JagatPlay’s 2012 – A Year in Review: Tribute to Players

Reading time:
December 31, 2012
fireworks

 

Tinggal hitungan jam dan kita akan bergerak menuju tahun yang baru. Tidak terasa, kita sudah melewati 365 hari yang menyenangkan, melelahkan, membanggakan, menyedihkan, dan mengecewakan di tahun 2012 ini. Kita tidak hanya membicarakan hidup pribadi kita masing-masing, tetapi juga sebuah dunia yang telah menyatukan kita semua ke dalam satu kategori kelompok yang sama – gamer.  Tahun 2012 memang menjadi tahun yang memang terhitung menarik. Beberapa seri game yang sudah lama diantisipasi akhirnya dirilis, yang lainnya akhirnya bertemu dengan penghujung cerita yang sudah lama dinantikan,dan tidak sedikit yang berhasil mencatatkan kesuksesan sebagai sebuah franchise baru. Menjelang akhir tahun bagi gamer juga berarti mempersiapkan diri untuk sebuah timeline baru yang menjanjikan jajaran game yang tidak kalah menariknya. Semuanya ada di tahun 2013.

Lantas apa yang pantas untuk diantisipasi di tahun 2013 mendatang? Jajaran game berkualitas tinggi dari segudang developer dan publisher raksasa sudah pasti akan menemani sejak awal bulan pergantian tahun, hingga mencapai puncaknya pada periode pertengahan tahun, dengan dirilisnya GTA V. Game open-world yang satu ini memang harus diakui akan menjadi primadona yang tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya itu saja, beberapa franchise yang memang didesain tahunan dan tetap dirahasiakan juga akan menjadi kejutan tersendiri yang akan membuat 2013 kian menarik. Beberapa rumor juga sempat menyebutkan bahwa Sony dan Microsoft akan memperkenalkan konsol generasi selanjutnya tahun ini juga. Benar atau tidak? Tahun 2013 akan membuktikan segalanya.

JagatPlay – A Year in Review: Awesome Year!

gabe newell as god
It’ has been an awesome year!

 

Tahun 2012 tidak hanya mejnadi waktu yang menyenangkan, tetapi sekaligus juta menantang bagi JagatPlay. Lahir sebagai sister side dari Jagat Review, bagaikan bayi yang baru lahir, Jagat Play mulai harus merangkak mencari bentuk dan identitasnya sendiri. Beragam perencanaan matang disusun untuk memastikan bahwa situs ini tidak hanya menjadi sebuah bayangan dan cermin semata, tetapi sebuah individu yang mampu berdiri, berjalan, dan tumbuh menjadi wadah untuk komunitasnya sendiri. Sebuah langkah kecil yang butuh keberanian dan persiapan, namun bukannya tidak mungkin untuk dijalankan. Maka seperti game-game RPG yang sudah menemani hidup kami selama ini, kami memberanikan diri untuk memulai perjalanan penuh misteri ini. Player 1 – Jagat Play, press start button!

Siapa yang menyangka, bahwa lewat serangkaian konten news, preview, review, dan features unik kami sendiri, Jagat Play perlahan namun pasti, meraih popularitasnya sendiri. Layaknya seorang karakter RPG yang baru menempuh perjalanannya, kami mulai menemukan skill yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tantangan, dan beberapa equipment yang mulai dapat diandalkan. Level mulai didapatkan, popularitas mulai terbangun, dan beberapa monster di hutan mulai dapat dibunuh satu per satu. Namun perjalanan masih begitu jauh, tidak hanya troll, ogre, imp, namun keempat naga di keempat penjuru mata angin yang menjadi target utama masih jauh dari tebasan pedang. Maka seperti layaknya sebuah fase, Jagat Play mulai membentuk diri di tahun 2012 ini, namun masih jauh untuk menjadikan diri sebagai sang legendary hero. Tahun 2013 akan menjadi fase untuk mengeksplorasi lebih banyak hal, mencari experience tambahan, menyelesaikan side-quest baru, dan tumbuh lebih kuat.

scott pilgrim level up1
1 year have passed, Jagat Play level up!
tifa cosplay
Next trend? Jagat Play akan lebih memaksimalkan fan page Facebook untuk mengirimkan beragam konten “menarik” yang tidak dapat spesifik masuk ke dalam artikel. Tidak hanya gambar game yang lucu, unik, dan menarik, tetapi juga Sexy Cosplay! So make sure, to follow our  fan page..

Jadi bagaimana dengan keseluruhan tahun 2012 sejauh ini? Kami harus mengakuinya sebagai tahun yang menyenangkan. Banyak game-game berkualitas dan berita-berita signifikan dihadirkan di tahun ini, memperlihatkan prospek hidup gamer yang tampaknya tetap akan cerah hingga beberapa tahun ke depan. Dengan keterbatasan slot waktu dan “hidup” yang masih bergantung pada Jagat Review, Jagat Play tidak hanya dituntut untuk memberitakan news terhangat secepat mungkin, namun memilih news yang memang memiliki peran yang lebih krusial di hati para gamer. Preview tetap dimunculkan sebagai cara untuk membantu gamer mendapatkan gambaran tentang game-game terhangat, yang disajikan lewat screenshot dan kesan pertama. Sementara review dirangkai untuk membahas sebuah game lebih mendalam, tidak dari segi teknis belaka, tetapi lebih kepada keseluruhan pengalaman yang dihadirkan, baik bagi mereka yang baru maupun familiar dengan franchise yang ada. Review hardware gaming juga difokuskan untuk hal tersebut.

Bagaimana dengan tahun 2013? Mempertahankan tren yang ada, kami juga akan terus memutar otak dan membongkar kreativitas untuk membuat Jagat Play menjadi tidak hanya menjadi sebuah situs game belaka, tetapi juga komunitas untuk menyalurkan hasrat, informasi, dan diskusi para gamer. Menggunakan sistem komen Facebook menjadi awal untuk menciptakan pengalaman yang lebih interaktif. Untuk menyediakan informasi ekstra terkait game dan fun yang tidak mungkin disediakan di artikel, kami mulai berpaling pada situs jejaring sosial Facebook dan mencurahkan beragam konten lewat fan page Jagat Play, yang tentu saja, sebagian besar diwakili bentuk gambar terbaik yang kami dapat di dunia maya. Oh yeah, we are not afraid to deliver the most sexiest cosplay on the net, for you guys.. But don’t see us a pervert, it’s a merely a man’s instinct.. LOL

It’s A Tribute to You, Players!

bravo gif

Apa yang membuat Jagat Play berhasil mencapai tahun yang menyenangkan di 2012 ini? Satu pondasi paling utama yang tidak tergantikan, tentu saja adalah para pembaca kami yang setia – Players. Yups, termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini dan mengangguk. Tanpa kehadiran dan kesetiaan Anda untuk menemani perjalanan kami, maka Jagat Play tidak akan berarti apa-apa. Seperti halnya karakter RPG yang kami sebutkan sebelumnya, Anda lah yang menjadi companion terbaik kami, yang menjadi teman yang saling bahu-membahu dengan satu benang merah ketertarikan yang sama. Mengapa? Karena pada akhirnya, tidak akan hero legendary tanpa companion yang tepat, tidak akan ada hero yang akan mampu mengalahkan keempat naga terkuat di empat penjuru mata angin tersebut seorang diri. We need you, guys!

Tidak ada alasan untuk tidak jatuh cinta kepada setiap dari Anda, para Players. Berbeda dengan beberapa situs gaming dan forum yang lain, setiap dari Anda berhasil membuktikan diri sebagai seorang gamer yang berani, berwawasan, terbuka, berbagi pengalaman dan ketertarikan yang sama, serta beradab. Hampir semua diskusi yang terjadi di artikel yang diluncurkan di Jagat Play berjalan dalam alur yang mudah untuk dinikmati dan selalu mencerahkan, memberikan informasi ekstra bagi yang lainnya, bahkan tidak segan untuk memberikan kritik dengan dasar argumen yang memang dapat dipertanggungjawabkan. Bahkan cukup untuk menahan diri melakukan troll-feeding yang walaupun tidak sering, namun sempat terjadi. Berkat komitmen para players, Jagat Play menjadi sebuah rumah dengan anggota keluarga yang memiliki mentalitas yang “sehat” dan dewasa. Dan aksi Anda untuk menekan tombol like Facebook dan membagikan artikel yang menurut Anda menarik di akun sosial media Anda? That is super duper awesome move and we can’t thank you enough for that!

gaming lives
Atas dasar benang merah ketertarikan yang sama dan attitude Players yang luar biasa, Jagat Play menjadi sebuah rumah dengan komunitas yang terhitung sehat.

Maka dengan sudut pandang sebagai sebuah komunitas yang akan tumbuh, hidup, dan besar bersama, Jagat Play tidak akan pernah menutup diri untuk setiap saran dan kritik yang ada. Seperti layaknya bahan bangunan, saran dan kritik dibutuhkan untuk menciptakan sebuah rumah yang lebih luas, toleran, nyaman, dan bersahabat untuk sebagian besar penghuninya. Anda selalu bisa berbagi apa yang Anda pikirkan, inginkan, dan sukai, namun tentu saja – in a proper way..

Dan Pada Akhirnya..

Dan pada akhirnya, tribute ini ditutup dengan sebuah mimpi dan doa yang sederhana: agar setiap dari Anda, para Players yang sudah lama berlayar dengan  Jagat Play, atau Anda yang baru hendak memulai perjalanan menarik bersama kami, untuk mencicipi dan mendapatkan pengalaman tahun 2013 terbaik dan paling maksimal yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya dari game-game yang akan kita cicipi bersama, tetapi juga kehidupan pribadi kita masing-masing. Semoga tahun ini hadir dengan begitu banyak kesempatan untuk mencapai kehidupan yang lebih berkualitas di semua bidang, sekaligus tetap mudah untuk dinikmati dan menyenangkan. Work harder, play hardest!

Singkat kata, untuk para Players, kami segenap kru Jagat Review dan Jagat Play mengucapkan:

tumblr m1edokONYl1r5g67po1 500

 

SELAMAT TAHUN BARU 2013

dan

SELAMAT MENIKMATI LIBURAN!

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…