Anonymous Jadikan Zynga Sebagai Target Selanjutnya

Reading time:
October 30, 2012
anonymous logo hd

Siapa yang tidak mengenal nama Anonymous? Kelompok hacker yang satu ini memang berhasil menarik perhatian dunia setelah sepak terjangnya selama beberapa tahun terakhir ini. Di tangan mereka, banyak korban korporat dan lembaga pemerintahan jatuh. Lihat saja apa yang berhasil mereka lakukan terhadap Sony sebagai reaksi atas ditangkapnya Geohot beberapa waktu yang silam. Anonymous berhasil menerobos masuk ke dalam Playstation Network, mencuri data-data personal para user, dan mengobrak-ngabriknya hingga membuat Sony harus membangun ulang PSN dengan biaya yang tidak sedikit. Dengan reputasi seperti ini, tidak mengherankan jika Anonymous mulai tumbuh sebagai kelompok “Hacktivist” yang ditakuti. Target mereka selanjutnya? Publisher yang kini tengah dirundung segudang masalah – Zynga.

Lewat situs resminya, Anonymous menyatakan bahwa fase pertama operasi untuk “menghancurkan” Zynga telah dimulai. Operasi yang dinamakan “maZYNGA” ini bersiap untuk menimbulkan kekacauan di tubuh Zynga. Anonymous mengancam akan file-file rahasia para eksekutif Zynga serta membagikan game-game yang sudah mereka curi dari server Zynga untuk didistribusikan secara gratis. Apa alasan di balik tindakan ini? Anonymous menilai bahwa Zynga telah melakukan perlakuan yang tidak adil setelah kasus pemecatan lebih dari 5% jumlah karyawan yang mereka lakukan. Dengan uang dan keuntungan miliaran dollar di akun para eksekutifnya, Anonymous merasa bahwa kebijakan korporat seperti ini adalah penghinaan bagi masyarakat. Kelompok peretas ini percaya bahwa Zynga akan melakukan lebih banyak pemecatan dalam waktu dekat dan memberikan pekerjaan-pekerjaan untuk outsource di India. Berikut adalah transkrip dari ancaman yang mereka rilis:

“Zynga customers and Facebook users , We are anonymous . During the last few days anonymous has been targeting Zynga for the outrageous treatment of their employees and their actions against many developers . We have come to believe that this actions of Zynga will result in massive layoff of a thousand people and legal actions against everyone that speaks to the public about this plan. It will also come to end of the US game market as we know it as all this jobs will be replaced in other more convenient financial countries. With a billion dollars cash sitting in a bank we do believe that such actions are an insult to the population and the behaviour of corporations like Zynga must change. Anonymous could not allow this to happen so it’s starting to release confidential documents we have leaked on this plan. As we speak we are planning to release also all the games we’ve taken from their servers for free. That being said we will stop the idea of the distribution of such games if Zynga will cease immediately the plan.”

zynga
Mampukah Zynga bertahan dari serangan Anonymous ini?

Ancaman dari Anonymous ini tentu saja semakin memperburuk kondisi yang harus dihadapi Zynga saat ini. Di sisi yang lain, Zynga masih harus “berperang” melawan EA yang tetap melanjutkan proses hukum “The Ville” yang dianggap mencuri konsep The Sims Social. Apakah Zynga mampu bertahan dari semua masalah ini? Ataukah Anonymous akan menjadi meriam terakhir yang diterima oleh Kerajaan Zynga sebelum keruntuhannya? Kita tunggu saja.

Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…