Preview Splinter Cell – Blacklist: Kembalinya si Jagoan Tua!

Reading time:
August 23, 2013
Splinter Cell Blacklist (1)

Patriotik dan tidak mengenal kata kompromi, sejarah industri game sudah mencatat berapa banyak pengorbanan yang sudah dilakukan Sam Fisher untuk memastikan Amerika Serikat berada dalam kondisi yang paling aman. Menyelamatkan presiden, mencegah aksi terorisme, hingga mencegah perang dunia, tidak ada yang tidak dilakukan oleh anggota pasukan khusus yang satu ini. Tapi seperti halnya pepatah yang mengatakan “tua tua keladi”, Sam Fisher justru terlihat kian garang dan solid seiring dengan bertambahnya usia. Rambut putih tidak lantas menjadi indikator bahwa pahlawan yang satu ini akan berhenti begitu saja, bahkan justru kian kompleks dan brutal. Setelah menantikan cukup lama, aksi teranyar Sam Fisher akhirnya kembali di Splinter Cell: Blacklist.

Kesan Pertama

Sudah diperkenalkan sejak tahun lalu lewat serangkaian demo dan trailer, banyak gamer yang pesimis bahwa Splinter Cell akan mampu mempertahankan identitasnya sebagai game stealth action mumpuni. Apalagi demo yang sempat memperlihatkan bagaimana Sam lebih banyak menggunakan senjata api daripada aksinya melebur dalam kegelapan. Berangkat dari rasa pesimis tersebut, kami menjajal Splinter Cell: Blacklist. Hasilnya? Rasa skeptis itu secara otomatis terbantahkan. Menjajal beberapa awal jam permainan, Ubisoft terhitung berhasil mengakomodasi keinginan para core fans Splinter Cell, sekaligus memfasilitasi antusiasme para calon konsumen baru. Apa pasal?

Jika harus dibandingkan, Splinter Cell: Blacklist memang menawarkan atmosfer dan mekanik gameplay yang lebih kuat ke arah Conviction, dengan sedikit perubahan fitur di sisi stealth. Tidak ada lagi indikator stealth untuk membantu Anda sehingga ada tantangan tersendiri untuk tetap tersembunyi, namun kini dengan kemampuan untuk menyerang dan membunuh musuh dari cover. Seperti yang kami sebut sebelumnya, bagi mereka yang mencintai sensasi klasik Splinter Cell, ada beragam side mission yang akan membawa sensasi nostalgia tersebut, setidaknya untuk tingkat kesulitan yang ditawarkan. Sebagai pemimpin Fourth Echelon, Sam Fisher kini dibanjiri dengan fitur pendukung ekstra. Ada kesempatan untuk memodifikasi perlengkapan dan bahkan Paladin – sang markas utama untuk memberikan tambahan stat dan buff permanen tertentu.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review dan menjalajahi petualangan Sam Fisher ini lebih dalam, izinkan kami untuk menyuntikkan segudang screenshot terkini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran. Screenshot ini juga memuat beberapa gambar mode multiplayer – Spies Vs Mercs yang akhirnya kembali lagi di franchise yang satu ini. Well, welcome back old tiger!

Splinter Cell Blacklist (6) Splinter Cell Blacklist (16) Splinter Cell Blacklist (19) Splinter Cell Blacklist (62) Splinter Cell Blacklist (71) Splinter Cell Blacklist (92) Splinter Cell Blacklist (105) Splinter Cell Blacklist (117) Splinter Cell Blacklist (129) Splinter Cell Blacklist (148) Splinter Cell Blacklist (156)
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…