10 Game Platformer Terbaik yang Harus Gamer Jajal!

Reading time:
September 23, 2013
10-game-platformer-featured

Kemajuan teknologi memang membuat platformer tidak lagi menjadi genre populer yang dilirik oleh para publisher dan developer. Kehadiran engine yang jauh lebih mumpuni dan teknologi perangkat keras yang kian kuat seolah menjadi indikator yang menarik para pelaku di industri game untuk mengejar satu misi utama: realisme. Game diciptakan untuk merepresentasikan cara dunia bekerja, kian menjauh dari akar dua dimensi yang sempat menjadi fenomean di masa lalu. Hasilnya? Kita akan menemukan game-game yang lebih berfokus pada dunia yang dibangun dengan model tiga dimensi, yang kemudian diikuti dengan mekanik gameplay yang tidak jauh dari first person atau third person shooter. Walaupun demikian, genre platformer menolak untuk mati begitu saja.

Kian ditinggalkan bukan berarti akan lenyap begitu saja. Proses pengembangan yang lebih mudah dan biaya yang tentu saja minim membuat genre platformer menjadi pilihan rasional bagi banyak developer indie yang baru hendak memperkenalkan diri mereka ke pasaran. Tidak hanya itu saja, beberapa developer sekelas SEGA dan Nintendo juga masih mempertahankan akar ini walaupun kini diperkuat dengan visualisasi 2.5 D yang mumpuni. Disuguhi dengan kualitas yang ditawarkan oleh Rayman Legends dan Puppeteer dalam dua minggu terakhir ini, ada keinginan dari JagatPlay untuk kembali mempopulerkan kembali genre. Apalagi bagi Anda, “generasi” gamer yang selalu disuguhi dengan cita rasa tiga dimensi sejak pertama kali mencicipi industri hiburan yang satu ini.

Dari semua game platformer yang ditawarkan oleh industri game, inilah 10 game platformer terbaik yang menurut kami, harus Anda jajal. Apa saja?

10. Little Big Planet

little big planet

Mengkreasikan dunia dengan segudang item dan kebebasan yang terhitung mutlak, franchise andalan Sony di Playstation 3 dan Playstation Vita – Little Big Planet memang harus diakui merupakan salah satu game platformer terbaik. Dipadukan dengan setting dunia yang unik, visualisasi apik, dan mekanik yang mengalir dan realistis, Little Big Planet memang tumbuh menjadi sebuah game ikonik yang tidak akan bisa dipisahkan dari identitas Sony sendiri.

9. Limbo

limbo

Artistik, ini mungkin kata pertama yang meluncur dari mulut Anda ketika pertama kali melihat Limbo. Sebuah dunia hitam putih yang dramatis, Anda akan memerankan tokoh seorang anak kecil yang berusaha mencari kakaknya yang hilang. Bukan perjalanan yang mudah tentu saja, mengingat Anda akan berhadapan dengan segudang teka-teki yang akan memeras otak hingga kering. Tipikal sebuah game paltformer dua dimensi, Anda hanya dapat bergerak dari kiri ke kanan, dengan ekstra kemampuan melompat atau sekedar menarik dan mendorong objek tertentu. Kualitas hadir dari tantangan dan kemampuan presentasi yang luar biasa untuk menggambarkan Limbo – sebuah dunia kelam dan menyeramkan yang tergantung di sisi neraka.

8. The Lion King

lion king

Berapa banyak dari kita yang mampu menemukan sebuah game adaptasi film yang benar-benar berkualitas? Di masa lalu, kualitas yang ditawarkan game pendamping seperti ini masih akan mampu memenuhi ekspektasi yang ada. Salah satu yang terbaik? Anda yang sempat mencicipi popularitas SNES dan Sega Genesis di masa lalu tentu tidak akan asing lagi dengan pesona The Lion King. Kontrol sederhana dan tingkat kesulitan yang menantang hanyalah sedikit dari apa yang membuat The Lion King menarik. Fakta bahwa Anda dapat mengendalikan Simba sejak ia kecil hingga dewasa, diperkuat dengan animasi gambar yang juga luar biasa menjadikannya sebagai salah satu game platformer terbaik, bahkan hingga saat ini. Sekedar nostalgia atau sekedar penasaran dengan gaya platformer masa lampau? Lion King, it is!

7. Sonic The Hedgehog

sonic the hedgehog

Gamer mana yang tidak pernah mengenal sosok landak biru yang satu ini. Sonic dari SEGA bukan lagi sekedar sebuah franchise platfomer populer yang sempat berkibar kuat di masa lalu, tetapi menjadi bagian yang tidak lagi terpisahkan dari industri game secara keseluruhan. Lahir dalam beragam seri spin-off dan dunia yang mulai masuk dalam format tiga dimensi, setiap seri Sonic, uniknya, masih membawa cita rasa klasiknya yang dicintai. Mengambil koin sembari menundukkan setiap ancaman yang ada, beragam rahasia yang tersimpan di sudut level, hingga pertempuran melawan Robotnik yang menyebalkan, sensasi seri klasik Sonic memang harus diakui, jauh lebih baik. Sebuah seri yang pantas untuk dijajal.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 23, 2021 - 0

Review Death Stranding – Director’s Cut: Paket Baru Definisi Tinggi!

Antara Anda benar-benar menyukainya atau benar-benar membenci apa yang ia…
September 22, 2021 - 0

Review Kena – Bridge of Spirits: Kena Sihir Fantasi Elok!

Menarik adalah kata yang tepat untuk menjelaskan pilihan game-game yang…
September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…