Review Thermaltake Tt eSPORTS MEKA G Unit: Keyboard Mekanik Elegan!

Reading time:
September 4, 2012
Keyboard gaming – Thermaltake Tt eSports – MEKA G Unit

Setelah disuguhi dengan beberapa mouse gaming dari produsen ternama selama beberapa minggu terakhir ini, Jagat Play akhirnya kedatangan peripheral mumpuni yang tak kalah pentingnya – sebuah keyboard gaming. Sebagai sebuah jajaran produk yang didesain untuk gaming, keyboard ini tentu hadir dengan segudang fitur dan fungsi yang tidak akan Anda temukan di keyboard konvesional lainnya. Tidak hanya sekedar fungsi, tetapi juga desain untuk gaming yang tentu saja, memang membutuhkan kenyamanan sebagai kebutuhan yang paling utama. Sesuatu yang harus diakui, berhasil dilakukan oleh Thermaltake lewat jajaran produk gaming mereka – Tt eSPORTS.

Thermaltake Tt eSPORTS memperkenalkan MEKA G Unit, sebuah keyboard gaming yang memang didesain untuk kenyamanan bermain. Namun, untuk mampu membuktikan diri, ia harus datang dengan berbagai kelebihan yang membuatnya berbeda dibandingkan keyboard gaming dari produsen yang lain. Tidak hanya itu saja, kenyamanan juga menjadi faktor yang terpenting, terutama untuk memastikan bahwa pengalaman gaming akan berlangsung dengan nyaman dalam kurun waktu yang lama. Lantas bagaimana dengan performa Thermaltake Tt eSPORTS – MEKA G Unit ini? Apa yang membuat keyboard ini pantas untuk dilirik?

Desain dan Fitur

Dengan warna putihnya dan desainnya yang kokoh, MEKA G Unit ini memang tampil sebagai keyboard mekanikal yang menghasilkan kesan pertama yang kuat.
Dua port USB, detachable cable, dan dua port audio terdapat di bagian belakang keyboard ini.

Sistem mekanikal memang harus diakui merupakan salah satu mekanisme terbaik untuk memastikan pengalaman PC gaming yang paling maksimal. Ini menjadi point pertama yang mungkin perlu diperhatikan dari MEKA G Unit ini. Sebagai sebuah keyboard mekanikal, G Unit datang dengan desain yang kokoh, tetapi di sisi lain tetap mencerminkan kesan elegan yang kuat. Tim Jagat Play sendiri cukup beruntung untuk mendapatkan versi warna putih yang semakin memperkuat kesan tersebut. Ini tentu saja menjadi daya tarik ekstra, apalagi dengan backlight warna merah, yang sayangnya hanya menyala untuk beberapa tombol saja. Besar tuts dan jarak di antara setiapnya juga terhitung nyaman untuk digunakan.

Bukan sebuah keyboard gaming jika ia tidak mampu hadir dengan fungsi gaming yang mampu memenuhi semua hal yang dibutuhkan oleh seorang gamer. Setiap sebagian besar peripheral gaming lainnya, MEKA G Unit juga menghadirkan 12 tombol makro yang terletak di sisi keyboard untuk memungkinkan kustomisasi yang dibutuhkan untuk setiap game yang Anda inginkan. Ada 3 profile yang dapat Anda ganti secara real-time dengan dua mode utama – normal dan game. Tidak hanya itu saja, di sisi kanan juga terdapat tombol untuk mengakses fungsi audio Anda tanpa perlu mengorbankan fungsi game Anda sama sekali. Anda juga akan mendapatkan dua buah USB port dan audio jack di bagian belakang. Sebagai sebuah keyboard gaming, Tt eSPORTS MEKA G Unit memang menyediakan hampir semua fitur yang dibutuhkan untuk gaming, di antaranya:

Fitur apa saja yang pantas untuk diperhatikan darinya?
  • 1.000Hz Polling Rate
  • Advanced Anti-Ghosting Function
  • Cherry Blacck Mechanical Switch
  • USB Hubs & Audio jacks
  • On-board memory
  • Backlit illuminations
  • Instant Switch System
  • 7 Multimedia Hotkeys
  • Detached cable

Thermaltake Tt eSPORTS MEKA G Unit, Seberapa Nyaman?

Thermaltake Tt eSPORTS MEKA G Unit, Seberapa nyaman?

Seberapa nyaman? Ini tentu menjadi pertanyaan yang paling utama bagi sebagian besar gamer yang memang membutuhkan sebuah keyboard gaming yang berkualitas. Beragam fitur makro dan desain yang elegan tentu menjadi pertimbangan, namun tidak serta memastikan Anda akan mendapatkan pengalaman gaming yang nyaman dan maksimal. MEKA G Unit, untungnya, datang dengan teknologi yang cukup mumpuni untuk memastikan Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan. Keyboard mekanikal dengan switch cherry black ini akan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan feedback aksi secara akurat, cepat, dengan bunyi yang lebih “lembut”. Tidak hanya sekedar untuk gaming, tetapi juga untuk kepentingan komputasi Anda sehari-hari, seperti yang sedang kami lakukan ketika menulis artikel ini. The best part? Fitur anti-ghostingnya juga memastikan bahwa perintah Anda akan terlaksa dengan jauh lebih tepat, tanpa kesalahan, secepat yang Anda inginkan.

Desain dari besar tuts dan jarak di antaranya akan membuat keyboard ini nyaris sempurna untuk fungsi apapun, dengan probabilitas yang kecil bahwa Anda akan melakukan kesalahan karena tata-letak yang ada. Memang butuh waktu untuk membiasakan diri, setidaknya cukup untuk “mengabaikan” 12 tombol makro di sisi kanan ketika tidak Anda butuhkan (terutama ketika Anda menekan tombol Esc). Walaupun datang dengan backlit illumination yang elegan, Thermaltake terkesan setengah-setengah menghadirkannya, dimana hanya beberapa tuts terkait gaming yang mendapatkan fitur ini. Akan jauh lebih baik jika illumination ini disertakan untuk semua tuts yang ada. Apakah hal ini berpengaruh signifikan terhadap pengalaman gaming Anda secara keseluruhan? Selain alasan estetika, hal ini tidak akan berpengaruh besar. MEKA G Unit juga datang dengan detachable cable dan sedikit desain yang memungkinkan Anda untuk melakukan management di bagian bawah keyboard ini.

Cherry black untuk kualitas switch terbaik. Diperkuat dengan anti-ghosting, MEKA G Unit menawarkan eksekusi dan feedback yang akurat dan cepat.
12 tombol makro, 3 profile, dan instant switch system. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk kustomisasi lebih dari cukup untuk menaklukkan setiap genre game PC yang ada.
User-interface driver yang sederhana akan memudahkan Anda memaksimalkan fungsi keyboard gaming yang satu ini.

12 makro, dua mode, dan tiga profile serta Instant Switch System tentu sudah menyediakan lebih dari cukup kustomisasi yang Anda butuhkan untuk “menguasai” genre apapun, dari MMORPG, MOBA, hingga RTS. Pertanyaannya kini, seberapa mudah Anda akan dapat mengubah fungsi sesuai yang Anda inginkan dengan MEKA G Unit ini? Driver yang dihadirkan menampilkan user-interface yang cukup mudah untuk dipelajari dan dimodifikasi. Anda dapat mengubah fungsi 12 tombol makro ini sesuai dengan mudah, dengan hanya melakukan beberapa klik dan menggantinya, dari fungsi yang Anda inginkan, sekuens,  hingga untuk membuka program tertentu. Anda juga bisa mengatur area backlit yang Anda inginkan.

Menjajalnya dia dua buah game yang membutuhkan perintah yang cepat dan repetitif – CS: Global Offensive dan Company of Heroes, MEKA G Unit melakukan tugasnya dengan sangat baik, tanpa celah.

Tentu menjadi sesuatu yang absurd jika kita membicarakan sebuah peripheral gaming tanpa pernah menjajalnya sama sekali untuk keperluan tersebut. Untuk keyboard mekanik yang satu ini, kami langsung menjajalnya di dua genre utama: FPS yang diwakili Counter-Strike: Global Offensive dan RTS yang diwakili oleh Company of Heroes. Mengapa kedua genre ini? FPS dan RTS merupakan genre yang akan memaksa gamer untuk lebih cekatan menggunakan keyboard daripada peripheral yang lain. Walaupun tombol yang dibutuhkan tidak kompleks, namun kesederhanaan tombol di FPS dan RTS menuntut gamer untuk memanfaatkan keyboard dengan fungsi yang cepat dan cenderung repetitif. Satu kali saja keyboard tidak mampu menjalankan perintah dengan baik, efek yang dihasilkan akan sangat besar. Setelah menjajalnya dalam hitungan jam, Thermaltake Tt eSPORTS MEKA G Unit ini mampu melakukan tugasnya dengan baik. Tidak perlu diragukan lagi, kehadiran switch cherry black dan fitur anti-ghostingnya akan memungkinkan reaksi Anda berjalan seakurat dan secepat yang Anda bisa, terutama di CS: Global Offensive. Sementara fungsi makro akan terasa sangat penting di Company of Heroes, terutama ketika Anda mulai mengorganisasi unit dalam jumlah besar. MEKA G Unit “lolos” dengan begitu baik untuk uji coba kali ini. Berganti PC dan Anda membutuhkan fungsi yang sama? On-board memory yang disediakan oleh keyboard ini membuat Anda tidak perlu merepotkan diri untuk kembali mempersiapkan setting yang sama.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…