EA Kembangkan Frostbite Engine untuk Mobile – Frostbite Go

Reading time:
May 15, 2013

Perkembangan performance yang drastis telah mengubah perangkat mobile saat ini tak ubahnya sebuah komputer mini dalam genggaman. Tidak lagi hanya sekedar digunakan untuk alat komunikasi, sebagian besar smartphone dan tablet saat ini sudah dapat menjalankan beragam tugas multimedia yang berat, dari memutar film definisi tinggi hingga menangani game-game dengan kualitas grafis setara konsol. Tidak heran jika banyak publisher dan developer yang akhirnya melihat pasar ini sebagai sumber uang yang potensial. Beragam upaya dilakukan untuk merebut pasar mobile yang masih terbuka luas ini, termasuk mengembangkan engine khusus untuknya. EA dan DICE termasuk salah satunya.

Gamer mana yang tidak mengenal nama besar Frostbite sebagai engine? Frostbite 2.0 menjadi pondasi Battlefield 3 yang luar biasa, sementara sang seri terbaru – Frostbite Engine 3.0 akan menjadi ujung tombak game-game raksasa next-gen EA, termasuk Dragon Age 3 dan seri Mass Effect selanjutnya. Tidak hanya memperkuat platform konvesional, EA dan DICE juga ternyata berusaha menggarap engine ini untuk versi smartphone dan tablet. Lewat update informasi yang dikucurkan via situs resmi mereka, EA memperkenalkan engine Frostbite untuk perangkat mobile yang dinamakan Frostbite Go. Detailnya sendiri memang masih menjadi misteri. EA hanya menjelaskannya sebagai divisi mobile yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman Frostbite sesungguhnya untuk semua platform mobile besar.

Akankah Frostbite Go tampil sebagai engine “next-gen” untuk platform mobile? Kita tunggu saja.

Sayangnya, EA tidak memperlihatkan tingkat visualisasi seperti apa yang akan mampu dihasilkan oleh engine Frostbite Go ini. Dengan kemampuan smartphone dan tablet yang semakin “menggila”, kebutuhan untuk game dengan tingkat visualisasi yang jauh lebih berat dan serius memang menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindarkan. Apakah Frostbite Go ini akan mampu menjadi standar seperti yang sempat dilakukan oleh “saudara”-nya di PC dan konsol? Kita tunggu saja.

Source: Frostbite 

 

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…