Pencipta Nyan-Cat Tuntut Hukum Scribblenauts Unlimited!

Reading time:
May 3, 2013

Penggemar game puzzle tentu tidak asing lagi dengan nama Scribblenauts. Ketika game puzzle lain hanya meminta Anda untuk mencari solusi dengan beragam elemen yang sudah disediakan, Scribblenauts justru meminta Anda untuk menciptakannya. Memfasilitasi kreativitas secara maksimal dengan menciptakan benda apapun yang dituliskan oleh gamer di layar, Scribblenauts memang menjelma sebagai game puzzle unik yang luar biasa. Bagian terbaiknya? Sang developer – 5th Cell juga terhitung cakap menangkap tren yang berkembang di dunia luar, termasuk beragam kebudayaan pop yang tengah marak. Sebuah kebijakan yang ternyata tidak selalu berakhir manis. Salah satu ikon internet lainnya, Nyan-cat justru bermasalah dengan game yang satu ini.

Scribblenauts sendiri memang seringkali menyuntikkan beberapa ikon dunia maya, termasuk meme yang memang tengah marak ke dalamnya. Sebuah strategi marketing yang sudah mereka terapkan sejak tahun 2009 silam sebagai sebuah easter egg  dan terbukti berhasil menarik perhatian gamer. Hal ini terus mereka lakukan hingga seri teranyar yang dirilis tahun lalu – Unlimited. Dari semua meme yang ditawarkan di dalamnya, ada dua ikon unik yang sudah dipasti dikenal oleh para pengguna dunia maya – Keyboard Cat dan Nyan Cat. Permasalahannya? 5th Cell sebagai developer dan Warner Bros. Sebagai publisher tidak pernah memiliki izin dan hak dagang atas kedua meme ikonik ini.

Hadirnya Nyan-Cat dan Keyboard Cat sebagai easter egg di franchise Scribblenauts inilah yang memicu tuntutan hukum ini terjadi. Sang penciptanya merasa Warner Bros sebagai pihak publisher telah melanggar hak mereka.

Hal inilah yang mendorong Charles Schmidt – pencipta Keyboard Cat dan Christopher Orlando Torres – sang “penemu” Nyan-Cat untuk melemparkan tuntutan hukum kepada developer dan publisher Scribblenauts Unlimited ini. Merasa tidak pernah mendapatkan hak mereka, baik Torres maupun Schmidt menuduh Warner Bros telah dengan sengaja melanggar hak dagang dan guna dari Nyan Cat dan Keyboard Cat dari beragam seri Scribblenauts yang meluncur ke pasaran selama tiga tahun terakhir ini. Oleh karena itu, mereka menuntut ganti rugi dalam jumlah yang tidak dijelaskan secara detail. Warner Bros sendiri belum memberikan keterangan resmi apapun terkait masalah ini.

Sebagai salah satu ikon dan “budaya” yang menyebar cepat di dunia maya, batas untuk menggunakan meme sebagai bagian dari kampanye komersial tentu saja terhitung abu-abu. Dengan popularitas dan penggunaannya yang hampir tersebar di semua forum dan komunitas dunia maya, tidak hanya sulit untuk mencari siapa penggagas ide originalnya, menentukan mana yang memang sudah berhasil mendapatkan hak dagang dan hak guna juga menjadi pekerjaan yang tidak mudah. Kasus yang akhirnya berujung pada tuntutan hukum yang satu ini.

Out of topic, mengingat kita membicarakan sang Nyan Cat yang memang fenomenal, video Nyan Cat mana yang paling menjadi favorit Anda di tengah variasinya yang memang harus diakui, masif di jagat dunia maya? Feel free to share your most favorite Nyan-Cat version link below.. Our? This one!

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…

PlayStation

April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…
March 9, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Housemarque (RETURNAL)!

Housemarque dan rilis konsol terbaru Playstation memang jadi kombinasi tidak…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…