Havok: Lingkungan yang Dapat Dihancurkan Total Harus Jadi Fokus Next-Gen!

Reading time:
May 1, 2013
havok logo

Terlepas dari beragam genre, franchise, dan developer yang berdiri di belakangnya, industri game sebenarnya berfokus pada satu tujuan jangka panjang yang sama – menghadirkan beragam elemen yang mampu merepresentasikan kondisi di dunia nyata. Kita tidak hanya membicarakan kualitas visualisasi, tetapi juga penerapan hukum-hukum fisika di dalamnya. Perjalanan untuk mewujudkan hal ini memang harus diakui, masih jauh. Salah satu buktinya? Sistem kehancuran yang kini diadaptasikan oleh sebagian besar game bergenre action. Aksi Anda mungkin akan menghasilkan efek dalam skala yang kecil, namun cukup untuk mengubah total cara dan gaya bermain? Hampir tidak ada game yang menerapkannya. Hal inilah yang disoroti oleh Havok.

Dalam wawancaranya dengan Games Industry InternationalAndrew Bowell dari Havok menyatakan bahwa platform next-gen harus lebih berfokus untuk menciptakan lingkungan yang dapat dihancurkan secara total. Ia bahkan menegaskan bahwa mekanisme gameplay yang tidak memungkinkan gamer untuk melubangi dinding dengan tangan kosong atau menghancurkan meja sesuai dengan keinginan akan menjadi sesuatu yang  tidak dapat lagi diterima. Havok percaya bahwa fitur seperti inilah yang akan mendefinisikan kemampuan Playstation 4 dan generasi XBOX selanjutnya. Sebagai salah satu penyedia engine phsyics untuk beberapa franchise raksasa, “mimpi” inilah yang tampaknya akan berusaha dikejar oleh developer yang satu ini.

game logic
Havok menyatakan bahwa game yang tidak memungkinkan gamernya untuk menghancurkan elemen lingkungan yang ada akan menjadi tren yang tidak bisa lagi diterima.

Walaupun merepresentasikan kondisi yang lebih nyata dan terdengar menarik, kemampuan untuk menghancurkan semua elemen lingkungan yang diinginkan harus diakui tetaplah sesuatu yang terhitung mustahil. Apa pasal? Karena kebebasan seperti ini dapat meluluhlantakkan sistem progress yang selama ini menjadi basis desain game para developer, apalagi dengan potensi menghasilkan beragam bug dan masalah karenanya. Contohnya? Bayangkan saja jika Anda memainkan sebuah game Resident Evil reboot di masa depan yang menggunakan engine Havok. Daripada susah payah mengeksplorasi sang mansion yang mencekam dan mengancam, Anda punya opsi untuk meledakkan, meruntuhkan, dan mengubur mansion ini bersama dengan semua musuh yang ada sekaligus. Hasil akhir yang mungkin berujung pada bug, lubang cerita, atau bahkan penyelesaian yang tidak menegangkan sama sekali.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang menginginkan agar setiap elemen lingkungan di dalam game benar-benar dapat dihancurkan secara total? Atau Anda sudah cukup puas dengan kondisi physics game saat ini?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…