Sui Generis: Proyek Action RPG dengan Physics!
Action RPG, terutama yang datang dengan sistem kamera isometrik memang selalu datang dengan identitas gameplay yang serupa satu sama lain. Permainan seringkali divisualisasikan dengan gaya yang kartunis dan inti gameplay yang berfokus pada loot dan pemilihan skill yang tepat. Stagnansi dan minimnya inovasi membuat genre ini hampir tidak menawarkan sesuatu yang baru ke pasaran. Untungnya, beragam developer indie berani menabrak sikap publisher yang cenderung konservatif, terutama ketakutan untuk menwarkan hal baru terkait resiko popularitas yang dipertaruhkan. Seperti yang dilakukan oleh developer dengan tim 5 orang – Bare Mettle Entertainment dengan proyek action RPG mereka – Sui Generis.
Apa yang membuat Sui Generis berbeda dibandingkan dengan franchise action RPG yang lain? Seperti game action RPG lainnya, ia juga menjadikan dunia fantasi sebagai tema utama dengan gaya isometrik yang juga serupa. Perbedaan yang paling utama ada pada inovasi Sui Generis untuk menyuntikkan mekanisme physics di dalamnya. Sang developer menyebutnya sebagai “Morrowind dengan gaya GTA”. Oleh karena itu, setiap pertarungan akan terasa unik lewat beragam animasi gerak dan konsekuensi yang ditimbulkan darinya. Sui Generis juga diklaim akan datang dengan lingkungan yang interaktif, kustomisasi karakter, dan plot yang non-linear. Untuk mengembangkan game ini, Bare Mettle Entertainment memutuskan untuk membuka proyek Kickstater untuk membiayainya. Target awalnya adalah 150.000 Euro dan sudah terkumpul hampir 90.000 Euro saat artikel ini ditulis. Dengan waktu sisa 3 hari, besar kemungkinan dana Sui Generis ini akan terkumpul.
Sebagai sebuah proyek yang inovatif, kelahiran Sui Generis tentu saja berpotensi untuk melahirkan sebuah tren baru di industri game. Walaupun belum pernah dihadirkan sebelumnya, namun menggabungkan sebuah game action RPG dan physics terdengar sebagai sebuah ide yang menawan, apalagi dibangun dengan engine grafis yang berkualitas. So, Sui Generis, impress us more!