Review MMORPG D&D Neverwinter: Salah Satu MMORPG F2P Terbaik!

Reading time:
May 17, 2013
Neverwinter 11

Dari semua hal yang bisa dikhawatirkan dari sebuah game yang mengusung mekanik Free to Play – kualitas selalu menjadi pusat perhatian. Konsep dan pemikian umum bahwa “ada uang – ada kualitas” memang menjadi dasar prejudice yang terhitung masuk akal – mengingat sebagian besar gamer Free to Play memang hanya mengandalkan item mall untuk bertahan hidup. Walaupun demikian, tren yang terlihat justru memperlihatkan kecenderungan yang positif. Dengan semakin banyaknya game F2P yang bertebaran di pasaran dari beragam genre – kompetisi pun menghangat. Mereka yang tidak mampu menawarkan keunikan dan kualitas yang menarik tidak akan mampu bertahan hidup. Sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan dari game Dungeon & Dragons teranyar – Neverwinter.

Anda yang sempat menyimak preview kami sebelumnya tentu saja sudah mendapatkan sedikit gambaran akan pesona seperti apa yang ditawarkan oleh Neverwinter ini. Terkejut dan terpesona, ini mungkin merupakan reaksi yang tepat untuk menggambarkan kesan pertama yang ada. Sebagai sebuah game yang tidak memungut biaya apapun untuk dimainkan, Neverwinter menawarkan mekanik gameplay yang kompleks, visualisasi yang memanjakan mata, dengan varian quest yang beragam. Sebuah kualitas yang membuatnya tidak berbeda jauh dengan sebagian besar MMORPG lainnya yang membutuhkan untuk dapat dimainkan.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Neverwinter ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai salah satu game MMO F2P terbaik saat ini?

MMO Layaknya Sebuah Action RPG Single Player

Neverwinter 1131
Walaupun hadir sebagai sebuah game MMORPG, Neverwinter menawarkan sensasi action RPG offline yang kental lewat solidnya plot yang dikembangkan oleh Cryptic sendiri.

Berbeda dengan sebagian besar game MMO F2P lainnya yang sekedar meminta Anda untuk bergerak dari satu quest ke quest lainnya, sembari mencari level dan equipment terbaik, Neverwinter tampil dengan kesan yang tidak berbeda dengan sebuah game action RPG offline single-player. Sebagian besar Boss dan quest yang Anda temui bergerak dalam satu benang merah yang sama, dimana konflik dan plotnya sendiri tercermin kuat. Setiap karakter NPC yang ada juga memainkan peran uniknya masing-masing. Di permukaan, ia bukanlah sekedar game yang hadir tanpa batasan cerita yang jelas. Anda terlibat dalam sebuah pertempuran besar bersama dengan ribuan gamer lainnya untuk sebuah alasan yang kuat.

Menciptakan Karakter Unik Anda Sendiri!

Neverwinter 104
Build your own character!

Kesempatan untuk menciptakan karakter Anda sendiri dan mengembangkannya, memang menjadi salah satu nilai jual yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah game MMORPG. Namun seperti game-game MMORPG kompleks lainnya – Neverwinter membawa kebebasan ini ke tingkat yang jauh lebih tinggi. Berbeda dengan game MMO F2P lainnya yang sekedar membedakan job karakter untuk sekedar membedakan daya serang ataupun skill yang digunakan, job di Neverwinter akan sangat menentukan peran yang Anda kenakan dalam pertempuran di lapangan. Tidak hanya sekedar ras dan job, Anda juga akan memilih agama untuk memberikan perk permanen selama menjalani pertempuran, yang juga memberikan fungsi panen material spesifik.

Kami sendiri menjajal game ini dengan dua jenis karakter yang berbeda – seorang Assassin yang mampu mengirimkan damage yang fatal dalam waktu singkat dan seorang Battle Cleric – yang didesain tidak hanya berfungsi sebagai support, tetapi juga mampu menghadirkan damage magic yang besar. Dengan semakin meningginya tingkat kesulitan dan jumlah potion yang tidak lagi terjangkau, maka Battle Cleric menjadi pilihan yang lebih rasional untuk melanjutkan Neverwinter ini serta menjadi dasar untuk melakuan review ini. Lewat karakter ini pulalah, kami mempelajari kompleksitas dan kebebasan yang ditawarkan oleh Cryptic untuk membangun karakter apapun yang Anda inginkan.

Neverwinter 51
Terdiri dari yang aktif dan pasif,pilihan skill hanyalah permukaan dari perbedaan yang membedakan setiap karakter yang ada.
Neverwinter 77
Berbagai pilihan yang ditujukan untuk karakter Anda akan memberikan kesempatan untuk membangunnya sebebas mungkin. Mekanisme seperti Paragon menghadirkan arah pilihan yang lebih spesifik.
Neverwinter part 2 14
Lewat mekanik seperti inilah, kami mampu membangun seorang Battle Cleric – yang tidak hanya bisa menyembuhkan, tetapi juga melemparkan damage critical secara konstan.

Untuk setiap kenaikan level yang berhasil Anda capai, ada begitu banyak points yang bisa dihabiskan untuk membentuk karakter yang Anda inginkan. Pohon skill yang ditawarkan memang tidak luas dan sekompleks Path of Exile, namun Anda bisa membangun fokus yang Anda inginkan untuk karakter yang ada – dengan beberapa alternatif skill aktif dan pasif yang ditawarkan. Di level tertentu, Anda juga berkesempatan untuk mendistribusikan poin untuk bagian atribut yang Anda inginkan, serta poin untuk pohon Paragon. Tidak cukup untuk sekedar membedakan diri lewat ras, agama, job, hingga skill yang Anda, Paragon ini akan membuat Anda lebih berfokus menentukan arah yang ingin diciptakan oleh karakter Anda. Sebagai contoh? Cleric yang kami gunakan. Memperkuat diri di bagian skill dengan mempelajari dan meningkatkan semua skill yang berhubungan dengan Heal, di Paragon kami berfokus untuk meningkatkan tingkat Critical dari serangan. Dan voila, sebuah pondasi untuk membangun Battle Cleric sudah dimulai.

Perbedaan peran yang terlihat signifikan ini juga sangat berkontribusi pada gaya permainan, ketika Anda memutuskan untuk bergerak dalam sebuah tim. Anda tidak akan dapat memenangkan pertempuran dengan hanya mengandalkan tim yang bisa menghasilkan serangan dan damage membabi buta, apalagi ketika Anda masuk ke dalam PvP. Memiliki setidaknya satu anggota supporter di dalam tim selalu menjadi tambahan terbaik, setidaknya memastikan tim utama Anda dapat terus beraksi tanpa harus takut mati. Komunitas Neverwinter sendiri juga cukup bersahabat, dimana Anda akan secara acak terus mendapatkan undangan untuk bergabung dalam tim – apalagi jika Anda merupakan supporter seperti Battle Cleric yang kami gunakan.

Neverwinter part 2 24
Anda bisa mengakses serangan spesial untuk setiap karakter jika berhasil mengumpulkan Action Points yang cukup untuk memenuhi bar yang ada.
Neverwinter part 2 34
Dengan langkanya peran Support, menjadi Battle Cleric memberikan keuntungan tertentu.

Di sisi gameplay, Neverwinter tetap mengusung mekanik tipikal sebuah game MMORPG biasanya yang memang lebih menitikberatkan pada gaya sebuah game action RPG. Anda bisa sekedar melakukan klik untuk langsung beraksi, dengan serangan utama dan secondary menggunakan klik kiri dan kanan mouse. Bedanya? Game ini tidak terpaku pada penggunaan mana. Frekuensi skill yang Anda gunakan akan dibatasi pada jumlah kuota tertentu – yang tentu saja akan beregenerasi dalam periode waktu tertentu. Salah satu yang juga berbeda adalah hadirnya mekanisme Action Points yang dapat digunakan untuk memicu serangan spesial karakter yang Anda gunakan ketika penuh. Beberapa skill ini hadir untuk menghasilkan damage yang lebih besar daripada skill biasanya, namun tidak sedikit pula yang memberikan buff dan heal ekstra bagi anggota tim yang ada.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…