10 Tips Lebaran Asyik Ala Gamer!

Reading time:
August 5, 2013
apologize-feat-image

Setelah melewati bulan perjuangan yang tidak mudah selama Ramadhan, hari kemenangan yang selama ini dinanti akhirnya berada di depan mata. Hanya tinggal menghitung hari, pengampunan dan kesempatan untuk “lahir kembali” sebagai manusia yang bersih di Idul Fitiri akan mengemuka, memberikan harapan dan mimpi baru untuk menjalani hidup yang jauh lebih optimal dibandingkan tahun sebelumnya. Namun Idul Fitri bukan soal hanya hati dan iman, tetapi juga akumulasi berbagai aktivitas sosial unik yang hanya terjadi satu kali setahun di Indonesia. Mudik, kumpul keluarga, pembagian amplop, hingga sekedar makan besar menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari event besar yang satu ini. Selalu ada kebutuhan untuk memastikan perayaan ini tampil dalam pesonanya yang optimal.

Jagat Play sendiri sudah mengeluarkan beberapa tips dan list game yang dapat dinikmati selama bulan puasa, sekedar untuk membantu Anda menciptakan efek time-wrap. Kali ini sebuah tips diluncurkan untuk memastikan hari kemenangan Anda kian luar biasa, apalagi selama menjalani hari-hari sebelum dan sesudah Idul Fitri. Menempuh perjalanan jauh memang memberikan limitasi tersendiri bagi kegiatan gaming Anda, apalagi jika Anda menempuhnya lewat perjalanan darat. Tidak hanya itu saja, masa setelah Idul Fitri juga meninggalkan potensi untuk membantu Anda menyempurnakan pengalaman gaming yang ada, tentu saja lewat pembagian amplop atau mungkin lewat budget THR Anda yang masih tersisa. Jagat Play akan membagi tips ini ke dalam dua skenario besar yang satu ini.

Jadi apa saja yang harus Anda lakukan dan pastikan untuk memastikan Idul Fitri Anda maksimal sebagai seorang gamer?

MUDIK – WAR AGAINST BOREDOM

Proses  tahunan yang melelahkan, tetapi di sisi yang lain, menyenangkan dan menghadirkan tantangan tersendiri. Libur panjang dari aktivitas sehari-hari membuka kesempatan untuk berkumpul lagi bersama dengan keluarga di hari yang fitri. Perjalanan jauh ditempuh, sebuah petulangan “tersendiri” yang membutuhkan konsentrasi dan dedikasi tinggi untuk memastikan diri selamat di perjalanan pun dilakukan. Namun bagi Anda seorang gamer yang memang membutuhkan sekedar sarana hiburan, atau setidaknya memastikan adik atau anak Anda terhibur selama proses ini dan tidak mengganggu Anda, beberapa tips ini diluncurkan.

5. Handheld power!

PS Vita dual analog (1)

Jangan pernah meremehkan kemampuan sebuah handheld gaming yang memang didesain untuk aktivitas gaming mobile. Walaupun tidak mengeluarkan kemampuan visual sekelas konsol, handheld dipenuhi dengan segudang game keren dengan keunikan sifat dan misinya masing-masing. Beberapa game berat membutuhkan waktu hingga puluhan jam untuk diselesaikan, namun tidak sedikit pula yang sekedar menuntut Anda untuk menyelesaikan beragam misi ringan yang bergerak cepat dari satu tempat ke tempat lainnya. Apapun game yang Anda hadirkan, handheld akan berperan sebagai alat time-wrap yang mumpuni. Tidak harus handheld baru, handheld lawas seperti Nintendo DS dan PSP masih memiliki segudang daya tarik yang sayang untuk dilewatkan.

4. Maximizing Your Smartphone

xperia play

Belum punya dana untuk membeli sebuah handheld gaming? Dengan popularitas smartphone dari beragam OS yang kini mulai bergeser menjadi kebutuhan krusial, jawaban dari rasa bosan dan monoton yang bisa tercipta dari perjalanan terletak di pundak gadget yang satu ini. Kembali ke cita rasa awal, tidak perlu menyuntikkan game-game berat tiga dimensi dengan mekanisme kompleks ke dalamnya. Semakin sederhana sebuah game mobile biasanya justru mampu menghasilkan efek adiktif dan membantu Anda menciptakan efek time-wrap selama mudik. The best part? Anak kecil biasanya begitu tertarik dengan perangkat ini hingga cukup untuk menyita waktu mereka dalam waktu yang lama. Semnetara untuk Anda yang mudik tanpa anak kecil, smartphone lebih mudah dimaksimalkan ketika Anda tengah terjebak dalam kemacetan panjang, misalnya.

3. All Hail Powerbank!

battery icon

Perangkat mobile sekelas handheld ataupun smartphone memang terhitung efektif untuk menemani perjalanan panjang. Namun masalah klasik selalu menghantui – baterai. Benar sekali, apalah guna perangkat keren nan ciamik seperti ini jika ia tidak memiliki tenaga untuk dihidupkan, tak ubahnya membawa sebuah jam rongsokan yang tidak mampu menunjukkan waktu. Dengan varian dan harga yang semakin terjangkau, pilihan rasional tentu saja dengan membeli sebuah powerbank yang bisa diandalkan. Memastikan diri mengisi penuh powerbank sebelum perjalanan atau selama perjalanan akan sangat membantu Anda melewati perjalanan yang panjang.

2. Game Ringan untuk Time-Wrap

Plants Vs Zombies 2 (14)

Jangan memaksakan diri untuk membawa game-game berat di handheld dan smartphone Anda selama mudik. Dengan fokus untuk menghadirkan sedikit keceriaan dan kesenangan dalam kendaraan, akan jauh lebih efisien jika Anda menyuntikkan game-game ringan penuh warna, tetapi juga tetap menghadirkan mekanik gameplay yang fun dan adiktif. Pastikan juga a tidak memuat permainan warna atau setting dengan kontras yang tinggi, apalagi jika Anda memberikannya kepada saudara atau anak Anda. Dengan kondisi mobil yang terus bergoyang, bukannya tidak mungkin game-game seperti ini justru berpotensi menghasilkan mabuk darat dan pusing selama perjalanan.  Namun jika Anda memang memaksimalkannya untuk Anda sendiri, pilih game tipikal dua dimensi yang hanya membutuhkan command sederhana untuk dapat dieksekusi.

1. Istirahat adalah Prioritas!

sleepy gamer

Ingat, istirahat adalah prioritas! Terlepas dari betapa bosannya Anda ketika dalam perjalanan, ketika tubuh mulai meminta Anda untuk menghemat sedikit energi agar dapat meraih konsentrasi lebih optimal, selalu pilih istirahat! Jangan gegabah dengan justru membuat mata Anda kian lelah dengan menghidupkan kembali smartphone atau handheld dan menghabiskan waktu untuk menyelesaikan satu atau dua level permainan. Untuk memastikan diri lebih dapat berkosentrasi dan menempuh perjalanan dengan kondisi tubuh yang lebih segar, istirahat harus di atas semua hasrat dan keinginan Anda untuk bermain game. Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengisi kembali baterai powerbank, smartphone, atau handheld Anda di outlet-outlet khusus atau tempat peristirahatan yang biasanya menyediakan layanan ini.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 26, 2022 - 0

Review Uncharted – Legacy of Thieves Collection: Ekstra Tenaga Berburu Harta!

Sebuah seri yang membantu Playstation 3 menemukan posisi yang lebih…
January 26, 2022 - 0

Review WD_BLACK SN850: Upgrade Playstation 5 Jadi 2TB!

Ketika pertama kali dirilis, PlayStation 5 sudah menawarkan storage internal…
January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…