Playstation 4 “Sempurnakan” Mantan Fitur Utama Xbox One

Reading time:
July 12, 2013
Popularitas Playstation 4 kian kuat. Hal ini tercermin dari jumlah pre-order yang bahkan mampu memaksa GameStop untuk menutup sementara jalur ini.

Masih ingatkah Anda dengan beberapa fitur kunci yang sempat didengungkan oleh Microsoft di awal pengenalan Xbox One? Menjadi justifikasi utama untuk memaksakan DRM di kala itu, Xbox One menawarkan fungsi menarik sebagai kompensasi – kemampuan untuk mengakses game yang Anda miliki dimanapun Anda berada. Dengan game yang terikat pada akun seperti mekanisme yang kini diterapkan Valve di Steam, Anda tetap bisa memainkan koleksi game yang Anda miliki di Xbox One manapun, milik siapapun. Sayangnya, penghapusan DRM akhirnya memaksa Microsoft untuk membatalkan fungsi menarik  yang satu ini, setidaknya hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kesempatan yang akhirnya dimanfaatkan dengan baik oleh Sony dan Playstation 4-nya.

Neil Brown – Tim R&D Sony mengkonfirmasikan hadirnya mekanisme serupa di Playstation 4 – dimana gamer kini dimungkinkan untuk memainkan koleksi game lewat sistem perpustakaan digital di Playstation 4 manapun. Dengan mengikat game digital mereka ke akun Playstation Network, hal ini dimungkinkan. Bagian menariknya? Ini juga menjadi ajang unjuk gigi Sony untuk memperlihatkan kekuatan fitur “With Play As You Download”-nya, dimana gamer dapat mulai memainkan game yang mereka inginkan tanpa perlu mengunduhnya secara penuh. Menyelesaikan unduhan setidaknya satu chapter dalam permainan, Anda sudah dapat memainkan game yang Anda inginkan sembari membiarkan proses unduhan berjalan di latar belakang. Hasilnya? Anda tidak perlu menunggu lama hingga game Anda selesai diunduh sebelum dapat memainkannya. Wow!

Menyempurnakan fitur yang sempat menjadi nilai jual Xbox One, Sony kini membuka peluang bagi gamer Playstation 4 untuk mengakses koleksi game mereka secara digital, di konsol Playstation siapapun. Terikat dengan akun, fungsi ini juga akan diperkuat dengan fitur baru
Menyempurnakan fitur yang sempat menjadi nilai jual Xbox One, Sony kini membuka peluang bagi gamer Playstation 4 untuk mengakses koleksi game mereka secara digital, di konsol Playstation siapapun. Terikat dengan akun, fungsi ini juga akan diperkuat dengan fitur baru “Play As You Download” yang memungkinkan gamer untuk memainkan game PS 4 bahkan sebelum game tersebut selesai diunduh.

Sony juga mengkonfirmasikan bahwa fitur ini juga disuntikkan di blu-ray Playstation 4 di masa depan. Tidak lagi harus menunggu blu-ray Anda di-install hingga selesai, Anda bisa mulai memainkan game tersebut setelah proses install mencapai level tertentu. Sembari bermain, proses install akan berjalan lebih cepat di latar belakang.

Pertanyaannya kini, apa yang membuat fitur ini berbeda dengan apa yang sempat “dipaksakan” Microsoft di kebijakan Xbox One yang lalu? Pertama, Sony masih membuka peluang bagi gamer untuk menihilkan fitur ini dan sekedar membawa game fisik mereka untuk dimainkan di Playstation 4 milik orang lain. Akses koleksi game digital dimanapun ini hanyalah fitur ekstra yang dapat digunakan. Kedua, fitur Play As You Download menjadi nilai jual ekstra yang akan memudahkan semua proses ini. Anda tidak perlu lagi menunggu terlalu lama, apalagi gamer yang memiliki koneksi internet terbatas.

Nice move, Sony, gotta admit it..

 

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…