Lightning Returns: FF XIII Tetapkan Waktu Rilis

Reading time:
January 18, 2013
lightning returns new

Sebuah trilogi. Sebagian besar gamer yang tumbuh besar dengan franchise Final Fantasy tentu tidak akan pernah membayangkan jika kebijakan seperti ini mampu diimplementasikan untuknya. Namun Square Enix tampaknya punya ide “inovatif” yang lain. Kembali membawa petualangan sang heroine – Lightning, mereka justru mempersiapkan seri akhir trilogi yang diklaim akan membawa banyak perubahan di sisi gameplay – Lightning Returns: FF XIII. Dalam update terakhir yang dilakukan Square Enix untuk media-media gaming dari Amerika Utara, berbagai misteri yang menyelimuti seri ini akhirnya terkuak. Beberapa media asing mulai melakukan preview dan memberikan gambaran apa yang sebenarnya ditawarkan di dalamnya.

Hampir sebagian besar media gaming yang ikut dalam pengenalan ini menuliskan komentar yang hampir serupa satu sama lain. Satu yang pasti, mereka menyoroti perbedaan dunia yang begitu berbeda dibandingkan seri-seri FF sebelumnya. Sistem pertempurannya sendiri memang akan berfokus pada sosok Lightning semata, dengan menjadikan style sebagai kustomisasi utama untuk menciptakan mekanisme pertempuran yang lebih dinamis. Anda akan disuguhi dengan tiga buah ATB berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Kelemahan musuh akan diperlihatkan dalam bentuk ikon kecil agar gamer lebih mudah untuk melakukan counter dan menghasilkan damage lebih tinggi. Square Enix juga mengkonfirmasikan bahwa sistem style untuk healing telah ditiadakan. Sebagai gantinya, gamer harus membeli makanan di toko sepanjang Luxerion untuk memulihkan diri.

noel lt ff xiii
Secara mengejutkan, Noel ternyata kembali di Lighting Returns: FF XIII ini. Namun tidak lagi sebagai companion, Noel justru terlihat berusaha membunuh Lightning.
lumina lt ff
Si karakter baru – Lumina. Seperti Serah, ya?
style lt ff xiii
“Style” menjadi fitur kustomisasi utama di Lightning Returns: FF XIII. Kemampuan dan gerakan serangan Lightning akan ditentukan oleh pakaian, senjata, dan aksesoris yang ia kenakan.

Berusaha untuk memperpanjang usia dunia yang disebut-sebut sebagai “The Divine City of Light and Prayer” ini, Lightning harus menyelesaikan beragam quest dari NPC yang kini bergerak dan beraktivitas secara dinamis. Hanya diberikan waktu selama 13 hari menuju akhir dunia, Square Enix lebih menjual replayability untuk seri terbaru ini. Satu hal yang cukup menarik? Mereka juga memperkenalkan beberapa karakter yang akan menemani Lightning. Setelah Snow dan Hope, Lightning juga akan bertemu kembali dengan Noel – sang karakter utama di FF X-2. Namun tidak lagi sebagai, trailer teranyar yang dirilis memperlihatkan pertarungan di antara keduanya. Tidak hanya Noel, Lightning Returns: FF XIII juga memperkenalkan Lumina – karakter wanita mirip Serah, namun kepribadian dan pakaian yang tampil lebih gothic.

Menjadi seri penutup untuk legenda Lightning, seri Lighting Returns: FF XIII tentu saja menjadi seri yang tidak boleh terlewatkan. Kapan Anda dapat menikmatinya? Square Enix berencana untuk merilisnya pada musim gugur 2013 mendatang, secara serentak di seluruh dunia untuk XBOX 360 dan Playtation 3.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang mengantisipasi kehadiran petualangan terakhir Lightning ini?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…