Menjajal Pro Evolution Soccer 2013 Demo: Inovasi Baru Apa yang Dihadirkan?

Reading time:
July 27, 2012

Bagaimana dengan Sisi “Kosmetik”?

Satu yang patut dicatat adalah, bahwa versi demo tidak pernah merepresentasikan hasil akhir. Walaupun proses pengembangannya sendiri cukup dekat, namun developer dan publisher masih memiliki waktu untuk memoles dan menyempurnakan konten apapun di dalam versi demo, termasuk visualisasi dan fitur sekalipun. Setidaknya hal inilah yang kami yakini ketika menjajal PES 2013 demo ini. Masih ingatkah Anda bagaimana Konami sempat menggembar-gemborkan fitur “kosmetik” PlayerID yang akan menyuntikkan identitas gerakan, skill, trick, dan atribut pemain di dunia nyata ke dalam sosok model tiga dimensi pemain di PES 2013? Walaupun terhitung sebagai fitur utama yang dijual Konami untuk Pro Evolution Soccer 2013, kami sama sekali tidak merasakan signifikansi peran fitur ini sama sekali di versi demo. Semuanya berjalan seperti layaknya game-game PES sebelumnya, tanpa terasa bahwa Konami telah menyuntikkan sesuatu yang spesial di dalamnya.

PES 2013 demo 22
Visualisasi memang mendapatkan sedikit perbaikan, namun tidak sesignifikan yang dibayangkan.
PES 2013 demo 45
Is that you, Rooney?
PES 2013 demo 38
“Tendangan maut” ini mungkin satu-satunya gerakan baru yang terlihat jelas di versi demo PES 2013 ini.

Hampir tidak ada yang berubah di sisi visualisasi PES 2013 dibandingkan dengan versi PES sebelumnya. Anda akan menemukan bentuk game plan yang sama, dengan beragam gaya menu yang minimalis, namun jelas. Lantas bagaimana dengan kualitas grafisnya sendiri? Tidak berbeda dengan versi terdahulu, PES tidak menghadirkan sebuah visualisasi dan detail yang membuatnya pantas untuk mengundang decak kagum. Beberapa detail postur tubuh dan wajah cukup untuk membuat Anda mengenali seorang pemain, tanpa perlu membaca nama di belakang kostum kebanggaannya. Tampaknya Konami memang serius dengan pernyataan mereka di awal, bahwa PES 2013 akan lebih mengedepankan inovasi gameplay daripada sekedar tampilan visualisasi. Sesuatu yang dapat Anda lihat jelas di versi demo yang satu ini.

Kesimpulan

PES 2013 demo 20
Walaupun ia tidak datang dengan rombakan visualisasi yang mencenangkan, Konami harus diakui berhasil memenuhi janjinya untuk menyuntikkan inovasi gameplay yang akan membuat PES 2013 ini sebagai sebuah seri yang berbeda. Kehadiran Full Manual Shooting – Passing harus diacungi jempol!

Apakah versi demo PES 2013 ini berhasil memukau kami? Apakah cukup untuk menyakinkan dan membawa gamer kembali untuk tertarik pada franchise yang satu ini, dibandingkan dengan seri kompetitor dari EA – FIFA 13? Walaupun kami sendiri belum pernah menjajal FIFA 13 dan mendapatkan gambaran akan inovasi yang mereka tawarkan, kami harus mengakui bahwa Konami berhasil melakukan tugasnya dengan baik untuk seri Pro Evolution Soccer 2013 mereka. Walaupun masih berada dalam bentuk demo dan menghadirkan fitur yang tidak lengkap, kesan pertama yang dihadirkan seri teranyar ini cukup kuat. Gerakan pemain yang jauh lebih mudah dikuasai dan bersahabat serta gerakan dribble yang lebih efektif membuat seri ini lebih nyaman dimainkan dibandingkan versi 2012 kemarin. Apalagi Konami menyuntikkan inovasi Full Manual Passing – Shootingnya yang pantas untuk diacungi jempol, setidaknya cukup untuk menyelesaikan berbagai keluhan yang seringkali diutarakan oleh para veteran PES.

Salah satu kelemahan seri ini mungkin terletak pada visualisasi yang seolah tidak pernah menjadi fokus Konami. Di satu sisi, ini akan menjadi nilai minus yang mungkin saja akan membuat gamer untuk lebih memilih FIFA 13 yang lebih unggul di sisi yang satu ini. Namun di sisi lain, ia menghadirkan keuntungan tertentu? Dengan engine yang terhitung lebih bersahabat, para gamer PC dengan rig “pas-pasan” masih dapat menjadikan seri terbaru ini sebagai pilihan game kompetitif yang mumpuni, tanpa perlu direpotkan dengan kebutuhan untuk membeli komponen baru. Salah satu yang cukup disayangkan adalah fitur PlayerID (yang sempat diklaim Konami sebagai fitur utama PES 2013) yang justru tidak terlihat bersinar dan signifikan di versi demo ini. Semua animasi pemain berjalan tak ubahnya seri PES masa lampau, tidak ada yang terlalu istimewa.

Pertanyaannya kini, pantaskah kita mengantisipasi kehadiran PES 2013? Dengan semua fitur dan inovasi yang ia hadirkan, serta kenyamanan gameplay yang lebih baik, kami pribadi, akan sangat menantikan produk final dari seri yang satu ini. Satu hal yang perlu diingat, ini adalah sebuah versi demo yang masih membuka celah dan potensi yang luas untuk disempurnakan oleh Konami, sehingga produk finalnya sendiri mungkin berbeda. Ini menjadi alasan ekstra untuk lebih menantikannya. Get yourself ready, Pro Evolution Soccer’s fans!

Download Link: Pro Evolution Soccer 2013 – Demo (1.0GB)

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…