Review Dead Space 3: Pompa Adrenalin yang Jauh Lebih Intens!

Reading time:
February 13, 2013

Racik dan Bangun Senjata Anda Sendiri!

Dead Space 3 PART 2 51
Prepare for your doom, Necromorph!

Masih ingatkah Anda dengan konsep Power Nodes yang menghiasi dua seri Dead Space sebelumnya? Item kecil super penting yang satu ini memang memungkinkan Anda untuk memperkuat senjata dan armor dengan mekanisme yang super sederhana, seperti layaknya sebuah sistem skil di game-game RPG. Anda hanya tinggal memilih atribut, mengikuti jalur, dan memperkuat semua hal yang Anda inginkan. Sementara untuk item, peluru, dan beberapa item penting lainnya, Anda bisa menggunakan credit yang Anda dapatkan untuk dibelanjakan secara langsung. Sebuah sistem yang akhirnya dirombak besar-besaran oleh Visceral untuk Dead Space 3, menghasilkan sebuah mekanisme baru yang lebih kompleks dan menarik. Selamat datang di dunia Crafting!

Tidak lagi sekedar memilih dan membeli, Anda kini harus membangun senjata dan upgrade armor yang Anda gunakan. Seperti layaknya sistem crafting yang biasa Anda temukan di game RPG, setiap senjata dan upgrade armor kini akan membutuhkan komponen spesifik tertentu untuk dapat dibangun dan dieksekusi. Komponen-komponen ini dapat Anda temukan dengan beberapa cara: mendapatkannya sebagai loot dari Necromorph maupun Inner Circle yang berhasil Anda tundukkan, sebagai bayaran dari menjual item tertentu, hingga dari mekanisme scavenger bots yang dapat Anda tugaskan di titik-titik khusus untuk mengumpulkan resource dalam waktu terbatas. Semua tindakan ini akan membantu Anda mengumpulkan komponen yang Anda perlukan untuk meracik dan membangun semua hal yang Anda butuhkan, dari sekedar senjata, item, hingga penguatan armor.

Dead Space 3 PART 2 23
Tidak lagi mengusung mekanisme sederhana dengan Power Node, Anda kini harus mengumpulkan serangkaian komponen spesifik sebelum mampu memperkuat senjata dan armor, atau bahkan menciptakan item tertentu. Sistem shop dinihilkan dari seri ketiga ini.
Dead Space 3 PART 2 60
Ada beberapa cara untuk mendapatkan loot komponen, dari membunuh musuh, menjual item, hingga menugaskan scavenger bot Anda untuk mencarinya di tempat-tempat khusus.
Dead Space 3 PART 2 13
Butuh memperkuat armor? Pastikan Anda memiliki komponen dalam kuantitas yang dibutuhkan.

Namun salah satu elemen yang mendapatkan konsekuensi paling ekstrim dari sistem crafting ini tentu saja adalah benching senjata yang dulunya tampil sangat sederhana. Hilangnya sistem shop yang memungkinkan Anda untuk sekedar membeli kini digantikan dengan sistem membangun. Dengan komponen dasar yang ada, Anda bisa membangun sebuah senjata dari dasar, baik berdasarkan kreasi sendiri maupun didasarkan pada blue print yang ada. Menetapkan frame, upper tool, lower tool, core, hingga ujung senjata akan menghadirkan efek yang berbeda-beda satu sama lain. Pada dasarnya, Anda bisa menciptakan sebuah senjata dengan dua ujung dan efek yang berbeda-beda kali ini. Sebuah Contact Beam dengan Plasma Cutter di bawah atau sebuah Javelin Gun dengan Rifle? Why not!

Dead Space 3 PART 2 6
Salah satu implikasi paling krusial dari sistem crafting ini adalah kebebasan untuk menciptakan senjata dalam bentuk yang Anda inginkan. Dipecah ke dalam part, Anda bisa membangun senjata beradasarkan kreativitas ataupun blueprint yang ada.
Dead Space 3 115
Tidak hanya sekedar membangun, Anda juga dapat memperkuat senjata racikan Anda dengan buff-buff permanen tertentu, baik menggunakan circuit yang akan memperkuat status maupun beberapa aksesoris yang akan menghasilkan efek tertentu.
Dead Space 3 PART 2 57
Sudah membangun senjata yang Anda inginkan? It’s time to test it on Necromorph! Pastikan Anda menggunakan senjata yang memang cocok dengan gaya bermain Anda.

Tidak hanya sekedar membangun, Anda juga dapat memperkuat senjata yang sudah Anda bangun dengan dua cara: Anda bisa menyuntikkan beragam circuit yang Anda dapatkan di sepanjang permainan untuk memberikan buff-buff spesifik secara permanen, atau Anda dapat menyuntikkan dua aksesoris tambahan yang dapat memberikan efek tertentu kepada senjata yang Anda gunakan. Salah satu favorit kami? Menyuntikkan teknologi statis-coating yang memungkinkan senjata Anda untuk menimbulkan sedikit efek Statis pada target yang sedang Anda buru. Memaksimalkannya dengan upgrade armor yang memungkinkan efek statis berlangsung lebih lama dan efektif? You just got yourself the deadliest weapon in the game, apalagi jika Anda berfokus untuk memaksimalkan damage Plasma Cutter Anda hingga batas sejajar dengan sebuah Contact Beam.

Kini Dengan Side Mission

Dead Space 3 PART 2 55
Tidak lagi berjalan linear, Isaac akan menemui beberapa side mission di bar “Optional Mission” yang sayang untuk dilewatkan. Misi sampingan ini biasanya menawarkan reward krusial, dari sekedar komponen crafting hingga part senjata yang langka.
Dead Space 3 901
Bingung harus bagaimana menyelesaikan side mission ini? Anda hanya tinggal memilihnya dari opsi dan tracker Anda akan secara otomatis mengarahkan Anda pada objektif yang perlu dilakukan.

Perjalanan Isaac untuk mencari dan membongkar misteri yang menyelimuti kehadiran The Markers kini jauh lebih kompleks dari sebelumnya. Usaha untuk memecahkan kebuntuan dari pemanfaatan teknologi alien yang satu ini tidak lagi berfokus pada sebuah jalan cerita linear yang seperti dua seri sebelumnya, tetapi juga memuat beragam side mission yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Pada beberapa titik dalam permainan, sebuah UI akan muncul dan mengindikasikan kehadiran side mission yang dapat Anda pilih. Dengan memilihnya dari menu yang ada, tracker Anda secara otomatis akan mengarahkan Anda pada misi tersebut dan hal apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Mengapa setiap side mission ini begitu berharga? Selain menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap terhadap semesta Dead Space, ia juga akan memberikan reward berharga di ujungnya, dari sekedar komponen hingga blue print ynag terlalu sayang untuk dilewatkan.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…

PlayStation

December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…