Menjajal Arma 3 – Alpha Version: Simulasi Perang Dengan Visualisasi Mengagumkan!

Reading time:
March 18, 2013
arma 3 logo

Setelah penantian yang cukup lama dengan berbagai masalah yang sempat menghadang, proyek ambisius teranyar dari Bohemia Interactive – Arma 3 akhirnya menunjukkan batang hidungnya. Didistribusikan eksklusif via Steam dan untuk platform PC, versi alpha Arma 3 ini sudah mulai dapat dinikmati. Walaupun masih berada dalam proses pengembangan dan masih jauh dari sempurna, rilis seperti ini menjadi formula yang tepat untuk mengumpulkan feedback dari para gamer dan memastikan rilis final komersial yang dapat dinikmati secara maksimal. Walaupun demikian, versi alpha ini sendiri sudah dapat dijadikan sebagai kiblat untuk melihat apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bohemia di masa depan.

Simulasi yang Tetap Kompleks

Arma 3 Ultra Setting 39
Bohemia tetap bertahan dengan akar simulasi Arma di seri ketiga ini. Ia tetap kompleks dengan beragam fungsi yang harus dipelajari terlebih dahulu.

Call of Duty dan Battlefield mungkin merupakan dua franchise game military shooter paling populer di industri game. Namun soal merepresentasikan perang di dunia nyata? Belum ada yang mampu mengimbangi nama Arma selama ini. Berbeda dengan sebagian besar game FPS dengan cita rasa arcade yang memungkinkan Anda berperan tak ubahnya seorang Rambo yang trigger-happy, Bohemia tetap mempertahankan akar Arma sebagai sebuah game simulasi perang di seri ketiga ini. Bersama dengan squad atau sekedar melakukan tugas infiltrasi sendiri, Anda tidak bisa hanya sekedar maju ke depan dan menyerang secara membabi buta. Butuh perencanaan dan kerjasama matang untuk mengenali dan menetralisir segala bentuk ancaman yang berdiri di antara Anda dan misi. Karena untuk kesekian kalinya, ini adalah Arma, bukan Call of Duty.

Arma 3 Ultra Setting 6
Tidak bisa hanya sekedar membabi buta menembak, jumlah peluru yang terbatas mengharuskan Anda untuk memastikan setiap peluru yang meluncur berlaku efektif, tidak hanya untuk membunuh, tetapi juga sekedar memberikan cover shot untuk teman yang lain.
Arma 3 Ultra Setting 7
Pelajari dulu mekanisme tombol yang ada sebelum Anda meluncur ke medan perang..

Representasi perang nyata akan Anda rasakan hampir di semua aspek permainan, dari sekedar animasi bergerak, hingga hal-hal krusial seperti cara memegang senjata dan menggunakannya dengan baik dan benar. Tidak bisa sekedar menembak peluru sebebas yang Anda inginkan, jumlah magasin yang terbatas memaksa Anda untuk memastikan setiap timah panas ini akan bersarang tepat, atau sekedar memberikan tembakan pengalih untuk teman Anda yang lain. Recoil yang juga mewakili fungsi di dunia nyata membuat kesan setiap senjata yang berbeda. Musuh yang Anda hadapi tidak banyak berbeda, mereka juga memiliki strategi dan akurasi tembakan yang tidak bisa dianggap remeh. Ceroboh dan berada dalam posisi yang terlalu terbuka? Kematian tampaknya menjadi konsekuensi yang tidak bisa diabaikan, tidak hanya untuk Anda, tetapi anggota squad Anda yang lain. Kerjasama tim, pergerakan sistematis, dan strategi akan memainkan peranan yang sangat penting, tidak hanya sekedar menghujani semua hal yang bergerak dengan peluru.

Arma 3 Ultra Setting 23
Menu inventory yang tidak banyak berbeda. Anda bisa mencari loot dari musuh yang berhasil Anda bunuh. Tidak hanya sekedar mendapatkan peluru atau senjata, tetapi juga semua equipment kecil seperti kompas atau jam tangan yang mungkin akan Anda butuhkan.
Arma 3 Ultra Setting 27
Pastikan semua gerakan, rencana, dan strategi Anda disusun dengan baik sebelum dieksekusi. Kalah jumlah sama saja dengan kematian.

Anda tidak bisa menyebut nama Arma 3 tanpa membandingkan kompleksitas yang ia tawarkan. Seperti seri-seri sebelumnya, ia menawarkan beragam fungsi dengan kombinasi tombol yang akan mungkin akan membuat para pemula merasa kewalahan. Beberapa memang disederhanakan, namun ada sejumlah tombol yang mesti Anda kuasai sebelum dapat memainkan game ini dengan baik. Ada beberapa shorcut yang dibutuhkan untuk mengakses beberapa hal, dari sekedar melakukan zoom atau memanfaatkan scope, mengecek inventory, bahkan melakukan tugas sederhana seperti mengganti senjata dan menggunakan item yang tepat. Anda butuh membiasakan diri terlebih dahulu sebelum terjebak kebingungan dan berperan tak ubahnya seorang prajurit yang tersesat di dalam medan pertempuran. Anda bisa mempelajari semua shortcut ini lewat opsi keyboard yang tersedia. Jangan berharap Anda akan mendapatkan tutorial seperti game-game lainnya, Anda harus memiliki inisiatif untuk mencari tahu apa yang bisa dan seharusnya Anda lakukan.

Infiltrasi Lewat Jalur Laut

Arma 3 Ultra Setting 55
Misi menyelam di laut menjadi salah satu fitur baru yang ditambahkan Bohemia di Arma 3.
Arma 3 Ultra Setting 56
Ada beberapa masalah grafis yang kentara, apalagi ketika Anda berulang kali naik ke permukaan dan menyelam seperti ini. Anda akan melihat pergeseran efek cahaya yang ekstrim. Menyelam 2 meter lebih dalam, Anda langsung akan bersinggungan dengan laut yang terkesan lebih gelap, terlepas dekatnya dengan sumber cahaya di permukaan.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah franchise Arma, Anda tidak hanya tejebak dalam perang darat yang penuh debu dan tanah. Bohemia menyuntikkan sebuah misi baru yang memungkinkan Anda untuk menyelam dan menginfiltrasi basis musuh lewat jalur laut yang lebih minim pengawasan. Kapal pengawas dan ranjau menjadi salah satu ancaman terbesar yang akan Anda temui ketika melewati misi ini. Sayangnya, ada beberapa masalah yang cukup krusial yang harus diperbaiki Bohemia di versi finalnya mendatang. Pertama adalah kualitas dan efek air yang benar-benar datar dan terasa tidak berimbang jika dibandingkan dengan simulasi luar biasa yang mereka perlihatkan di perang darat. Kedua? Permainan tata cahaya yang terkesan terlalu ekstrim, apalagi ketika Anda bergantian menyelam dan berenang ke permukaan dengan cepat. Walaupun demikian, tetap harus diakui, bahwa penyisipian “dunia” yang baru ini akan membuat Arma 3 semakin menarik untuk dilirik.

Pages: 1 2
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…