Diablo III Hilangkan Skill dan Attribute Points?

Reading time:
May 14, 2012

Berapa banyak gamer yang tidak akan tidur di malam tanggal 14 Mei 2012 ini? Setelah penantian selama bertahun-tahun, salah satu game yang sudah lama mereka antisipasi – Diablo III akhirnya akan memasuki hari rilis pada keesokan harinya. Jumlah pre-order yang begitu masif seolah menjadi monumen animo gamer yang sudah memperlihatkan tanda-tanda ketidaksabaran, apalagi setelah melihat beragam trailer, screenshot, dan menjajal versi demonya sendiri. Namun tahukah Anda bahwa Blizzard telah mempersiapkan Diablo III dengan sebuah mekanisme baru? Benar sekali, ucapkan selamat tinggal bagi Skill dan Attribute Points!

Apa yang membuat seri Diablo II begitu dicintai? Selain plot dan sistem pertarungannya, Diablo II memang memberi kebebasan bagi para gamer untuk membentuk karakter uniknya sendiri, dengan memaksimalkan skill dan attribute point yang didapatkan setiap kali naik level. Anda bisa menciptakan mage dengan kemampuan tanker, atau bahkan Barbarian yang berfokus pada critical hit. Walaupun menggunakan job yang sama, hampir tidak ada karakter Diablo yang persis sama. Lantas bagaimana dengan Diablo III? Dengan dalih untuk menghasilkan sensasi yang lebih unik, Blizzard memutuskan untuk menghilangkan sistem skill dan attribute points ini. Setiap karakter yang naik level akan mendapatkan peningkatan kemampuan secara otomatis. Ini berarti, jika saya dan Anda menggunakan Barbarian di level 20, kedua karakter kita akan datang dengan jumlah HP yang sama dengan damage dan kecepatan serangan yang sama pula. Namun Blizzard menghadirkan sebuah sistem baru. Sebagai gantinya, gamer akan mendapatkan sistem Rune yang akan membuat skill setiap karakter menjadi jauh lebih bermakna dalam pertempuran. Ada lebih dari 700 skill yang dapat dipilih dengan kombinasi dan kustomisasi item yang lebih banyak.

Selamat tinggal Skill dan Atribute Points! We'll miss you!

 

Bagi gamer yang sudah mencintai seri Diablo sebelumnya, perubahan ini memang terkesan sangat radikal dan “mengganggu” akal sehat. Pada akhirnya, kita hanya berharap bahwa tanggal 15 Mei 2012 akan menjadi tanggal bahagia dimana para gamer yang sudah menanti kehadiran Diablo III akan tersenyum bahagia dan bukannya tertawa kecut melihat secara langsung perubahan yang dihadirkan Blizzard ini. Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah penghapusan sistem skill dan atribut ini akan mempengaruhi keputusan Anda untuk memainkan Diablo III?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…