Menjajal SMITE – Closed Beta: “DOTA” dengan Gaya Third Person!

Reading time:
January 4, 2013

The Real Battle Arena!

Smite 57
Welcome to the Arena!

Mengusung genre Multiplayer Online Battle Arena, SMITE tidak hanya menyediakan mode tri-lane klasik yang tentu saja sudah sangat familiar. Salah satu mode lain yang tidak boleh terlewatkan adalah mode Arena yang terhitung unik. Jika dapat disimpulkan dalam satu kalimat sederhana, Arena adalah sebuah mode PvP – Team Deathmatch, yang sempat diusung beberapa game MMO di masa lalu. Dalam pertempuran 5 vs 5, Anda akan langsung dihadapkan pada satu arena lingkaran besar untuk bertarung secara frontal. Beberapa mekanisme lain seperti halnya item/equipment, level, skill, dan regen juga tetap disertakan di dalamnya.

Smite 61
Beberapa mekanisme dasar di arena memang masih sama, namun didesain untuk menciptakan pengalaman action yang lebih intens. Pertempuran 5 vs 5 secara frontal menjadi sesuatu yang pasti.
Smite 58
Full action!

Apa tujuan utama dari Arena ini sendiri? Jika mode konvensional membutuhkan Anda untuk menghancurkan ancient di markas tim lawan, Arena berjalan layaknya mode Conquest di mode multiplayer FPS. Setiap tim akan mendapatkan poin dalam jumlah tertentu untuk dipertahankan. Jika poin ini menyentuh angka 0, maka tim tersebut akan dihitung kalah. Lantas bagaimana cara memanipulasi angka ini? Dalam setiap beberapa detik sekali, lusinan creep akan muncul dari markas setiap tim dan langsung bergerak menuju portal tim lawan. Untuk setiap creep yang berhasil berjalan menerobos portal markas tim lawan, maka point tim lawan akan dikurangi satu. Semakin sedikit hero tim lawan yang bertahan, berarti semakin besar pula probabilitas creep akan mampu mencapai portal tim lawan. Dengan satu tujuan sederhana inilah, Arena menyediakan mode pertempuran dengan ritme yang super cepat. It’s full action!

Freemium untuk Hero dan Kosmetik

Smite 2
Sebagai game free to play, SMITE akan mengusung Freemium sebagai pondasi dasar. Namun tenang saja, uang nyata yang dikeluarkan hanya dapat digunakan untuk membuka hero yang terkunci atau sekedar membeli alternatif kostum untuknya. Tidak lebih.

Direncanakan akan dirilis sebagai sebuah game free to play di masa depan, SMITE sudah memperlihatkan bentuk dasar untuk konsep freemium yang mereka usung. Jangan takut bahwa Anda akan berhadapan dengan pertarungan yang tidak seimbang hanya karena anggota tim Anda atau tim lawan berani mengeluarkan uang nyata untuk tampil gemilang di SMITE. Walaupun memungkinkan Anda untuk berbelanja dengan mata uang khusus yang dapat dibeli dengan uang nyata, namun mata uang ini hanya akan dapat dibelanjakan untuk membuka hero dan kepentingan kosmetika saja, tidak lebih. Setiap hero / dewa yang ada akan ditawarkan dalam beberapa bentuk yang lebih keren.

Smite 42
Walaupun dapat dibeli dengan uang nyata, Hi-Rez Studios masih terhitung adil. Anda tetap bisa membuka setiap karakter yang terkunci dan kostum mereka dengan menggunakan “Favors”, uang dalam game. Namun tentu saja, membutuhkan perjuangan dan waktu yang terhitung lama.
Smite 60
Fitur terbaik yang seharusnya juga diusung oleh game MOBA dengan mekanisme freemium yang sama? Sewa Hero!

Bagiamana dengan Anda yang tidak tertarik dengan sistem ini? Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang sama sekali juga dapat menggunakan uang di dalam game (Favors) untuk membeli setiap dari Dewa yang ada. Namun tentu saja, Anda butuh memenangkan banyak pertempuran dan mencapai level yang tinggi sebelum mendapatkan favors yang cukup untuk tidak sekedar membuka Hero, tetapi juga membeli kostum alternatif untuknya. Untungnya, SMITE juga menyediakan salah satu fitur jempolan yang seharusnya diikuti oleh MOBA lain – yakni “Sewa”. Benar sekali, tidak harus dipaksa untuk membeli, Anda juga dapat menyewa dan membuka hero yang terkunci untuk digunakan hanya dalam satu kali pertempuran. Harga sewanya sendiri terhitung cukup terjangkau, walaupun mungkin tidak akan menutupi keuntungan dari memenangkan sebuah pertempuran. Salah satu fitur yang pantas untuk diacungi jempol.

Kesimpulan

Smite 91
Bagi Anda para penggemar MOBA yang membutuhkan atmosfer permainan yang unik dan menyegarkan, maka SMITE adalah sebuah alternatif yang pantas untuk dijajal, apalagi Anda dapat mengunduh dan memainkannya secara gratis.

SMITE harus diakui menawarkan sebuah pengalaman MOBA yang benar-benar unik, apalagi dengan kacamata orang ketiganya yang selama ini mungkin dilihat sebagai sebuah konsep yang mustahil untuk diimplementasikan. Walaupun membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan sistem pertempuran yang ada, apalagi dengan mekanisme kontrol yang identik dengan game-game third person, para gamer MOBA akan mudah menangkap esensi SMITE dalam waktu yang singkat. Apalagi mengingat Hi-Rez Studios menyediakan beberapa fitur yang sangat membantu para pemula seperti Auto-Skill dan Auto-Item sehingga Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan jenis item dan skill yang harus didapatkan. Desain setiap dewa dan lingkungan yang begitu masif juga harus diacungi jempol.

Masa closed-beta memang harus diakui menjadi masa percobaan untuk menguji dan melihat seberapa baik sebuah game berjalan, setidaknya untuk dinikmati. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kita akan menemukan beberapa hal yang cukup mengganggu di SMITE. Salah satu yang paling krusial? Bahwa ternyata dua buah tim yang berbeda masih diperkenankan untuk menggunakan hero yang sama, sehingga cukup menganggu dinamika pertempuran yang dapat tercipta. Apalagi kedua hero sama ini akan berbagi elemen resistance yang sama, sehingga tidak mungkin saling mengalahkan jika berhadapan satu lawan satu. Masalah lain yang cukup mengganggu adalah animasi serangan para hero melee yang terasa kurang greget, sehingga tidak jelas apakah serangan yang Anda lancarkan benar-benar melukai creep atau hero tim musuh. Kedua hal ini seharusnya menjadi perhatian yang utama.

Setelah kebuntuan genre MOBA selama beberapa tahun terakhir ini, SMITE menyediakan sebuah gameplay yang selama ini mungkin hanya dapat diimpikan oleh para gamer. Apalagi ia didesain dengan kualitas yang pantas untuk diacungi jempol. Bagi Anda para penggemar MOBA yang membutuhkan atmosfer permainan yang unik dan menyegarkan, maka SMITE adalah sebuah alternatif yang pantas untuk dijajal, apalagi Anda dapat mengunduh dan memainkannya secara gratis. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memberikan like untuk fan page SMITE di Facebook dan Anda akan diberikan sebuah beta key. Downloadernya sendiri berukuran sekitar 2.2 GB.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…