Rilis SimCity Dipenuhi Segudang Masalah!

Reading time:
March 11, 2013

Hampir semua gamer yang menikmati game building simulation tentu sangat menantikan bulan Maret 2013 ini. Bagaimana tidak? Setelah menghilang dari industri game dan vakum untuk waktu yang cukup lama, Maxis dan EA akhirnya berencana untuk merilis sebuah seri terbaru SimCity ke pasaran. Ekspektasi tentu saja begitu kuat, apalagi Maxis juga mengklaim akan menghadirkan segudang fitur baru yang akan membuat SimCity 2013 ini hadir dengan sensasi yang berbeda. Untuk memungkinkan hal ini, Maxis akhirnya beralih pada fungsi DRM untuk memastikan setiap kota terhubung satu sama lain dan saling mempengaruhi. Terdengar keren? Sayangnya, implementasinya hancur berantakan. Rilis ini menjadi bukti nyata mengapa DRM justru lebih seringkali berakhir bencana.

Apakah Anda masih ingat dengan kejadian buruk yang sempat menimpa Blizzard dan game  andalannya – Diablo 3 di awal perilisannya? Hal yang sama ternyata juga terjadi di SimCity terbaru ini, dimana DRM kembali membuktikan diri sebagai “sumber masalah” yang sangat katastropik. Sebagian besar gamer yang berusaha memainkan game ini lewat Origin terpaksa menelan pil pahit. Antisipasi mereka harus dibayar dengan kegagalan untuk terkoneksi pada server yang ada. Sebagai salah satu syarat utama, hal ini tentu saja membuat sebagian besar gamer tidak bisa memainkan SimCity, dengan ketidaktersediaan mode offline. Maxis secara berbesar hati meminta maaf, mengaku berasalah, dan berjanji akan menyelesaikan masalah ini. Untuk sementara ini, mereka berhasil meningkatkan waktu respon server dan memuat lebih banyak gamer dalam waktu bersamaan. Apakah hal ini sudah menyelesaikan setiap masalah yang ada? Sayangnya, masih jauh dari selesai. Bagian terburuknya? EA juga dikabarkan tidak akan menerima permintaan refund untuk game yang sudah dibeli oleh gamer.

Seperti bencana yang bisa Anda ciptakan di dalam SimCIty, EA dan Maxis juga tampaknya juga dilanda masalah yang sama gawatnya. Fitur DRM yang ia usung justru menjadi bumerang. Banyak gamer yang tidak bisa memainkan game ini karena kapasitas server yang tidak mencukupi, seperti rilis Diablo 3 dari Blizzard pertengahan tahun lalu.

Walaupun menjanjikan sensasi yang lebih beragam, apalagi dengan ribuan gamer yang terhubung ke dalam dunia yang sama, kehadiran fitur DRM memang masih menjadi kontroversi sendiri. Selain mengucilkan para gamer yang tidak memiliki koneksi internet yang stabil, kejadian perilisan seperti ini justru membuat DRM terlihat sebagai kebijakan yang seringkali berakhir mimpi buruk. Sebagai sebuah perusahaan besar dengan segudang pengalaman, EA dan Maxis seharusnya sudah mengantisipasi kejadian seperti ini dan memfasilitasi semua kebutuhan yang ada. Jadi, untuk Anda yang tertarik untuk membeli SimCity terbaru ini, ada baiknya Anda menunggu terlebih dahulu hingga EA dan Maxis menyelesaikan masalah ini.

 

Ini tampaknya menjadi reaksi sebagian besar gamer yang sudah mengantisipasi dan membeli SimCity di hari pertama dan berharap membangun kota mereka dengan cepat.
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…