E3 2012: Apa yang Ditawarkan oleh Nintendo?

Reading time:
June 6, 2012
nintendo press con e3 2012

Dibandingkan dengan Sony dan Microsoft, fokus perhatian dunia memang lebih tertuju kepada “ikon” dunia game – Nintendo di ajang E3 2012 ini. Walaupun ketiga produsen ini menawarkan segudang produk berkualitas yang dapat dinikmati gamer di masa depan, Nintendo mempersiapkan sesuatu yang lebih. Benar sekali, ketika Sony dan Microsoft “menjual” game-game eksklusif yang pantas untuk diacungi jempol, Nintendo datang dengan senjata yang lebih mumpuni – sebuah konsol baru. Seperti yang sudah diprediksikan dan dijanjikan, Nintendo memang menjadikan E3 2012 ini sebagai ajang untuk mengenal konsol terbaru mereka – Nintendo Wii U.

Sejak awal konferensi pers, Nintendo sudah mewanti-wanti bahwa event ini akan didominasi oleh segala sesuatu yang berhubungan dengan Nintendo Wii-. Setelah konferensi pers yang membingungkan dan terhitung kacau pada E3 tahun lalu, ini akan menjadi kesempatan yang tepat bagi Nintendo untuk menebus diri. E3 2012 menjadi waktu yang krusial untuk memperlihatkan semua hal yang bisa dilakukan oleh Nintendo Wii-U, dari kemampuan kasar, fitur, hingga game eksklusif yang akan hadir di masa depan. Seperti yang sudah kita tahu, Wii-U seringkali diklaim sebagai sebuah konsol yang jauh lebih kuat dan lebih baik dibandingkan XBOX 360 dan Playstation 3. Mampukah Nintendo membuktikan diri? Apa saja yang mereka tawarkan di E3 2012 ini?

It’s All About Nintendo Wii-U!

wii u

Seperti yang sudah dapat diprediksikan sebelumnya, Nintendo Wii-U memang menjadi primadona utama di ajang konferensi pers Nintendo kali ini. Seolah ingin menebus kesalahan yang terjadi tahun lalu, Nintendo memperlihatkan segudang hal yang bisa dilakukan oleh Nintendo Wii-U, baik dari perangkat keras, perangkat lunak, hingga fitur yang akan diembannya. Dari pengenalan gamepad, konsep asymetrical gaming, lebih banyak game Mario (seperti yang sudah dapat diprediksikan), dan pengenalan peripheral lanjutan yang akan mendukung Nintendo Wii-U di masa depan. Game-game eksklusif? Sayangnya tidak sebanyak yang diharapkan. Sayangnya, konferensi pers ini tidak ditutup dengan penjelasan dengan harga dan tanggal rilis yang pasti.

Nikmati Petualangan Epik di Pikmin 3!

pikmin 3

Salah satu franchise terbaik yang pernah hadir di Nintendo – Pikmin akhirnya dikonfirmasikan akan hadir untuk Nintendo Wii-U. Dengan penggunaan gamepad dan Wii-mote, Pikmin 3 memang menjadi salah satu franchise terbaik yang ditawarkan oleh Nintendo Wii-U sementara ini. Dengan penggunaan gamepad dan wii-mote, salah satu seri terbaik di GameCube di masa lalu ini akhirnya “dihidupkan” kembali dan menjanjikan segudang pengalaman baru dengan mode multiplayer yang jauh lebih baik. Tidak diragukan lagi, ia akan menjadi salah satu pondasi utama kekuatan Wii-U di masa depan.

Lebih Banyak Franchise Mario! Yeay!

super mario bros u

Apalah arti Nintendo tanpa kehadiran Mario? Sebagai salah satu franchise terbesar yang pernah hadir di industri game, Mario memang selalu identik dengan kesuksesan. Dan seperti yang sudah dapat diprediksi sebelumnya, Nintendo Wii-U akan menghadirkan segudang franchise Mario. Sementara ini, sudah dua judul yang dipersiapkan: Super Mario Bros U yang akan mengusung mekanisme gameplay Mario dua dimensi dengan beragam elemen baru serta Paper Mario: Sticker Star yang unik. Walaupun tidak mengusung kualitas grafis ala game-game berat saat ini, namun seri baru Mario ini memang harus diakui tampil dalam visualisasi yang lebih menwan.

Game-game “Hardcore” Apa yang Ditawarkan?

arkham city armored edition

Seperti yang sudah diprediksikan di awal, Nintendo memang berusaha mengambil kebijakan yang berbeda dengan Wii-U. Jika di masa lalu mereka lebih berfokus untuk menghasilkan sebuah game yang mengusung gameplay yang lebih berfokus pada fun dan keluarga, Wii-U datang dengan konsep konsol yang menyerupai XBOX 360 dan Playstation 3, dimana game-game hardcore untuk para gamer yang lebih “serius” dipersiapkan. Lewat sebuah medley pendek, Nintendo memperkenalkan game-game hardcore yang akan dirilis untuk Wii-U di masa depan, termasuk segudang game-game lawas yang sudah dirilis untuk konsol lain terlebih dahulu. Seri-seri game ini hanya mendapatkan perombakan fitur agar dapat diadaptasikan dengan kontroler gamepad unik milik Wii-U. Game-game tersebut antara lain: Batman: Arkham City – Armored Edition, Mass Effect 3, dan Aliens: Colonial Marines. Sayangnya tidak ada demo gameplay secara langsung yang memperlihatkan seberapa kuat Wii-U sebenarnya memainkan game-game ini.

ZombiU – Game yang Paling Pantas untuk Diantisipasi!

zombiu

Sejauh mata memandang, hampir tidak ada satupun game yang tampil begitu memesona di konferensi pers Nintendo Wii-U ini. Sebuah game yang mampu membuat gamer memantapkan diri dan akhirnya memutuskan untuk membeli konsol teranyar milik Nintendo ini. Dari semua game yang ditawarkan, hanya ZombiU dari Ubisoft yang berhasil menarik perhatian. Hadir dalam format FPS, ZombiU akan memaksimalkan semua fitur Wii-U dan mengadapatasikannya dalamn gameplay. Gamepad yang Anda gunakan akan menjadi device yang akan membantu Anda bertahan hidup dari gempuran para zombie. Selain memberikan perspektf yang berbeda, gamepad ini akan berfungsi sebagai inventory, crosshair, hingga sonar. Sebuah game yang memang pantas untuk dinantikan.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

July 3, 2024 - 0

Review Wuthering Waves: Penuh Pasang dan Surut!

Apa yang ditawarkan oleh Wuthering Waves? Mengapa kami menyebutnya sebagai…
June 28, 2024 - 0

Impresi Zenless Zone Zero (Build Terbaru): Lebih Cepat, Lebih Ketat!

Kami berkesempatan menjajal build terbaru Zenless Zone Zero. Apakah kami…
June 12, 2024 - 0

Preview My Lovely Empress: Racun Cinta Raja Racikan Dev. Indonesia!

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh My Lovely Empress di…
February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…

PlayStation

June 20, 2024 - 0

Wawancara dengan Zhenyu Li (Zenless Zone Zero)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan produser Zenless Zone Zero - Zhenyu…
April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…