Lightning Returns: Final Fantasy XIII Diperkenalkan!

Reading time:
September 3, 2012
lightning returns

Square Enix seolah “bereksperimen” dengan seri Final Fantasy XIII-nya. Berbeda dengan kebiasaan masa lalu dimana FF selalu kedatangan seri terbaru, Square Enix tampaknya kini lebih berfokus untuk menciptakan sebuah sekuel dengan cerita yang terus berkelanjutan. Seperti yang sudah “dijanjikan” sebelumnya, petualangan sang heroine – Lightning akan berlanjut ke seri ketiga setelah ending XIII-2 yang memang masih membuka segudang peluang untuk hal tersebut. Plot seperti apa yang akan diusung? Fitur baru yang akan mendefinisikan seri teranyar yang satu ini? Setelah lama dinantikan, Square Enix akhirnya secara resmi memperkenalkan seri terbaru – Lightning Returns: Final Fantasy XIII!

Sesuai dengan namanya, seri ketiga – Lightning Returns: Final Fantasy XIII ini akan kembali menjadikan Lightning sebagai karakter utama. Square Enix juga sudah menegaskan bahwa ini akan menjadi perjalanan terakhir bagi karakter wanita yang satu ini. Memang belum ada detail atau penampakan wujud Lightning kali ini, namun Square Enix sudah berbagi begitu banyak mekanisme gameplay dan fitur baru yang akan disuntikkan di dalamnya. Salah satunya adalah konsep “World Driven”, dimana dunia Lightning kini akan bergerak dinamis. Para NPC akan memiliki aktivitasnya masing-masing, dengan perbedaan di kala siang dan malam. Semakin malam, semakin tinggi pula ancaman yang akan ditemui oleh Lightning. Tidak lagi di Cocoon maupun Pulse, Lightning kini akan berada di sebuah dunia baru yang dinamakan Novus Partus.

lightning returns concept art
Salah satu concept art yang diperkenalkan oleh Square Enix.. Lightning terlihat mengenakan desain pakaian yang baru..

Apa yang akan membuat seri Lightning Returns: Final Fantasy XIII ini akan sangat berbeda dibandingkan dua seri sebelumnya? Konsep waktu kembali dihadirkan, tetapi berbeda dengan perjalanan waktu di XIII-2. Untuk sebuah alasan yang belum dijelaskan, Anda akan memiliki waktu yang terbatas untuk menjelajahi seri ketiga ini, tepatnya – 13 hari sebelum tibanya akhir dunia yang akan menghancurkan semuanya. Waktu kiamat yang disebut “Doomsday Clock” ini akan terus berdetak, memaksa gamer untuk bergerak lebih efektif. Beberapa quest dan misi yang diselesaikan akan memundurkan alur Doomsday Clock dan memberikan waktu bagi Lightning untuk mencapai pertempuran terakhirnya.

Bagaimana dengan sistem pertarungannya sendiri? Square Enix akan menyuntikkan sistem baru untuk Lightning dengan ciri action yang lebih kental. Walaupun tetap hadir dengan sistem ATB ala dua seri sebelumnya, Lightning kini mampu melakukan beberapa gerakan khas game action seperti bergelantungan, menarik diri, hingga berlindung di balik cover. Kustomisasi pada armor dan senjata Lightning juga akan memainkan peranan yang lebih penting, bahkan dikabarkan akan menggantikan sistem Paradigm Shift yang sudah digunakan di dua seri sebelumnya. Setiap armor dan senjata yang digunakan akan memberikan kemampuan berbeda untuk Lightning. Sepertinya ini akan menjadi konsep yang serupa dengan sistem Job yang sempat ditawarkan Square Enix untuk FF X-2 di masa lalu. Anda bisa menyimak presentasi lengkapnya lewat jajaran video di bawah ini.

Lightning Returns: Final Fantasy XIII direncanakan akan dirilis pada tahun 2013 mendatang untuk XBOX 360 dan Playstation 3. How about you? Excited about this new series? 

Yoshinori Kitanase – Announcement

Isamu Kamikokuryo – World Design

Yuji Abe – Game Design

Motomu Toriyama – Concept

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…