Apa yang Menyebabkan THQ Bangkrut?
Gamer mana yang tidak mengenal nama THQ sebelumnya. Developer dan publisher kawakan yang satu ini memang sudah menelurkan banyak franchise yang menemani hidup gamer dalam waktu yang lama. Namun sayangnya, beragam masalah pelik, terutama finansial, akhirnya memaksa THQ untuk pailit dan dibubarkan. Beberapa perusahaan developer dan franchise andalan yang bernaung di bawahnya terpaksa dijual dan diakuisisi oleh perusahaan lain yang lebih sehat. Namun apa yang sebenarnya terjadi dengan THQ? Mengapa ia bisa terjebak dalam lubang finansial yang tidak terselamatkan? Sang mantan presiden – Jason Rubin memberikan sedikit gambaran akan apa yang terjadi.
Dalam wawancara terbarunya dengan situs gaming MCV – Rubin menegaskan ada beberapa kesalahan fatal yang memberikan sumbangsih terbesar pada hancurnya THQ. Kesalahan yang sempat mereka harapkan tidak pernah terjadi. Rubin menyatakan bahwa kesalahan pertama ada pada kebijakan untuk meluncurkan perangkat uDraw yang ternyata berujung pada kegagalan besar. Hal ini diperparah dengan besarnya pengeluaran dan modal yang sudah dikeluarkan THQ untuk membangun Warhammer MMO, yang akhirnya dibatalkan. Tidak hanya merugikan secara finansial, dua proyek ini menghambat THQ untuk menaruh perhatian pada franchise lain yang seharusnya menguntungkan, seperti Homefront. THQ juga mengakui bahwa mereka memiliki metode yang kurang efektif untuk bekerja sama dengan pihak lain.
Semua kelemahan ini akhirnya mendorong THQ keluar dari persaingan dan kehilangan eksistensinya sebagai developer dan publisher yang sangat diperhitungkan di industri game. Namun masa lalu memang akhirnya tinggal penyesalan. Yang tersisa saat ini hanyalah harapan gamer agar hal yang sama tidak terjadi untuk publisher kawakan lainnya. Let’s hope so!