E3 2012: Apa yang Ditawarkan oleh Microsoft?

Reading time:
June 5, 2012
microsoft press con e3 2012

Minggu awal Juni akan menjadi salah satu bulan terbaik bagi para gamer di tahun 2012 ini. Walaupun rilis game baru terhitung sepi di pertengahan tahun ini, namun aliran adrenalin terasa begitu kencang. Semua mata gamer kini sedang memandang ke arah Los Angeles, Amerika Serikat. Setelah sempat disuguhkan dengan bocoran informasi tidak resmi tentang game-game terbaru yang akan dirilis di masa depan, ajang E3 akhirnya secara resmi diselenggarakan juga. Semua rasa penasaran yang terbangun selama ini akhirnya akan terbayarkan!

Tidak sedikit developer, publisher, dan produsen yang bergabung di ajang ini. Namun seperti kebiasaan yang dilakukan pada ajang-ajang E3 sebelumnya, sebagian besar dari mereka biasanya bergabung di dalam satu konferensi pers yang sama, terutama game-game yang dirilis secara eksklusif. Dari jadwal yang begitu padat, Microsoft sebagai produsen dari XBOX 360 berkesempatan menjadi yang pertama untuk merepresentasikan diri di ajang E3 2012. Apa saja yang menjadi poin utama penawaran mereka?

HALO 4 yang Memesona!

halo 4 e3 2012

Jika kita membicarakan salah satu franchise raksasa yang identik dengan konsol XBOX, maka kita tentu akan langsung menuju pada satu nama: Halo. Setelah kepergian Bungie Studios, 343 Industries bertanggung jawab atas pengembangan serii selanjutnya, termasuk HALO 4 yang sempat diperkenalkan pada ajang E3 tahun lalu. Lantas apa yang sudah tercapai dalam 1 tahun pengembangan game ini? Sebuah seri game FPS yang benar-benar memesona. 343 Industries memperlihatkan banyak hal lewat trailer terbaru yang dirilis di ajang E3 2012 ini, dari basis cerita yang akan dihadirkan hingga gameplay nya sendiri. Salah satu yang menonjol kuat adalah visualisasi yang terlihat begitu memesona. Master Chief sendiri akan dipersenjatai dengan segudang senjata baru.

Sambut Kembali Sam Fisher di Splinter Cell: Blacklist

splinter cell blacklist

Setelah menunggu cukup lama, Sam Fisher, sang karakter spionage ikonik dari franchise Splinter Cell akhirnya bersiap untuk beraksi kembali dalam petualangan barunya. Dalam salah satu segmen di presentasi Microsoft, Ubisoft memperkenalkan Splinter Cell: Blacklist yang akan membawa Sam Fisher dalam pertempuran melawan kelompok teroris baru bernama Blacklist. Dengan mekanisme gameplay yang lebih kental suasana actionnya seperti Conviction, Anda akan tetap akan dibekali dengan kemampuan untuk mengeksekusi musuh secara cepat. Fungsi Kinect juga diintegrasikan di dalamnya. Anda kini dapat berteriak secara langsung untuk menarik perhatian musuh di dalam video game. Wow!

Senyum “Misterius” Baird di Gears of Wars: Judgement

gow judgement

Seperti yang sempat dirumorkan sebelumnya, Epic yang memang identik dengan XBOX 360 lewat seri Gears of Warsnya akhirnya memperkenalkan sebuah seri baru – Judgement. Dihadirkan sebagai sebuah prekuel dengan timeline 14 tahun sebelum Gears of Wars pertama, Anda tidak akan menemukan sang karakter utama – Marcus Fenix di sini. Sebagai gantinya, Anda akan berperan sebagai Cole Train dan Baird yang selama ini hanya tampil sebagai “sidekick”. Di ajang ini, Epic hanya memberikan sedikit gambaran lewat teaser sinematik tanpa detail gameplay sama sekali. Dengan Locust yang datang bagaikan banjir, Baird hanya menampilkan sebuah sudut senyum misterius ketika ia berada dalam tahanan. Apa arti di baliknya? Tunggu saja hingga Epic memberikan keterangan lebih lanjut di masa depan.

XBOX SmartGlass – Menghubungkan Semua Device dengan XBOX 360!

xbox smartglass

Salah satu inovasi terbaik yang diperkenalkan oleh Microsoft di ajang E3 2012 ini sudah tidak perlu diragukan lagi adalah kehadiran piranti lunak bernama XBOX SmartGlass. Pada dasarnya SmartGlass didesain untuk mengintegrasikan perangkat elektronik apapun yang Anda miliki dengan XBOX 360, memberikan sebuah pengalaman multimedia yang berbeda dan lebih mendalam. Lewat SmartGlass, Anda bisa memainkan konten multimedia dari dan ke XBOX 360 lewat smartphone maupun televisi secara nirkabel. Tidak hanya itu saja, SmartGlass juga akan menyediakan informasi-informasi yang mendalam terkait dengan konten multimedia yang sedang Anda putar atau mainkan. Sebagai contoh, bayangkan jika Anda sedang menikmati trilogi Lords of The Rings di televisi Anda. Dengan integrasi lewat SmartGlass, smartphone berbasis Windows Phone 7 yang Anda miliki akan secara otomatis memuat peta perjalanan Frodo ke Mordor dan menghadirkan informasi tentang karakter yang Anda temui sepanjang perjalanan, dari cast hingga referensi ke versi novel Tolkien. Bagaimana dengan video game? Seperti konsep yang pernah ditawarkan Nintendo Wii-U tahun lalu, SmartGlass akan menyediakan “layar kedua” dengan sejumlah informasi dan fitur yang terkait dengan game yang Anda mainkan.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…