Microsoft Batalkan Rilis Perdana Xbox One di 8 Negara

Reading time:
August 16, 2013
xbox one logo

Terlepas dari beragam perubahan kebijakan yang berusaha mereka suntikkan untuk mengembalikan kembali posisi Xbox One di kancah persaingan next-gen, Microsoft justru terkesan menggali lubang lebih dalam. Setelah menarik kebijakan DRM yang sempat mereka dengungkan sebagai “kunci masa depan” dan kembali ke format awal yang serupa dengan Playstation 4, Microsoft juga menarik ucapan mereka yang sempat menjadikan Kinect sebagai syarat yang tidak bisa diganggu gugat. Setelah mengumumkan bahwa Xbox One dapat dijalankan tanpa Kinect, Microsoft hadir dengan ekstra berita buruk lainnya. Mereka memutuskan untuk menarik rilis perdana Xbox One dari 8 negara awal yang direncanakan.

Anda yang gencar mengikuti berita Xbox One tentu mengetahui rencana  Microsoft untuk menjadikan 21 negara di seluruh dunia sebagai konsumen pertama yang beruntung mencicipi konsol next-gen ini. Ke-21 negara ini akan dapat menikmati Xbox One sejak awal November 2013 ini. Namun siapa yang menyangka, rencana ini ternyata juga dirombak ulang kembali oleh Microsoft. Mereka memutuskan untuk menarik 8 negara rilis perdana ini dan “melempar” mereka ke waktu rilis  2014. Kedelapan negara ini adalah: Belgia, Denmark, Finlandia, Norwegia, Russia, Swedia, dan Swiss. Sementara 13 negara yang tetap mendapatkan Xbox One 1 November 2013 mendatang: Australia, Austria, Brazil, Canada, France, Germany, Ireland, Italia, Mexico, Spain, Inggris, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Menyimpang dari rencana rilis perdana di 21 negara, Microsoft memutuskan untuk menarik 8 negara dari rencana awal ini. Strategi yang terlalu ambisius dan proses lokalisasi yang kompleks menjadi alasan. Bagi gamer yang sudah melakukan pre-order di kedelapan negara tersebut, Microsoft akan memberikan kompensasi game original di rilis 2014 mendatang.
Menyimpang dari rencana rilis perdana di 21 negara, Microsoft memutuskan untuk menarik 8 negara dari rencana awal ini. Strategi yang terlalu ambisius dan proses lokalisasi yang kompleks menjadi alasan. Bagi gamer yang sudah melakukan pre-order di kedelapan negara tersebut, Microsoft akan memberikan kompensasi game original di rilis 2014 mendatang.

Lantas apa yang membuat kedelapan negara ini dicabut statusnya sebagai negara rilis perdana? Microsoft menyebut rencana penetrasi pasar di 21 negara sebagai sebuah tujuan yang terlalu agresif dan ambisius. Menimbang proses lokalisasi dashboard Xbox one dalam ke dalam beragam bahasa, termasuk penambahan suara dan dukungan aplikasi lokal membuat proses ini tidak mudah. Bagi gamer 8 negara ini yang sudah melakukan proses pre-order untuk dapat menikmati konsol ini secepat mungkin, Microsoft minta maaf dan menjanjikan kompensasi berbentuk game original di peluncuran resmi mendatang.

Dengan begitu banyak perubahan yang mereka lakukan, kondisi Xbox One tentu terlihat sangat tidak stabil untuk dilirik. Gamer yang sudah tidak sabar untuk mencicipinya dan melakukan proses pre-order masih harus berhadapan dengan kebijakan yang terus berubah dan tidak pernah tetap. Seriously Microsoft, you gotta stop this behaviour!

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…