi buta di padang pasir tampaknya bukanlah strategi perang yang mampu menghasilkan damage yang sepadan pada kekuatan musuh di tahun 2112. Di masa ini, para negara mulai memproduksi mecha-mecha, robot berukuran super besar, yang memang didesain untuk menjadi pasukan perang di garis paling depan. Mecha-mecha ini akan dipersenjatai dengan senjata melee dan range dengan ukuran super besar pula. Kemenangan sebuah negara dalam konflik tidak lagi dipengaruhi seberapa baik para pasukan mereka bergerak tersembunyi dan taktis, tetapi pada seberapa baik para pilot mecha-mecha ini mengendalikan robotnya di medan pertempuran. Tidak hanya video game, banyak anime Jepang seperti Gundam juga memvisualisasikan masa depan yang sama. Apakah robot-robot ini akan terwujud dalam 100 tahun ke depan? Bukan sesuatu yang mustahil.

2. Teknologi Alien Membuat Lompatan Peradaban (2148 – Mass Effect)

Mass Effect 3 77

Perjalanan eksplorasi manusia ke Mars menemukan sebuah temuan yang mengejutkan. Sebuah ras alien yang sudah punah – Protheans meninggalkan jejak-jejak teknologi di planet Merah tersebut. Mempelajari, membangun, dan mengadaptasi teknologi yang ditinggalkan oleh mereka, manusia mulai mendapatkan cara termudah untuk bergerak antar galaksi dengan jarak ratusan cahaya hanya dalam sekejap. Tidak lagi terpaku pada planet-planet yang mengorbit di tata surya, manusia mulai menyebarkan diri pada galaksi-galaksi terluar dan membangun koloni-koloni yang sporadis. Tidak hanya itu saja, perjalanan ini juga membawa manusia pada interaksi pertamanya dengan makhluk-makhluk hidup lain yang memiliki peradaban yang lebih maju.

1. Tidak Ada Lagi Bumi yang Sama (2277 – Fallout 3)

fallout

Dari semua masa depan yang ditampilkan oleh industri game, seri Fallout mungkin menghadirkan visualisasi yang tergelap. 200 tahun setelah perang nuklir yang menghancurkan sebagian besar dunia, bumi tampil sebagai sebuah planet yang hampir tidak layak huni. Lupakan tentang pohon dan binatang-binatang manis yang mengitarinya di pagi hari, bumi telah berubah menjadi sebuah medan gersang yang menyedihkan. Tidak hanya hukum rimba yang berlaku, bumi juga mulai dipenuhi oleh teknologi-teknologi senjata yang berbahaya dengan makhluk-makhluk mutasi yang tidak segan menyantap siapapun yang menghampiri mereka. Ini tentu akan menjadi bumi yang berbeda dengan yang kita lihat selama ini. Menyembuhkan diri dan mengembalikannya ke kondisi semula setelah kekacauan seperti ini? Tentu saja bukan pekerjaan yang mudah. Bagian yang paling menyeramkannya? Bagi saya pribadi, skenario yang ditampilkan oleh Bethesda ini bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk terjadi di masa depan. Perang nuklir dan kehancuran? Seolah tidak terhindarkan.

Demikian adalah 10 ramalan masa depan menurut versi video game dari kami. Sebagian besar darinya memang memperlihatkan visualisasi dunia yang pesimis dan penuh dengan “kegelapan”, namun sebagai sebuah ramalan, kita tentu sangat berharap bahwa tidak ada satupun darinya yang menjadi kenyataan. Namun tentu menjadi sesuatu yang terlalu naif jika berharap bahwa bumi akan berputar dengan kecepatan konstan dan manusia akan hidup dengan damai di dalamnya. Harus diakui, tidak ada satupun skenario di atas yang tidak mungkin untuk terjadi karena manusia sendiri juga sudah mulai membangun teknologi ke arah dengan potensi ketakutan yang sama.

Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini jika Anda merasa ada ramalan masa depan yang seharusnya masuk ke dalam list ini. Atau jika Anda memiliki referensi video game dengan setting dengan visualisasi masa depan yang indah? We welcome you..

 

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…