Review Dungeon Village iOS: Bangun Kota RPG Impianmu!

Reading time:
July 4, 2012
Dungeon Village 1

Kehadiran sistem operasi yang mumpuni untuk perangkat mobile memang memainkan peranan yang besar bagi kebangkitan game-game mobile di pasaran. Jika di masa lalu, ia selalu diasosiasikan dengan sesuatu yang sederhana dan diciptakan hanya untuk unsur fun, kemunculan game-game berat seperti Infinity Ward, Max Payne 3, Rage, dan Mass Effect Infiltrator seolah membuktikan bahwa industri ini tumbuh menjadi sesuatu yang lebih serius. Walaupun demikian, tidak ada yang dapat membantah bahwa game mobile dengan mekanisme gameplay yang mudah dan adiktif tetap menjadi kekuatan utama dari platform yang satu ini. Sebuah game yang mampu membuat Anda menghabiskan waktu begitu saja, tanpa Anda sadari.

Tidak ada genre yang lebih mampu melakukan hal tersebut selain sebuah game RPG dan simulation. Keduanya menawarkan kesempatan untuk menikmati sebuah dunia yang lebih dinamis, dimana aksi Anda akan menentukan seberapa baik karakter atau dunia yang Anda bangun berkembang. Sekarang bayangkan apa yang akan terjadi, jika Anda menemukan sebuah game yang menggabungkan kedua genre ini di dalam satu judul. Kesempatan untuk menikmati sebuah game RPG dengan beragam identitas uniknya yang adiktif, sekaligus sebuah game simulation yang memungkinkan Anda berperan sebagai “dunia”nya sendiri. Tidak perlu diragukan lagi, Anda akan menemukan sebuah game mobile jempolan yang akan membuat mata Anda sulit berpaling. Hal inilah yang ditawarkan oleh Dungeon Village iOS.

Bangun Kota RPG Impianmu!

Dungeon Village 2
Bangun Kota RPG Impianmu!!

Anda yang pernah memainkan game RPG tentu menyadari bahwa kota-kota “persinggahan” menjadi sesuatu yang sangat esensial di dalam permainan. Selain berinteraksi untuk mendapatkan quest lebih lanjut dan menemukan progress dalam cerita, kota-kota ini juga menjadi tempat terbaik untuk mencari equipment, item, aksesoris, bahkan kendaraan. Harus diakui pula, tidak ada tempat yang lebih aman untuk melakukan farming experience dan gold selain di daerah sekitar kota-kota ini. Dungeon Village iOS menawarkan kesempatan ini. Namun alih-alih berperan sebagai sang karakter utama (hero), Anda justru akan berperan sebagai sang mayor dari kota-kota ini.

Lantas apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang Mayor di game ini? Di sinilah, genre simulation mengambil peran yang terbesar. Benar sekali, Anda akan dituntut untuk membangun sebuah kota RPG idaman sesuai dengan yang Anda impikan. Tujuan utamanya? Tentu saja untuk menarik para petualang-petualang untuk mampir, beristirahat, dan beraktivitas. Sebagai timbal baliknya, para petualang-petualang ini akan memberikan ekstra dana bagi kota Anda lewat aktivitas belanja mereka. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan membantu menjaga keamanan kota dengan mengalahkan para monster yang tersebar di luar.

Dungeon Village 9
Anda tentu saja harus membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh seorang “hero” di game-game RPG.
Dungeon Village 18
Tidak hanya berfungsi sebagai kosmetik, setiap bangunan ini akan memberikan efek tertentu bagi para petualang yang menjajalnya. Seperti Combat School yang bisa memberikan efek permanen Strength + 2 setiap kali disinggahi ini.
Dungeon Village 5
Timbal baliknya? Para hero ini akan membantu Anda menjaga keamanan kota dengan mengalahkan para monster yang hidup di sekitarnya.

Dengan menggunakan fitur tap dan touch yang cukup sederhana dan responsif, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk membangun kota yang Anda inginkan. Semua menu interface dihadirkan dengan cukup jelas, dengan berbagai penjelasan yang cukup untuk dimengerti. Lantas apa sebenarnya misi utama dari Dungeon Village secara keseluruhan? Tentu saja membangun cukup fasilitas dan menarik cukup banyak petualang untuk memastikan kota Anda mencapai popularitas lebih tinggi. Seperti layaknya hotel, keunggulan kota Anda akan ditentukan dari jumlah bintang yang Anda peroleh. Keuntungan apa yang akan Anda dapatkan seiring dengan meningkatnya popularitas ini? Ada varian bangunan yang lebih beragam untuk dibangun dengan probabilitas tinggi untuk menarik lebih banyak petualang.

Tidak hanya sekedar membangun dengan memastikan kota Anda akan memiliki semua fungsi yang dibutuhkan oleh para penduduk, Anda juga dapat mengupgrade setiap bangunan ini. Namun berbeda dengan sebagian besar game simulation yang hanya mengandalkan uang untuk memastikan bangunan Anda bekerja lebih efektif, Anda membutuhkan item untuk melakukannya di Dungeon Village. Satu-satunya cara untuk mendapatkan item ini? Tentu saja dengan meminta para petualang Anda untuk menjelajahi dungeon, menyelesaikan quest, dan membunuh monster yang ada. Setiap item yang Anda gunakan akan memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap bangunan, dari meningkatkan harga guna, kualitas, dan daya pikat. Semakin baik ketiga faktor ini, maka para petualang akan datang dengan frekuensi yang lebih tinggi, dan tentu saja memberikan uang yang lebih besar.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…