Review Tales of Xillia: Seri Tales yang Kian Luar Biasa!

Reading time:
August 14, 2013
Tales of Xillia (79)

Sebagian besar gamer awam mungkin akan langsung mengasosiasikan genre JRPG dengan satu nama – Final Fantasy. Popularitas franchise besutan Square Enix ini memang begitu fenomenal di masa lalu, bahkan cukup untuk membuatnya tumbuh sebagai identitas dari sebuah genre yang sayangnya, justru kian langka dengan pertumbuhan industri game itu sendiri. Padahal jika ingin sedikit diselami, ada begitu banyak franchise kompetitor lainnya yang juga menawarkan kualitas yang tidak kalah memukau, bahkan tampil lebih baik di sisi gameplay dan cerita. Salah satu yang terus membuktikan ketangguhan tersebut? Tidak lain dan tidak bukan adalah sang andalan Namco Bandai – Tales series.

Setelah vakum cukup lama, keputusan Namco Bandai untuk melakukan proses translasi untuk sang seri teranyar yang dirilis di Jepang dua tahun yang lalu – Tales of Xillia tentu saja menjadi keputusan yang sangat dinanti oleh para penggemar JRPG di seluruh dunia. Eksklusif untuk Playstation 3, kesan pertama yang ia hadirkan langsung membuat kami pribadi jatuh cinta. Sebagai gamer yang tumbuh besar bersama dengan Tales of Destiny sejak Playstation pertama dulu dan mengembangkan fandom yang unik dengan kompleksitas cerita dan emosi di Tales of Abyss, Tales of Xillia tak ubahnya sebuah surat cinta yang akhirnya tiba setelah penantian yang begitu lama.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh seri yang satu  ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai seri Tales yang kian luar biasa?

Plot

Berbeda dengan seri-seri Tales sebelumnya, plot Xillia berputar di sosok dua tokoh protagonis utama - Jude Mathis dan Milla Maxwell.
Berbeda dengan seri-seri Tales sebelumnya, plot Xillia berputar di sosok dua tokoh protagonis utama – Jude Mathis dan Milla Maxwell.

Berbeda dengan seri Tales sebelumnya yang seringkali berputar pada satu karakter protagonis, Tales of Xillia memuat cerita dua karakter sebagai motor penggerak – Jude Mathis, seorang pelajar medis yang berfokus pada penyembuhan via spirit dan serorang pejuang wanita – Milla Maxwell, yang mengklaim dirinya sebagai representasi fisik dari Maxwell – Lord of Spirits yang menguasai semua spirit di dunia utama Tales of Xillia – Rieze Maxia. Benang takdir kusut yang menyelimuti keduanya lah yang membentuk jalur utama dari cerita seri teranyar yang satu ini.

Perjuangan Jude untuk mencari tahu nasib sang professor yang lenyap di dalam fasilitas militer rahasia milik Rashugal – satu dari dua negara besar di Rieze Maxia ternyata menjadi awal putaran nasib yang jauh  lebih besar. Ia bertemu dengan Milla Maxwell yang tengah mengemban sebuah misi suci – menghancurkan senjata Spyrix berukuran masif – Lance of Kresnik yang misterius. Pertemuan ini menjadi awal dari begitu banyak tragedi yang jauh lebih buruk. Jude menemukan bahwa tubuh sang professor yang kini mulai kaku ternyata digunakan sebagai salah satu bahan bakar Lance of Kresnik yang mulai aktif. Sayangnya empat spirits yang digunakan Milla untuk menghancurkan senjata ini – Undine, Slyph, Gnome, dan Efreet juga tidak mampu berbuat banyak. Lance of Kresnik justru menyerap semua kekuatan Milla.

Terjerat dalam benang takdir, misi Milla untuk menghancurkan sebuah senjata pemusnah massal - Lance of Kresnik ternyata juga melibatkan Jude Mathis di dalamnya.
Terjerat dalam benang takdir, misi Milla untuk menghancurkan sebuah senjata pemusnah massal – Lance of Kresnik ternyata juga melibatkan Jude Mathis di dalamnya.
Untuk melindungi manusia dan para spirit, sekaligus juga mencegah perang besar antara Rashugal dan Auj Rol, perjalanan penuh liku kedua karakter ini pun dimulai.
Untuk melindungi manusia dan para spirit, sekaligus juga mencegah perang besar antara Rashugal dan Auj Role, perjalanan penuh liku kedua karakter ini pun dimulai.

Terjebak dalam nasib yang sama dan menjadi incaran dari kekuatan militer Rashugal, Milla dan Jude akhirnya terperangkap sebagai satu companion, mencari cara untuk mengembalikan kembali kekuatan Milla, sekaligus mencari informasi lebih banyak tentang Lance of Kresnik. Sebagai Spyrix berukuran masif, Lance of Kresnik tidak hanya akan memangsa mana manusia tetapi juga spirits di  Rieze Maxia setiap kali dilontarkan. Akhir dari hidup manusia dan spiritis, inilah yang berusaha dicegah dan menjadi misi suci dari Milla Maxwell sendiri. Dalam perjalanannya, mereka ditemani oleh Alvin yang mengaku dirinya sebagai seorang prajurit bayaran yang kebetulan tengah mencari pekerjaan.

Namun bukan hanya Milla dan Jude yang tertarik dengan Lance of Kresnik. Negara tandingan Rashugal yang juga sama besarnya – Auj Role juga memperlihatkan ketertarikan yang sama. Di bawah pimpinan sang raja yang disegani – Gaius dan empat pengawal andalannya – Chimeriad, Lance of Kresnik dilihat sebagai ancaman besar untuk mengobarkan kembali perang besar antara dua negara. Konflik kepentingan dan ancaman inilah yang memicu lebih banyak tragedi. Bersama dengan companion yang  baru, Milla pun berjuang untuk menghancurkan senjata yang satu ini. Namun, sebuah kejutan hadir. Lance of Kresnik ternyata bukanlah senjata yang selama ini mereka kira. Konspirasi lebih kompleks menyelubungi sebuah plot yang lebih dalam, termasuk hadirnya organisasi rahasia lain – Exodus dan dunia lain yang disebut sebagai Elympios.

Ditemani dengan para companion yang unik, misteri di balik Lance of Kresnik justru membawa Milla dan Jude dalam sebuah misteri yang jauh lebih besar.
Ditemani dengan para companion yang unik, misteri di balik Lance of Kresnik justru membawa Milla dan Jude dalam sebuah misteri yang jauh lebih besar.
Apa yang sebenarnya tengah terjadi? Apa tujuan dibangunnya Lance of Kresnik ini? Siapa pula Exodus dan Elympios yang masuk dalam konflk dan misi suci Milla ini? Semua jawaban dari pertanyaan ini dapat Anda temukan dengan memainkan Tales of Xillia ini.
Apa yang sebenarnya tengah terjadi? Apa tujuan dibangunnya Lance of Kresnik ini? Siapa pula Exodus dan Elympios yang masuk dalam konflk dan misi suci Milla ini? Semua jawaban dari pertanyaan ini dapat Anda temukan dengan memainkan Tales of Xillia ini.

 

Lantas apa yang sebenarnya fungsi utama Lance of Kresnik? Apa itu Exodus? Apa itu Elympios? Mampukah Milla Maxwell dan Jude Mathis memenangkan perang suci ini? Semua jawaban ini akan dapat Anda temukan dengan memainkan seri Tales of Xillia ini!

Sejak awal permainan, Anda akan diminta untuk memilih Jude atau Milla sebagai karakter utama. Walaupun dihubungkan dengan satu benang merah cerita yang sama, keduanya menawarkan sudut pandang yang berbeda.
Sejak awal permainan, Anda akan diminta untuk memilih Jude atau Milla sebagai karakter utama. Walaupun dihubungkan dengan satu benang merah cerita yang sama, keduanya menawarkan sudut pandang yang berbeda.

Berbeda dengan seri sebelumnya, Anda akan diminta untuk memilih satu dari dua karakter sejak awal permainan – antara Jude dan Millla. Walaupun akan berakhir pada satu garis merah cerita yang sama, perspektif dari kedua karakter ini memang berbeda di beberapa titik, apalagi ketika Anda memasuki fase cerita dimana kedua karakter ini berpisah di beberapa chapter yang ada. Jude bertarung dengan tangan kosong dan mengandalkan kecepatan, sementara gaya bertarung Milla dengan pedang meninggalkan kesan yang cukup familiar dengan karakter-karakter Tales di seri sebelumnya.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…