GameFight: Uncharted VS Tomb Raider

Reading time:
March 21, 2013
uncharted vs tomb raider

Sebagian besar game yang mengusung genre action sebagai kekuatan utamanya memang harus diakui, menawarkan sensasi dan esensi gameplay yang serupa satu sama lain. Perbedaan identitas sangat ditentukan oleh kemampuan sang developer untuk menawarkan sebuah pengalaman bermain yang unik, baik dari segi plot, gameplay, maupun sekedar gaya sinematik dan setting yang mereka bangun. Salah satu yang paling berhasil melakukannya dengan sangat baik adalah Naughty Dogs lewat franchise game action andalannya – Uncharted yang dirilis eksklusif untuk Playstation 3. Menabrak pakem yang yang diikuti oleh sebagian besar game action di kala itu, Uncharted tampil sebagai sebuah franchise penuh inovasi. Sebuah gaya penceritaan ala Hollywood, kamera sinematik dan dramatisasi yang mengalir di dalam gameplay, Uncharted tumbuh menjadi sebuah standar bagaimana sebuah game action adventure mampu diciptakan. Sebuah langkah yang berusaha diikuti oleh beberapa developer yang lain, termasuk Crystal Dynamics.

Usaha untuk mereboot sebuah franchise yang sudah lama malang melintang di industri game memang bukan pekerjaan mudah, namun Crystal Dynamics berhasil melakukan tugas tersebut dengan sangat baik. Alih-alih teperangkap dalam identitas Tomb Raider selama ini, mereka memilih sebuah jalur ekstrim, tidak hanya sekedar mengubah tampilan sang karakter heroine ikoniknya – Lara Croft, tetapi juga merombak mekanisme gameplay yang ada. Digabung dengan sistem open world, sisi aksi Tomb Raider reboot ini memang harus diakui sangat terinspirasi dengan gaya aksi yang ditawarkan oleh Uncharted. Gerak karakter yang fluid dan dramatisasi yang terus berlanjut dalam satu kesatuan gameplay membuatnya menampilkan kesan yang sama. Walaupun demikian, sebagai sebuah game yang bergerak dengan cara yang sama, Crystal Dynamics tentu saja berkesempatan untuk menyempurnakan beberapa aspek yang ada.

Kesamaan inilah yang akhirnya menyeret kedua nama besar ini ke dalam arena pertarungan yang diselenggarakan oleh JagatPlay – GameFight. Membandingkan beragam elemen yang ada, game manakah yang berhasil tampil lebih baik? The fight starts!

Catatan: Walaupun sebagian besar screenshot dan gambar di bawah ini menggunakan screenshot dari Uncharted – Golden Abyss yang notabene merupakan game eksklusif untuk PS Vita, elemen yang dinilai dari franchise Uncharted juga meliputi tiga seri yang sempat dirilis di Playstation 3.

Plot

Uncharted Golden Abyss 79Tomb Raider 1961

Harta karun, eksplorasi, dan petualangan yang muncul darinya memang menjadi inti permainan dari kedua game yang sedang berkompetisi untuk menjadi yang terbaik ini. Walaupun keduanya mengusung latar belakang cerita yang berbeda satu sama lain, namun Uncharted dan Tomb Raider mengusung satu esensi cerita sama sebagai sebuah benang merah untuk meramu munculnya sebuah petualangan epik penuh misteri. Sayangnya, terlepas dari tiga buah seri yang sudah dirilis untuknya, inti cerita Uncharted hampir serupa satu sama lain. Ini selalu tentang konflik personal Drake, ekstra informasi tentang sebuah harta karun yang menarik, perjalanan untuk mencari lebih banyak artifak, dan kemudian harus berjuang menghadapi lusinan tentara bersenjata yang “selalu” punya ketertarikan yang sama dengan apapun yang tengah diburu oleh Drake. Sementara Tomb Raider? Lepas dari identitasnya selama ini, Crystal Dynamics membawa petualangan pertama Lara Croft yang masih bau kencur. Usahanya untuk bertahan hidup kemudian membawa Lara untuk mengatasi misteri agar dapat keluar dari Yamatai. Penuh darah dan pengorbanan, Crystal Dynamics terhitung berhasil meramu sebuah game action yang tidak hanya membuat adrenalin Anda terpacu, tetapi juga keterikatan emosi yang terbangun pelan dengan sosok Croft muda ini. Untuk urusan yang satu ini, Tomb Raider reboot tampil lebih baik.

Uncharted (0) VS Tomb Raider (1)

 

Visualisasi

Uncharted Golden Abyss 45Tomb Raider 611

Dirilis secara multiplatform dan didukung dengan teknologi TressFX yang memungkinkan kualitas rendering rambut yang luar biasa, Tomb Raider memang secara logis,  seharusnya unggul di atas Uncharted. Namun perlu diingat, optimisasi konsol dan eksklusivitas proses pengembangan membuat Naughty Dogs bukanlah  sebuah lawan yang bisa dipandang sebelah mata. Sebagai salah satu game yang mendapatkan predikat sebagai game konsol dengan visualisasi terbaik, Uncharted memperlihatkan tajinya dengan sangat baik. Lagipula visualisasi bukan hanya soal kualitas grafis, tetapi juga kemampuan untuk menawarkan pengalaman yang lebih epik lewat tata cahaya dan sistem kamera sinematik, yang notabene menjadi andalan keduanya. Secara keseluruhan, Uncharted harus diakui lebih baik. Playstation 3 mungkin teknologi lawas, namun detail yang ditawarkan Naughty Dogs untuk setiap serinya memang terhitung mencenangkan. Permainan cahaya hingga permainan kamera yang tak ubahnya sebuah film Hollywood membuat Uncharted pantas untuk menguasai segmen pertempuran yang satu ini.

Uncharted (1) VS Tomb Raider (1)

 

Gameplay / Action

Uncharted Golden Abyss 76Tomb Raider 3033

Animasi gerak yang fluid dan dramatisasi yang mengalir dan terintegrasi dalam gameplay adalah elemen yang membuat banyak gamer penggemar game action jatuh cinta dan menyanjung eksistensi Uncharted dan inovasi yang ia tawarkan untuk industri game. Walaupun tampil kurang lebih serupa, Crystal Dynamics menyempurnakannya dengan menyisipkan skema open-world untuk memastikan Lara mampu mengeksplorasi Yamatai dengan kebebasan ekstra. Namun terlepas dari nilai jual barunya ini, Naughty Dogs masih mampu membuktikan mengapa Uncharted adalah salah satu game action third perosn dengan kualitas jempolan. Tomb Raider reboot masih terkadang memperlihatkan animasi yang kaku, apalagi ketika berlari dan melompat dalam kecepatan tinggi. Sementara Uncharted? Semua aspek permainan benar-benar berjalan mengalir dan terintegrasi dengan sangat baik. Drake memang tidak diperkuat dengan senjata panah atau beragam perangkat eksplorasi yang ada, namun sisi aksinya terus bergerak mengalun, layaknya sebuah simfoni musik yang indah. Naughty Dogs nailed this one!

Uncharted (2) VS Tomb Raider (1)

 

Character Design

PS Vita Uncharted Golden Abyss11Tomb Raider 12

Untuk elemen yang satu ini, Crystal Dynamics tentu secara otomatis pantas untuk mendapatkan poin. Mengapa? Tiga buah seri Uncharted yang ditelurkan Naughty Dogs tidak memberikan perubahan atau perbaikan desain karakter yang terhitung signifikan, baik di sisi Drake ataupun sebagian besar musuh yang harus ia hadapi. Sementara di sisi yang lain, Crystal Dynamic mengumpulkan keberanian untuk mendefinisikan kembali sosok seorang karakter ikonik dengan basis fans yang luar biasa di industri game. Tidak hanya mengubah bentuk, mereka menyuntikkan kepribadian dan karakter baru ke dalamnya untuk memperkuat sebuah kesan reboot, serta untuk merepresentasikan perubahan yang sudah ditempuh oleh Lara Croft hingga ia berubah menjadi sang heroine yang selama ini kita kenal.

Uncharted (2) VS Tomb Raider (2)

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…