Doom 4 Akan Meluncur untuk Next-Gen?

Reading time:
April 4, 2013

doom logo

Gamer mana yang tidak mengenal nama besar – Doom? Di masa sebelum Call of Duty menjadi standar untuk semua bentuk FPS yang hadir di industri game, Doom adalah sebuah monumen kesuksesan yang sulit ditandingi. Menegangkan dan menyeramkan,  John Carmack – sang jenius di balik kelahiran franchise yang satu ini telah berhasil melahirkan sebuah franchise abadi yang akan terus melekat di hati para gamer, terutama mereka yang sempat mencicipi sensasinya di masa lalu. Namun sayangnya, setelah seri ketiga yang luar biasa, Doom seolah vakum dan lenyap begitu saja dari industri game. Rumor yang beredar sempat menyebutkan bahwa Id Software sendiri sudah mempersiapkan seri keempat ini sejak jauh-jauh hari. Lantas, bagaimana dengan kabar terakhir yang ada?

Berdasarkan informasi dari sumber yang diklaim terpercaya oleh situs gaming – Kotaku, Id Software kabarnya hampir merampungkan Doom 4 setelah dikembangkan sejak tahun 2011 silam. Namun kesan shooter mainstrem yang terlalu kentara dari versi awal ini membuat sang developer – Id Software membatalkan rilisnya dan memutuskan untuk membangun game ini kembali dari awal. VP Marketing Bethesda – Pete Hines yang berada di induk perusahaan yang sama, Zenimax Media meyakinkan bahwa Doom 4 sekarang masih berada dalam proses pengembangan. Mengakui bahwa versi awal Doom 4 tidak memperlihatkan kualitas yang diinginkan oleh gamer penggemar Doom, Hines menegaskan bahwa langkah ini memang diperlukan untuk memenuhi ekspektasi yang ada. Beberapa sumber bahkan sempat mengolok-olok versi awal Doom 4 ini sebagai “Call of Doom” karena mekanisme-nya yang begitu menjiplak COD.

doom 4
Mengkonfirmasikan eksistensi dan statusnya yang masih dalam proses pengembangan, Id Software membagi lebih banyak detail tentang Doom 4. Versi awal yang dianggap kurang solid dan mencederai identitas Doom, bahkan terkesan menjiplak COD memaksa Id untuk membangun kembali game ini dari awal.

Sayangnya, Hines tidak memberikan penjelasan yang lebih mendetail tentang eksistensi Doom 4 selain mengkonfirmasikan proses pengembangan yang tengah dilakukan. Namun berita buruk bagi Anda yang justru lebih menantikan kehadiran Rage 2, Id Software dikabakran telah membatalkan proyek yang satu ini. Kegagalan seri pertama untuk memenuhi target dan ekspektasi yang ada membuat langkah pembatalan ini sebagai langkah yang paling masuk akal. Namun tragedi ini berakhir pada terbukanya pintu peluang lain. Semua tim yang ditugaskan untuk menyelesaikan Rage 2 dikabarkan berpindah untuk merampungkan Doom 4.

Lantas kapan kita akan dapat menikmati Doom 4? Sayangnya, Hines tidak memberikan detail yang lebih pasti terkait hal yang satu ini. Namun mengingat proses pengembangan yang harus diulang, kita tampaknya tidak akan segera melihat game ini di pasaran dalam waktu dekat walaupun Hines menjanjikan akan segera mengumumkannya kepada publik begitu mereka siap. Doom 4 dikabarkan akan meluncur untuk konsol next-gen di masa depan. 

Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…